Ads 468x60px

Sabtu 19 Maret 2016

HARI RAYA St. YUSUF, SUAMI SP MARIA
2Sam. 7:4-5a,12-14a,16; Mzm. 89:2-3,4-5,27,29; Rm. 4:13,16-18,22; Mat. 1:16,18-21,24a atau Luk. 2:41-51a.
Bacaan Injil: Mat. 1:16,18-21,24a
16 Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus. 18 Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri. 19 Karena Yusuf suaminya, seorang yang tulus hati dan tidak mau mencemarkan nama isterinya di muka umum, ia bermaksud menceraikannya dengan diam-diam. 20 Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: "Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus. 21 Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka." 24 Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. Ia mengambil Maria sebagai isterinya,


Renungan HIK:
Hari ini, kira merayakan St. Yusuf, suami Bunda Maria dan bapak serta kepala keluarga kudus Nazaret yang memiliki 3 vitamin iman, antara lain:

1.Vit "D"-Doa yang berbuah kekudusan: 
Di satu pihak, Yusuf tidak mengerti kenapa Maria dapat hamil tapi di lain pihak ia yakin bahwa Maria tidaklah berdosa. Ia tidak mudah berpikir negatif apalagi emosi kpd Maria. Sebaliknya, ia tetap tekun berdoa sehingga peka mendengarkan sapaan dari Yang Kudus.
Adapun 4 alasan dasar kenapa kita harus berdoa, antara lain: untuk menyembah Allah, berterima kasih kepada Allah, meminta ampun dari Allah dan meminta pertolongan Allah.

2."Vit C-Cinta yang berbuah ketulusan: 
Yusuf hanyalah seorang tukang kayu di Nazaret. Ia tulus dan tidak mau mencemarkan nama Maria krn cintanya yg sangat besar kepada Tuhan dan Maria. Ia tidak menghakimi tapi menjadi suami, "SUAra yang mengayoMI", yang tulus hati dan sabar sepenuh hati.

3."Vit A"-Aksi yang berbuah ketaatan: 
Karena mendengar sapaan ilahi, Yusuf tidak jadi menceraikan Maria dan ia langsung beraksi dengan penuh iman. Berkali-kali malaikat mendatanginya dalam mimpi dan ia melaksanakannya dengan taat, apa yang menjadi pesan Tuhan. Dengan kata lain: saat tidur, ia bertemu dengan Yang Ilahi, dan saat bangun ia melaksanakan kehendak Yang Ilahi.
Adapun, selain 3 vitamin iman ini, Santo Yusuf diyakini meninggal dengan bahagia disamping Bunda Maria dan Yesus. Bukankah kisah ini membuat Yusuf menjadi perlambang dari kematian yang membahagiakan, yaitu di samping Yesus dan Bunda Maria?

"Makan sup dari Sukabumi - St Yusup doakanlah kami."


NB:

A.“Benedicimus Te- Kami meluhurkan Dikau!”
Inilah salah satu hal yang saya ingat ketika pada Gerhana Matahari 2016 yang lalu, saya memberikan “SKI” di Gereja Katedral Pontianak yang berlindung pada St Yusuf yang kita pestakan dan luhurkan pada hari ini.

Mengacu pada bacaan injil, terlebih injil Lukas, Lukas memaparkan dengan cukup gamblang tentang misteri inkarnasi (penjelmaan) di dalam diri Yesus.
Lukas menggambarkan ke-insanian Yesus bahwa sebagai anak-anak, Ia bertumbuh secara fisik dan intelektual.

Namun di sisi lain, Lukas juga memaparkan Keilahian-Nya yang Yesus sendiri sadari dan dari apa yang Ia lakukan. Hal itu nyata dari ucapan-Nya, bahwa "Aku harus berada di dalam rumah Bapa-Ku".

Ya, inkarnasi terjadi sudah sejak Yesus masih bayi hingga dewasa. Ia adalah Allah dan manusia sejak bayi hingga mati-Nya. Indahnya, St Yusuf yang kita rayakan hari ini hadir bersama Maria sebagai orangtua yang selalu “hidup bersamaNya”. Mereka setia mencari dan menghampiri Yesus dengan sabar dan tidak gusar. Mereka berusaha dan berjuang untuk menemukanNya.

Paus Pius IX sendiri menetapkan dan meluhurkan St Yusuf sebagai pelindung Gereja Universal. St Yusuf juga dihormati sebagai pelindung para pekerja, pelindung keluarga, orang sakit, serta mereka yang telah meninggal dunia.
Bagaimana dengan kita sendiri? 
Sudahkah kita juga meluhurkan namaNya dengan setia mencari dan menghampiriNya?
Sudahkah kita juga membawa keluarga kita kepadaNya sehingga keluarga kita benar benar menjadi “ecclesia domestica-gereja domestik” yang hidup, yang makin dikasihi Allah dan manusia?

"Makan sup di Sukabumi - St Yusuf doakanlah kami."


B. 15 DOA KEPADA SANTO YUSUF (Buku DOA, RJK)

1. PENYERAHAN KEPADA SANTO YUSUF
Pengantin tersuci Bunda Allah. Pemelihara setia Yesus Kristus, lihatlah, aku datang kepadamu untuk menyatakan cinta dan syukurku kepadamu.
Aku mempersatukannya dengan cinta murni Yesus dan Maria kepadamu, bersama dengan segala cinta yang mereka buktikan kepadamu.

Yusuf yang baik hati, jadilah senantiasa pelindung dan pengantara bagiku kepada Allah, demi pahala-pahala Yesus dan Maria dan pahalamu sendiri, perolehlah bagiku pengampunan dosa dan segala siksanya. Perolehlah pula bagiku kemurnian hati seperti yang telah kudapat sesudah aku dipermandikan. Mintalah bagiku kebajikan-kebajikan yang perlu: iman yang hidup, pengharapan yang teguh serta kasih yang mesra.
Bantulah aku dalam segala bahaya jiwa dan badan, terutama pada saat kematianku. 
Datanglah bersama Yesus dan Maria untuk menolongku. Biarkanlah aku meninggalkan kehidupan ini di dalam tangan mereka dan di bawah perlindunganmu.

Santo Yusuf, pelindung Gereja kudus yang penuh kuasa, kepadamu aku serahkan segenap Gereja, teristimewa Bapa Suci, para uskup, imam dan biarawan-biarawati, para pemimpin negara serta penasehat-penasehatnya, orang sakit dan mereka yang berada di dalam bahaya maut, orang-orang yang menderita sengsara, orang-orang miskin yang berduka dan sendirian, orang-orang yang berdosa dan malang serta kaum kafir dan mereka semua yang tersesat agamanya.

Pandanglah juga dengan penuh belas kasihan jiwa-jiwa di tempat pensucian, terutama mereka yang berasal dari kaum keluarga kami. Perolehlah bagi mereka penghapusan yang segera dari siksa dosanya, agar bersama engkau dan sekalian orang kudus serta para malaikat, mereka boleh memuji dan memuliakan Allah Yang Mahakudus di dalam surga, sepanjang segala abad. Amin.


2. DOA KEPADA SANTO YUSUF
Santo Yusuf, engkaulah yang memelihara Yesus, ketika Dia masih kanak-kanak. Allah sendirilah yang telah mempercayakan harta yang paling indah kepada kerajinan, kesetiaan dan pengabdiaanmu.

Yesus mentaati engkau di masa mudaNya, dari engkaulah dia mendapat makanan sehari-hari, bersama engkau Dia pergi sehari-hari, selaku anak kecil tanganNya melekat erat pada tanganmu sendiri, supaya aman dan selamat di jalan, dan kalau malam tiba, tidak jaranglah Ia meletakkan kepalaNya di dadamu lalu tertidur lelap dan tenang, sementara engkau membelaiNya penuh kasih sayang.

Santo Yusuf, seluruh hidupmu tidak lain yang kaukerjakan kecuali bekerja dan memelihara Yesus dan Maria; hanya itu saja yang harus kaukerjakan menurut penyelenggaraan ilahi. Engkau tidak pergi mengajar, seperti Yohanes Pemandi, engkau juga bukan imam di dalam bait Allah, seperti Simeon. Engkau hanya punya tugas bekerja dan memelihara, menjadi letih, ketakutan dan kesulitan, demi Putramu Yesus, dan demi Maria.

Santo Yusuf, gereja telah memilih engkau menjadi pelindung yang istimewa. Dalam semangat ini pula aku memberanikan diri mohon perlindungan dan pemeliharaanmu bagi diriku sendiri dan bagi semua orang.

Engkau orang kudus, tempat kami harus berlindung pada saat kami dirundung duka dan dilanda kesulitan. Maka kami mohon kepadamu, dengarkanlah kiranya doa-doa ratusan ribu bapa keluarga bersedih, yang berseru kepadamu mohon jalan keluar kesulitan-kesulitan mereka.
Aku juga berdoa bagi semua bapa keluarga, yang lupa mencari perlindungan padamu dalam kesulitan-kesulitan mereka. Teristimewa aku berdoa kepada ayahku sendiri, yang bersusah payah setiap hari mencari nafkah untuk kami sekeluarga. Engkau memahami kecemasan dan mengetahui apa yang paling diperlukannya untuk menunaikan tugasnya selaku bapa keluarga kami. Bapa Yusuf, dampingilah ayah kami dan bantulah kami dan bantulah dia selalu!
Aku juga berdoa dengan segenap hati untuk Gereja. Lindungilah dia terhadap segala serangan musuh, bantulah segala usahanya untuk mempertobatkan jutaan jiwa manusia: teguhkanlah semua anggota Gereja, kobarkanlah terus semangatnya untuk menyebarluaskan iman yang kudus.
Akhirnya aku berdoa bagi diriku sendiri. Sudilah menolong aku dalam segala kesulitan-kesulitanku, dalam urusanku yang kecil-kecil, demi keselamatan dan kebahagiaanku sendiri dan juga orang-orang lain, teristimewa kaum kerabat dan sahabat kenalanku. Amin.


3. DOA KEPADA SANTO YUSUF
Tuhan Yesus Kristus,
Dengan perantaraan Santo Yusuf, kami mohon rahmatMu agar kami menjalankan tugas dengan giat, mengunakan waktu dengan setia, serta memakai barang-barang dunia sedemikian rupa, sehingga kami tidak kehilangan anugerah surgawi. Santo Yusuf, pelindung para pekerja, doakanlah kami. Amin.


4. SANTO YUSUF INGATLAH KAMI!
Santo Yusuf, ingatlah kami, dan dengan bantuan doamu mohonkanlah bagi kami rahmat dari Yesus, Putra angkatmu. Ajaklah juga Maria Perawan tersuci, mempelaimu, yang menjadi Bunda Yesus, supaya memperhatikan kami selalu dan mendoakan kami pada takhta Allah, Bapa dan Putera dan Roh Kudus.

Santo Yusuf, pelindung dan bapa segala perawan, kepada perlindunganmu yang setia telah dipercayakan tokoh yang mahasuci, yaitu Yesus Kristus sendiri dan Maria, perawan segala perawan. Demi kedua petaruh yang terkasih ini yaitu Yesus dan Maria, aku mohon dengan segenap hati, sudilah melindungi aku dari segala kecemaran, supaya dengan semangat yang tulus, dengan hati yang suci serta raga yang murni, dapatlah aku mengabdi Yesus dan Maria dengan penuh kesucian hari ini dan seumur hidupku.

Ya Yusuf, bapa piara Yesus yang tetap perawan, suami tersuci Perawan Maria, doakanlah kami setiap hari kepada Yesus, Putera Allah.

Semoga kami diperkuat dengan senjata rahmatNya, agar dapat berusaha menunaikan kewajiban kami di dalam dunia ini, dan akhirnya memperoleh mahkota kemuliaan dari Dia sendiri pada saat ajal kami. Amin. (St. Bernardinus dari Siena)


5. MENGHORMATI SANTO YUSUF
Yusuf gambaran abadi, bapa Putera kekal, murid setiawan Roh Kudus, tokoh pilihaan Allah Tritunggal!
Yusuf, kepala keluarga kudus, suami tersuci Bunda Allah, bapa Putera manusia.
Yusuf pendidik Yesus, pelindung setia Tuhan, pembawa rahasia-rahasia ilahi, penjaga keselamatan kami.
Yusuf, kemuliaan Israel, putera Daud, yang bertunangan dengan Maria!
Yusuf, yang bingung karena kebimbangan, yang diajar oleh malaikat, yang mendapat penjelasan dalam mimpi!
Yusuf, yang dalam memenuhi undang-undang, dilimpahi rahmat, menjadi saksi kelahiran Kristus, pengungsi ke Mesir, tukang kayu di Nasaret!
Yusuf, manusia yang saleh, pelayan yang setiawan, yang diam dalam kekaguman, sempurna dalam kesederhanaan!
Yusuf, besar dalam kesabaran, rendah hati lagi bijaksana, kesatria serta teguh hati!
Yusuf, siap sedia menghadapi setiap tanda, taat senantiasa, percaya tanpa berdalih, yang hidup karena keyakinan!
Yusuf, yang dicobai karena cinta, meninggal dalam harapan akan keselamatan, diterima di rumah Bapa, pada waktu Tuhan naik ke surga!
Yusuf, cermin bagi suami istri, pelindung yang ramah bagi anak-anak, guru teladan bagi para imam!
Yusuf, terang dalam kehidupan sehari-hari, penuntun dalam bahaya, pedoman dalam keragu-raguan, penolong kaum miskin!
Yusuf, yang terberkati dan berbahagia, dimuliakan oleh rasa syukur Yesus!
Yusuf, penguasa di dalam rumah Allah, pengurus segala milikNya, pembagi makanan pada waktu yang tepat, pembicara yang kuasa, pelindung gereja kudus, doakanlah kami. Amin.
Bapa Kami (1x).


6. MOHON MENIRU TELADAN SANTO YUSUF
Santo Yusuf, pekerja yang saleh, engkau telah memberikan umat kristen teladan dalam hal bekerja giat dan tekun untuk Maria dan Yesus. Dampingilah kami dalam kerja setiap hari supaya dalam bekerja itu kamipun mendapat suatu cara memuliakan Allah dan mengkuduskan kami serta berguna bagi masyarakat. Perolehlah bagi kami dari Tuhan kesahajaan hati dan cinta akan kerja, kerelaan hati terhadap semua oang yang bekerja dengan kami.

Semoga kami senantiasa menerima segala kesulitan sambil menyelesaikan kehendak kami dengan kehendak Allah sendiri. Berikanlah kami kesadaran akan tanggung jawab kami dan akan panggilan kami terhadap masyarakat.

Semoga kami hidup dalam semangat ketaatan terhadap para pembesar kami, semangat persaudaraan terhadap teman-teman sederajat kami, semangat cinta kasih terhadap semua bawahan kami.

Dampingilah kami pada saat-saat mujur apabila kami menikmati hasil kerja kami. Sokonglah kami pada saat-saat kami mengalami kegagalan dan bilamana kami tidak melihat lagi arti pekerjaan kami.

Semoga dengan meniru teladanmu, kami menjalankan hidup murni di dunia ini sebagai permulaan bagi hidup yang menantikan kami di surga untuk selama-lamanya. Amin.
Bapa Kami (1x)


7. DOA SEORANG PEKERJA
Santo Yusuf, engkaulah teladan, segala orang yang di bumi harus bekerja mencari rejeki dengan pekerjaan tangan. Perolehlah rahmat bagiku, agar bekerja dengan semangat tapa sebagai silih kehormatan Allah yang telah kunodai dengan dosaku.

Engkau telah bekerja seumur hidup sebagai tukang yang rajin, tidak menuntut kehormatan dan penghargaan. Dengan berani aku meminta semangtmu dalam bekerja karena akupun bertukas mencari rejeki dengan kekuatan tanganku.

Dengan tenaga tanganmu engkau telah mencari rejeki untuk keluarga kudus, untuk Putera Tunggal Allah dan Bunda Maria. Dengan rela hati engkau menanggung kurban dan sengsara demi tugas kehormatan ini.

Perolehlah bagiku semangat iman agar memandang pekerjaanku sebagai tugas kehormatan pula, demi kemuliaan Allah dan keselamatan sesamaku manusia. Berilah aku semangat harapan, tetap teguh menaruh kepercayaan dalam susah dan sengsara pekerjaanku, berilah aku semangat cinta, bekerja dengan maksud memuliakan Allah dan mengembangkan kerajaanNya, baik di dalam hatiku sendiri maupun di dunia seluruhnya.
Dengan senang hati aku bersedia bekerja keras dalam kehidupan ini karena aku tahu bahwa segala usaha yang kulakukan sekarang dengan maksud yang baik, akan memperoleh ganjaran dalam istirahat abadi di surga. Amin.


8. PELINDUNG KAUM PEKERJA
Santo Yusuf, engakaulah teladan segala pekerja. Semoga contoh hidupmu membantu kami mengindahkan pelaksanaan tugas kewajiban kami lebih daripada mengikuti keinginan-keinginan pribadi.

Santo Yusuf bantulah kami agar dapat melaksanakan tugas kewajiban kami dengan setia! Dengan kepercayaan kepadamu kami mau berusaha sungguh-sungguh agar oleh pekerjaan kami, segala bakat yang dikaruniakan Allah kepada kami dapat membawa kebaikan bagi sesama manusia.
Santo Yusuf, bantulah kami agar dapat menyumbangkan segala kemampuan kami demi kebaikan dan kesejahteraan masyarakat.
Doakanlah kami di hadirat takhta Allah, agar dapat memikul beban pekerjaan kami dengan sabar, dan dengan demikian dapat menyilihkan dosa-dosa kami.
Santo Yusuf, bantulah kami agar pekerjaan kami merupakan bakat bagi kami! Allah yang maha kuasa dan kekal, berilah kami untuk menghargai sungguh-sungguh segala macam pekerjaan, biar yang paling hina sekalipun. Lindungilah kami dari keserakahan supaya jangan sampai karena tidak puas dengan nasib sendiri, kami menjadi sakit hati dan putus asa melihat orang lain berhasil. Kurangilah ketegangan-ketegangan sosial di dalam dunia, kurniakanlah sekalian orang semangat persaudaraan dan kerelaan membantu satu sama lain.
Ajarilah kami berdoa dan bekerja menurut teladan Santo Yusuf, agar dalam urusan duniawi pun kami dapat mengusahakan keselamatan yang kekal. Semoga segala jerih payah kami mendapat berkat, supaya pekerjaan kami menjadi pujian bagiMu, Pencipta dan Penyelenggarakan dunia. Amin!
Bapa Kami (1x).


9. DOA KEPADA SANTO YUSUF, TELADAN PARA PEKERJA
Santo Yusuf, engkau teladan segala orang yang dipanggil untuk bekerja di dunia ini, perolehlah bagiku rahmat untuk bekerja dalam semangat tapa guna menyilih dosa-dosaku yang banyak. Tolonglah agar aku bekerja dengan teliti, lebih mementingkan tugas-tugasku daripada nafsu-nafsuku yang rendah. Tolonglah agar aku bekerja dengan rasa syukur dan gembira, agar aku dapat memuliakan Allah, karena dengan itu aku memanfaatkan bakat yang dianugerahkankanNya kepadaku.

Tolonglah aku untuk bekerja dengan tertib, tabah, sabar dan bisa mengendalikan diri, tanpa takut akan keletihan dan pengorbanan. Terutama perolehlah bagiku rahmat agar bekerja dengan maksud yang murni dan penuh penyangkalan diri.

Tolonglah agar aku selalu ingat akan kematian serta tanggung jawabku atas waktu yang memboroskan dengan percuma, tanggung jawab atas bakat yang disia-siakan, atas kebaikan yang diabaikan, atas segala yang fana serta kesenangan atas hasil yang diperoleh tetapi yang merendahkan martabat Allah.

Aku ingin hidup dengan semboyan: semua untuk Yesus, semua dengan perantaraan Maria, semua menurt teladanmu, ya bapa Yusuf yang baik hati. Amin.


10. PENYERAHAN KELUARGA KEPADA SANTO YUSUF
Ya Bapa Yusuf, engkau kepala dan pembela keluarga kudus. Terimalah pula keluarga yang sedang berlutut di hadapamu ini di bawah perlindunganmu. Kami mempercayakan kepadamu segenap diri kami, juga hidup serta kesehatan, segala milik dan ajal kami.

Terimalah kami sebagai anak-anakmu. Ambillah seluruh kepunyaan kami menjadi milikmu. Hindarilah kami dari segala mara bahaya, dari hadangan dan musuh-musuh kami, baik yang kelihatan dan yang tak kelihatan. Tolonglah kami dalam segala kesusahan dan kesulitan. Hiburlah kami dalam kesengsaraan dan kedukaan. Bantulah kami bila ajal tiba.
Kami yakin, cukup dengan sepatah kata saja engkau meminta kepada Penebus yang kau dekap di masa kecilNya atau kepada mempelaimu, Perawan Maria yang suci murni yang sekian lama dengan setia kaulindungi, pasti permintaanmu dikabulkan.

Ya Santo Yusuf, mohonlah bagi kami segala karunia yang kami butuhkan atau yang bermanfaat bagi kehidupan kami di atas bumi ini atau di akherat. Peliharalah kami sebagai anak-anakmu yang tercinta. Kami berjanji akan hidup suci agar pantaslah kami memperoleh perlindunganmu. Amin.


11. MOHON PERLINDUNGAN UNTUK KELUARGA
Santo Yusuf, Engkau telah menunaikan tugasmu dengan gemilang sebagai bapak keluarga kudus di Nazaret. Dengan setia engkau mendampingi Maria. Dengan tekun engkau bekerja mencukupi nafkah Maria dan Yesus.

Tanpa mengeluh Engkau menempuh perjalanan yang jauh dan berat guna menyelamatkan kanak-kanak Yesus dari bahaya pembunuhan. Dengan penuh tanggung jawab engkau membesarkan dan mendidik Yesus. Engkau tetap rendah hati dan sederhana kendati menerima anugerah besar, yakni menjadi kepala keluarga kudus dan pengasuh Yesus, Putera Allah.

Maka kami mohon: Ya Bapa Yusuf, penjaga keluarga Nazaret, doakanlah kami pada Yesus. (ujub permohonan) Bila ditimpa bahaya, lindungilah dan selamatkanlah kami. Bila menghadapi keraguan, kegoncangan, dan ketidakpastian, kuatkanlah hati kami agar tetap berharap, dan teguhkanlah iman kami agar jangan sesat. Bila kami mendapat anugerah dan berhasil dalam karya, jagalah kami jangan sampai menjadi sombong dan kurang waspada.
Bantulah kami membina keluarga kristen yang dijiwai semangat cinta kasih, keakraban, dan keterbukaan antar seluruh anggota. Semoga keluarga kami dapat memancarkan ajaran Kristus, anakMu, dan menjadi contoh bagi para tetangga. Akhirnya kami mohon berkat dan restuMu bagi kami sekeluarga, dan sudilah menghantarkan doa-doa kami ke hadapan Yesus, Tuhan kami, yang bersatu dengan Allah Bapa dan Roh Kudus, hidup dan berkuasa kini dan sepanjang masa. Amin.


12. SANTO YUSUF PELINDUNG GEREJA
Tuhan telah mengangkatnya menjadi bapa Sang Raja dan menjadi penguasa seluruh rumah tangganya. Tuhan telah mempermulaikan dia untuk menyelamatkan rakyat. Datanglah kepadanya, maka ia akan membagi-bagikan kamu barang-barang hasil negeri. Allah telah melantiknya menjadi tuan atas rumahnya. Dan menjadi pengurus segala miliknya.

Allah yang maha kuasa dan kekal, engkau menunjukkan tugas hidup setiap orang. Engkau memberikan dia rahmat yang diperlukannya, untuk melaksanakan panggilannya. Atas perintahMu, Santo Yusuf telah memelihara dan melindungi Perawan Maria yang terberkati dan PuteraMu di atas bumi ini. Kini ia telah masuk ke dalam suka cita surgawi. Kini menjadi lengkap dan sempurnalah dalam dirinya segala rahmat yang telah diterimanya.
Santo yusuf, pelayan yang baik dan setiawan, sebab engkau setia atas yang sedikit, maka engkau diangkat menguasai yang banyak.

Di atas bumi ini engkau telah melindungi keluarga kudus dalam segala kesusahan dan bahaya. Sekarang Allah telah mengangkat engkau dan memberikan kekuasaan untuk melindungi keluarga Allah yang besar, yakni Gereja Kudus. Gereja ini berseru kepadamu dalam segala kesulitan yang mengancamnya dari semua jurusan.

Kami berdoa kepadamu dengan mendesak, lindungilah Bapa Suci kami dan para uskup, yang bersama dia memimpin Gereja. Kuduskanlah imam-imam. Bantulah seluruh gereja pejuang. Semoga kami semua senantiasa menikmati kekuasaan dan kebaikanmu selaku bapa.
Santo Yusuf, pelindung gereja kudus.
Doakanlah kami.
Marilah kita berdoa :
Ya Tuhan, dalam penyelenggaraanMu yang tak terperikan, Engkau telah memilih Santo Yusuf menjadi mempelai BundaMu yang amat suci; kami mohon, berilah supaya kami boleh mempunyai pengantara di surga, yang kami hormati sebagai pelindung di dunia; Engkau yang hidup dan bertahta selama segala abad. Amin.


13. MOHON PERLINDUNGAN BAGI GEREJA DAN KELUARGA
Santo Yusuf, kami berlindung padamu dalam kesusahan kami. Dan sesudah memohon pertolongan mempelaimu yang tersuci, dengan penuh harapan kami mohon bantuanmu juga.

Kami mohon dengan rendah hati, pandanglah dengan rela warisan yang diperoleh Yesus Kristus dengan darahNya, dan tolonglah kami dalam kesukaran kami dengan bantuanmu yang ajaib. Hal ini kami mohon kepadamu demi kasih sayang yang menghubungkan dikau dengan Bunda Allah, perawan yang tak bernoda, dan demi cinta kepadamu yang mesra terhadap Yesus.

Ya pemelihara setia Keluarga Kudus, lindungilah anak-anak pilihan Yesus Kristus. Ya Bapa pengasih, jauhkanlah kami dari segala kesesatan dan perbuatan jahat. Ya pelindung yang agung, dengan murah hati bantulah kami dari dalam surga, dalam perjuangan melawan kuasa kegelapan.

Maka sebagaimana dahulu engkau telah meluputkan Kanak-Kanak Yesus dari bahaya maut yang teramat besar, demikian pula sekarang ini pertahankanlah Gereja Allah yang kudus terhadap serangan musuh dan segala macam rintangan. Sudilah senantiasa melindungi kami masing-masing supaya menurut teladanmu dan ditunjang bantuanmu, kami dapat hidup suci, mati bahagia dan memperoleh sukacita kekal di dalam surga. Amin (Bapa Suci Leo XIII).


14. MOHON PERLINDUNGAN DALAM SAKRATMAUT
Ya Allah, Bapa yang mahatahu. Sungguh ajaiblah penyelenggaraanMu di dalam hidup Santo Yusuf. Engkau tidak memperkenankan dia turut mengalami dan menyaksikan sendiri karya dan mukjizat-mukjizat Yesus. Tetapi Engkau memberikan dia rahmat serta penghiburan meninggal dengan tenang dalam tangan Yesus.

Berikanlah kami juga rahmat boleh mengakhiri hidup dalam Yesus.
Yesus, Putera Allah, di dalam Sakramen Mahakudus Engkau menyediakan bagi kami bekal, untuk menguatkan kami dalam perjalanan kembali kepada Bapa.
Berilah kami agar lebih berani menghadapi kematian, dan kurniakanlah kami Roti Hidup pada saat yang tepat. Maka bersama Simeon yang saleh itu kami akan berdoa : ya Tuhan, biarkanlah hambamu kini berpulang dalam damai, sebab mataku telah melihat keselamatan.

Santo Yusuf, oleh karena engkau boleh meninggal dengan bahagia di tangan Yesus, maka kami menghormati engkau selaku pelindung sekalian orang yang akan meninggal. Berkat pengantaramu, semoga Tuhan menjauhkan kami dari kematian yang mendadak dan sekoyong-konyong.

Doakanlah sekalian orang yang akan meninggal dunia hari ini, semoga mereka boleh berpisah dari dunia ini dalam ketentraman rahmat Allah. Mohonkanlah bagi para pendosa rahmat penyesalan, dan bagi kami semua kepercayaan yang teguh akan Juruselamat kami, Yesus Kristus. Amin.
Bapa Kami ……(1X)


15. MOHON PERLINDUNGAN PADA SAAT KEMATIAN
Santo Yusuf, yang sangat bahagia, bapa pemelihara Yesus dan Maria, datanglah menolong aku, bersama Yesus dan Maria di saat aku mati.

Mintalah rahmat supaya dosa-dosaku diampuni, serta rahmat untuk bersabar hati dalam penderitaan, rahmat pula untuk penyerahan kepada kehendak Tuhan, mati penuh dengan cinta kasih kepada Tuhan, agar kelak diperkenankan masuk kehidupan dan kebahagiaan kekal. Karena Kristus Tuhan kami. Amin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar