Ads 468x60px

Senin, 4 Febr 2013


Hr Biasa Pekan IV
Ibr 11:32-40; Mrk 5:1-20

“IHS” - Itulah salah satu slogan iman kita yang juga saya tulis dalam buku "HERSTORY" (Kanisius), yang berarti “In Hoc Signum - Dalam Tanda Ini”. Ya, Yesus datang sebagai “tanda” bagi dunia, tanda kebaikan yang mengalahkan kejahatan, tanda cinta yang mengalahkan sengketa dan tanda ketulusan yang mengalahkan kebusukan dengan segala akal bulus dunianya. Kehadiran Yesus sebagai “sign” yang “significant” bahkan bisa juga menghancurkan “legion”, segerombolan roh jahat yang kadang meracuni tubuh kita. Adapun trilogi dasar kehadiran Yesus, al:


1.”Liberator: Pembebas”. Dengan kuasaNya, Ia membebaskan kita dari kuasa kejahatan karena hidup kita kadang terbelenggu oleh roh jahat yang membuat kita menjadi orang yang tidak bebas , yang terikat pada pola “hedonis-materialis dan egois” 

2.”Redemptor: Penebus”. Dengan salibNya, Ia menebus hidup kita dari kuasa kedosaan. Adapun kita sebagai manusia (Jawa:”menungso - menus menus kakehan doso”) tak lepas dari roh jahat, al: Lucifer/sombong; Mamon/tamak; Asmodeus/cabul. Satan/marah; Beelzebul/rakus; Leviathan/iri; Belphegore/ malas. Ke-7 roh jahat ini membuat kita menjadi tawanan neraka. 

3.”Salvator: Penyelamat”. Dengan kasihNya, Ia selamatkan kita dari kuasa maut, karena roh jahat membuat kita jatuh dalam dosa dan ketedakselamatan. Dosa (KGK pasal 10), adalah “pikiran, perkataan, keinginan dan perbuatan/ sikap acuh yang dilarang oleh Allah”. Akibat hadirnya roh jahat dalam hati kita, yakni: membunuh hidupnya rahmat Tuhan: “Semuanya itu menyebabkan kamu merasa malu sekarang, karena kesudahannya ialah kematian.” (Roma 6:21).

Yang pasti, pengalaman rohani dan pribadi bahwa Yesus sungguh "membebaskan, menebus dan menyelamatkan", baiklah juga untuk kita wartakan secara nyata kepada orang lain dengan sikap hidup kita sehari-hari. Mari kita juga belajar menjadi “yesus-yesus kecil", yang membebaskan, menebus dan menyelamatkan hidup orang lain dengan pikiran yang positif - perkataan yang inspiratif dan tindakan kasih yang produktif bagi kemuliaan nama Tuhan dan keselamatan jiwa sesama. 

“Kopassus markasnya di Cijantung - 
Bersama Yesus, hidup kita pasti akan selalu “beruntung”. 

Tuhan memberkati + Bunda merestui.
Fiat Lux! (@romojost.blogspot.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar