Ads 468x60px

Uskup Baru Tanjung Selor Mgr. Paulinus Yan Olla, MSF.



Pastores Dabo Vobis
Uskup Baru Tanjung Selor
Mgr. Paulinus Yan Olla, MSF.
Proficiat untuk umat Keuskupan Tanjungselor, Paus Fransiskus telah menunjuk Uskup baru untuk Keuskupan Tanjungselor.
Pengumuman takhta suci ini diteruskan oleh Uskup Malang, Mgr. Henricus Pidyarto Gunawan, O.Carm tepat pukul 18.00 WIB, 22 Februari 2018 di Katedral Malang setelah Ibadat Sore bersama para Imam dan Biarawan-biarawati Keuskupan Malang.
Ya, Kamis, 22 Februari 2018, Bapa Suci Paus Franciscus secara resmi telah menunjuk Romo Paulinus Yan Olla, M.S.F., sebagai Uskup Tanjung Selor (Kalimantan Utara).
Uskup terpilih ini dilahirkan 22 Juni 1963 di Seom-Eban, Timor Barat, mengucapkan profesi religius pada tanggal 22 Juli 1991, dan ditahbiskan menjadi imam pada tanggal 28 Agustus 1992.
Sejak ditahbiskan imam, beliau pernah mengemban berbagai tugas, termasuk di Paroki Keluarga Kudus di Banteng DIY, Semarang, dan juga tugas-tugas lain di wilayah Keuskupan Agung Samarinda dan Keuskupan Banjarmasin.
Beliau studi lanjut di Institut Spiritualitas Theresianum di Roma dan menjadi Anggota Dewan Jendral MSF Sedunia (2001-2007) dan Sekretaris Jendral MSF Sedunia (2007-2013) di Roma. Pada saat ini beliau adalah Rektor Seminari MSF dan Dosen Teologi Spiritualitas di STFT Widya Sasana di Malang.
Deo gratias.
Syukur kepada Allah.
Profil Singkat Mgr Paulinus Yan Olla MSF:
Lahir :
Seoam, Desa Eban, TTU 22 Juni 1963
Orangtua :
Ayah Amatus K. Olla dan ibu Theresia Naben.
Saudara :
1. Margaretha Olla
2. Regina Olla
3. Sr. M. Beatriks Olla, PRR
4. Ursula Maria Olla
5. Herman Yoseph Olla
Riwayat Pendidikan:
• SMP Xaverius Putri Kefamenanu, TTU tahun (Januari 1976- Juli 1979 kebijakan pemerintah menjadikan SMP berlangsung 3,5 tahun).
• SMA Seminari Lalian St Imakulata Lalian, Atambua, September 1979-Juni 1983.
• Novisiat MSF di Salatiga tahun 1983 – 1984.
• Studi Filsafat dan Teologi di Kentungan Yogyakarta tahun 1984-1994.
• Tahun Orientasi Pastoral (TOP) di Paroki Putain, Keuskupan Agung Kupang tahun 1987-1988.
• Tahbisan Imam di Yogyakarta tahun 1992.
• S-2 di Program Pascasarjana Universitas Sanata Dharma (Kentungan) tahun 1994.
• S-3 bidang Teologi Spiritual di Istituto di SpiritualitĂ  Teresianum, Roma, Italia, tahun 2004 dengan tesis Missionary Spirituality of Jean Berthier. A Searching for a Missionary Spirituality in the light of the Redemptoris Missio, No. 87 – 91.
Riwayat Penugasan:
• Pastor pembantu Paroki Banteng Yogyakarta, 1992-1994. Saat yang sama Mahasiswa S2 dan Pengajar Kuliah Moral di Santa Dharma dan AKS Tarakanita Yogyakarta sejak tahun 1990.
• Direktur Seminari Don Bosco, Keuskupan Samarinda, Kalimantan Timur tahun 1995-1997.
• Pastor Kepala Paroki Santa Maria Banjarbaru, Kalimantan Selatan tahun 1997-2000.
• Melanjutkan studi doktoral di Istituto di SpiritualitĂ  Teresianum, Roma, Italia tahun 2000.
• Anggota Dewan Jenderal MSF se-Dunia tahun 2001-2007, ia mendapat tugas mengunjungi dan memperhatikan wilayah-wilayah Asia, Perancis, dan Madagasakar
• Sekretaris Jenderal MSF tahun 2007-2013.
• Sebagai Sekjen MSF baru, tetap memperhatikan wilayah-wilayah yang menjadi tanggungjawabnya pada periode yang lalu dengan tambahan juga ke wilayah Amerika Latin.
Di luar tugas sebagai imam, Pastor Dr Paulinus Yan Olla, MSF juga menulis artikel-artikel sosial-politik dan kemasyarakat. Di Indonesia, artikel-artikelnya kerap muncul di Kompas, harian terbesar di Indonesia. Menulis artikel kerohanian di Majalah Hidup dan Rohani. Artikel rohaninya dimuat juga dalam bahasa Portugis di Majalah ConvergĂȘncia dan dalam bunga rampai Penerbitan IFIBE, Passo Fundo di Brasil
===
Bulla pengangkatan RP Paulinus Yan Ola,MSF sebagai Uskup Tanjung Selor diumumkan.
Apa itu bulla?
Bulla adalah Surat Keputusan yang dikeluarkan oleh Bapa Suci sebagai pemimpin Gereja Universal.
Franciscus Episcopus Servus Servorum Dei
Fransiskus Uskup hamba para hamba Allah
Dilecto filio Paulino Yan Ola, MSF e clero congregatione MSF ha eletto episcopo, salutem et apostolicam benedictionem
Kepada Putera terkasih Paulinus Yan Ola klerus dari Kongregasi MSF yang terpilih sebagai Uskup, salam dan berkat Apostolik
... audita Congregatione pro Gentium Evangelizatione, Apostolica nostra potestate te nominamus Episcopum Tanjung Selorensis cunctis iuribus et obligationibus...
... setelah mendengarkan masukan dari Kongregasi Evangelisasi untuk bangsa-bangsa, dengan kekuasaan Apostolik kami, kami mengangkat engkau menjadi Uskup Tanjung Selor dengan segala hak dan kewajibannya...
Permittimus ut ordinationem a quolibet catholico Episcopo extra urbem Romam accipias liturgicis servatis legibus atque praemissis Catholicae fidei professione iureque fidelitatis erga nos et nostros succesores secundum sacros cannones
Kami mengizinkan engkau menerima tahbisan dari Uskup Katolik manapun di luar kota Roma seturut ketentuan liturgis dan sebelumnya hendaklah engkau ikrarkan pengakuan iman dan janji kesetiaan kepada kami dan pada para penerus kami sesuai ketentuan hukum kanonik.
Datum Romae apud Sanctum Petrum die duodvegisimi anno Domini bis millesimo decimo septo. Pontificatus nostri Quanto
diberikan di Roma dari Santo Petrus pada tanggal dua puluh dua Februari tahun Tuhan dua ribu delapan belas. Dalam tahun pontifikat kami yang keenam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar