Ads 468x60px

Rabu, 04 Januari 2017

Masa Natal
1Yoh. 3:7-10; Mzm. 98:1,7-8,9; Yoh. 1:35-42


Ametur Ubique Terrarum Cordis Iesu Sacratissimi - Dikasihilah hati kudus Yesus di seluruh dunia."
 Itulah harapan iman setiap misa Jumat Pertama yang juga saya tulis dalam buku "XXI-Interupsi" (RJK. Kanisius). Bicara soal hati, tersebut lebih dr 1100 kali dalam alkitab. "Hati" sendiri mengacu pada "suasana batin terdalam, dimana seperti Hati Kudus Yesus, kita juga diajak untuk berhati lemah lembut dan murah hati. Inilah spiritualitas yang berpusat pada cinta dan belaskasihan Tuhan.


Adapun 3 jalan imannya bagi hidup kita, antara lain:

1. "MencariNya":
Dua murid Yohanes datang untuk mencari dan"nyantrik" tinggal bersama Yesus. Bukankah kita diajak untuk setia mencariNya? "Manete in ME-Tinggallah dalam Aku" lewat doa dan matiraga, devosi-ekaristi danadorasi.
Bukankah juga hati yang patah dan remuk redam tidak akan dipandang hina kalau kita selalu datang dan mau setia mencariNya?"

2."MengikutiNya":
Dalam injil, para murid disebut "disciple" bukan "student". Artinya? Setiap pengikut Kristus harus "disiplin" dalam hidup harian dan kualitas kerohaniannya:
A. Berakar pada "hidup doa" yang semakin beriman.
B. Bertumbuh pada "hidup komunitas" yang semakin bersaudara.
C. Berbuah pada "hidup karya" yang semakin berbelarasa.
Bukankah Dia juga ingin supaya kita semakin berkomitmen "ajur ajer"(lebur menjad satu): semakin beriman-bersaudara+berbelarasa? "In omnibus Christus-Kristus di dalam segalanya!"

3. "MewartakanNya":
Setelah dekat dengan Yesus, Andreas tak lupa untuk membawa Simon kepada Yesus. Bukankah kita juga diutus untuk mengantar semakin banyak orang mendekat pada Yesus?
Seperti Andreas yang mengantar saudaranya kepada Yesus, kita bisa mulai itu dari keluarga dan orang-orang sekitar kita. Dalam bahasa Paus Emeritus Benedictus XVI di Porta Dei: “Kita perlu menemukan kembali perjalanan iman, supaya keluarga temukan kembali sukacita iman dan kegairahan untuk mengkomunikasikan iman.” Tepatlah juga kata Conforti, "iman kita dikuatkan jika kita juga mewartakannya bukan?

"Cari ikan cumi tanpa jemu - Jadikan hati kami seperti hatiMu".
Tuhan memberkati + Bunda mrestui
Fiat Lux

Tidak ada komentar:

Posting Komentar