Ads 468x60px

“SANCTA CAMISIA”



HIK. HIDANGAN ISTIMEWA KRISTIANI.
HARAPAN IMAN KASIH.
“SANCTA CAMISIA”.
Inilah kain yang dikenakan Bunda Maria pada saat melahirkan Yesus. “Sancta Camisia”, bahasa latin untuk “kain suci”, adalah sehelai kain sutra halus berukuran 20 kaki yang dipercaya dikenakan Bunda Maria pada saat ia melahirkan Yesus.
Setelah Maria diangkat ke Surga (Maria Asumpta), oleh para Rasul, kain ini kemudian dipindahkan dari Yerusalem ke Konstantinopel, di mana kemudian Ratu Irene dari Byzantine memberikannya sebagai hadiah kepada Kaisar Roma, Charlemagne.
Cucu Kaisar, Charles the Bald, pada tahun 876 menyerahkannya ke Katedral Chartres di Prancis, dan disimpan disana selama lebih dari 1100 tahun.
Dikatakan, pada tahun 1145, ketika Katedral
Chartres di Prancis tersebut terbakar habis, beberapa Pastor menyelamatkan kain itu dengan menerobos api sambil memegang kain itu di tangan dan terjebak di ruang bawah tanah.
Tiga hari kemudian, mereka berhasil diselamatkan tanpa cidera sebagai tanda mukjizat dan pertolongan Maria, dan diyakini sebagai tanda untuk membangun kembali Katedral Chartres di Prancis itu sebagai tempat penghormatan bagi Maria.
Penelitian ilmiah yang dilakukan terhadap kain menunjukkan bahwa kain tersebut berasal dari abad pertama, dan asli dari Syria, memberi bukti kuat bahwa kain tersebut benar-benar milik Maria.
Hingga saat ini, setiap tanggal 15 Agustus pada perayaan Maria Diangkat ke Surga, kain ini dibawa dengan prosesi penghormatan yang khidmat di Katedral Chartres, Prancis
Salam HIKers,
Tuhan memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux - Be the Light -
Jadilah Terang!
(Gen 1:3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar