Ads 468x60px

BUNDA PENOLONG ABADI


HIK : HIDANGAN ISTIMEWA KRISTIANI.
HARAPAN IMAN KASIH.
Inilah ikon/gambaran “Maria Penolong Abadi”/ “Mother Of Perpetual Help” yang dirayakan setiap tanggal 27 Juni.
Ikon menggambarkan Bunda Maria sedang menggendong dan menenangkan Yesus kecil yang nampak ketakutan, berlari mencari perlindungan kepada ibuNya dengan terburu-buru sampai sebelah alas kakiNya terlepas.
Saat itu Yesus kecil ketakutan dan tidak mengerti, karena secara tiba-tiba mendapat penampakan dua orang malaikat yang memperlihatkan kepadaNya, salib, paku, dan lembing, yang merupakan simbol dari penderitaan salib yang harus dijalani Ia kelak.
Dengan penuh kasih keibuan; Bunda Maria mendekap Yesus Kecil erat dan memberiNya rasa aman.
-------------------
(Buku MOM - MARY OUR MOTHER, RJK 2016)
Dikisahkan, pada Abad Pertengahan, sebuah ikon yang menggambarkan Maria dan Kanak Yesus menjadi subjek penghormatan besar di pulau Crete Yunani.
Dikenal sebagai “Maria Penolong Abadi”, lukisan ini terkenal dengan mukjizat dan pertolongannya bagi yang berdoa dengan kepercayaan dan meminta pertolongan di hadapannya.
Pada awal abad ke-15, pasukan Turki datang dan menduduki pulau tersebut.
Khawatir bahwa ikon akan jatuh ke tangan orang-orang yang tidak percaya, seorang pedagang memutuskan untuk membawanya dan berlayar ke Italia.
Secara ajaib terselamatkan dari badai di laut, ia tiba di Roma di rumah seorang teman.
Beberapa hari setelahnya, dia meninggal, setelah sempat meminta temannya itu untuk membawa dan meletakkan lukisan tersebut di sebuah tempat suci untuk dapat dihormati orang banyak.
Tuan rumah, temannya itu, mengabaikan keinginannya dan menyimpan gambar suci tersebut untuk dirinya sendiri.
Dikatakan, Bunda Maria sendiri kemudian menampakkan diri beberapa kali kepadanya, mendesak agar lukisan itu ditempatkan di Gereja di Bukit Esquiline di Roma, sehingga semua orang dapat berdoa di hadapannya.
Pria itu gagal untuk memahami permintaan tersebut dan terus menyimpan lukisan itu sampai, pada waktunya, ia juga jatuh sakit dan meninggal.
Istrinya ternyata juga tidak mempunyai itikad yang lebih baik daripada suaminya dan diperlukan juga beberapa kali penampakan Maria kepadanya untuk akhirnya dipenuhi keinginannya.
Akhirnya, pada 1499, ikon Maria Penolong Abadi ditempatkan di gereja Santo Matius di Roma dan mendapat penghormatan besar.
Sempat dinyatakan “hilang” sesudah penyerangan tentara Napoleon ke Gereja tersebut pada tahun 1798, lukisan tersebut akhirnya ditemukan diselamatkan dan disimpan oleh para Imam Agustinian, sampai akhirnya pada tahun 1866, Paus Pius IX memerintahkan agar ia dikembalikan kepada Ordo Redemptorist dan diletakkan di Gereja St. Alfonsus di Roma.
Sejak saat itu, salinan gambar serupa dibuat dan dihormati di seluruh dunia, dan dirayakan setiap 27 Juni.
----------------
DOA KEPADA BUNDA PENOLONG ABADI
O Bunda Penolong Abadi,
Berikanlah kepadaku, boleh memanggil namamu yang berkuasa,
yang adalah perlindungan bagi orang yang hidup dan pertolongan keselamatan bagi orang yang meninggal.
Maria tersuci, biarlah namamu selalu ada pada bibirku.
Jangan menunda ya Bunda, untuk menolongku kapanpun aku memanggilmu.
Di dalam pencobaanku, dalam kebutuhanku, aku tidak akan gagal dalam memanggil dan mengulang-ulang namamu yang suci, Bunda Maria.
Suatu penghiburan yang manis yang menenangkan jiwaku setiap kali aku menyebut namamu.
Aku bersyukur kepada Allah yang telah memberikan engkau nama yang begitu manis dan berkuasa, namun tidak cukup bagiku untuk menyebutnya saja, tetapi biarlah cintaku kepadamu tidak pernah gagal membuatku menyalamimu sebagai Bunda Penolong Abadi. Amin.
Salam Maria... 9 x.
Salam HIKers,
Tuhan memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux - Be the Light -
Jadilah Terang!
(Gen 1:3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar