Ads 468x60px

Kamis, 05 Januari 2017


Masa Natal
1 Yoh 3:11-21; Yoh 1:43-51

"Virtus et sapientia – Keutamaan dan kebijaksanaan." 

Itulah sikap dasar yang tampak padainjil hari ini.

Adapun 3 tokoh yang dimunculkan, antara lain:

1. Filipus (Yun: pecinta kuda).
Menurut tradisi, ia berasal dari Betsaida, penulis injil apokrif yang ditemukan di Nag Hammadi. Ia wartakan injil di Prancis, Rusia, Asia Kecil dan India. Sebagai teman dekat, ia sadar bahwa Natanael adalah orang yang terpelajar dan sulit diyakinkan dengan kata-kata spekulatif dan kurang argumentatif. Maka, ia langsung mempertemukannya dengan Yesus: "Mari dan lihatlah!" (Yoh 1:47).
Dkl: Ia membawa orang lain supaya mengalami perjumpaan pribadi dengan Yesus. Inilah keutamaannya: Ia menjadi "makcomblang", semacam "jembatan" bagi org lain untuk sampai kepada Tuhan.


2. Natanael:
Ia yang juga disebut Bartolomeus, berarti "anugerah Allah" adal satu-satunya rasul dari kalangan bangsawan. Ia berasal dari Kana yang waktu itu mudah sinis danmenganggap rendah orang-orang dari kota-kota lainnya. Tapi ketika melihat karisma Yesus, ia langsung memujiNya dengan tulus dan fair: “Rabi, Engkau Anak Allah”.
Inilah keutamaannya:
Ia bukan org yang penuh intrik dan taktik basa-basi, tapi "asli/otentik"-tidak ada kepalsuan dalam kata dan wartanya.

3.Yesus:
Ketika di cap buruk/disepelekan, Ia tidak marah tapi malahan memuji Natanael. Seperti yang saya tulis dalam buku "HERSTORY" (RJK, Kanisius), sapaan dan pujianNya jelas berpola "SOP" – “Simple Optimis dan Positif".

Ya, hatiNya tahu kerinduan hati terdalam dari Natanael. Dengan simple, optimis dan positif, Ia menyapanya dengan penuh kasih dankebijaksanaan sehingga membuahkan kehangatan, persahabatan dan sukacita yang tulus dalam panggilan kristiani.

"Ada Anna naik Sriwijaya - Jadilah bijaksana biar hidup kita semakin berjaya"

Salam HIKERS.
Tuhan memberkati + Bunda merestui.
Fiat Lux!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar