Ads 468x60px

Jumat 12 Juli 2013

"Non multa sed multum
Kej 46:1-7.28-30; Mat 10:16-23

"Non multa sed multum - Bukan banyaknya tapi mutunya." Pepatah orang latin ini mengajak kita untuk lebih memperHATIkan kualitas daripada kuantitasnya. Dalam konteks aktual, di tengah maraknya islamisasi ruang publik dan intoleransi di wilayah konflik, kita sebagai kaum minoritas memang bukan bagian yang paling banyak (“pars maior“) tapi kita harus berjuang jadi bagian yang paling baik (“pars sanior“). Kita dipanggil untuk berani menjadi "significant minority" (Jawa: alit nanging mentes), kecil-kecil cabe rawit sehingga tercapailah apa yang menjadi harapan Rm. Mangun, menjadi gereja yang "admiranda et amanda - dikagumi sekaligus dicintai". Itu sebabnya juga hari ini Yesus bersabda: "Aku mengutus kalian seperti domba ke tengah serigala maka cerdiklah seperti ular dan tulus seperti merpati!"


Mengacu pada buku saya, "HERSTORY" (Kanisius), adapun dua daya iman yang diharapkan Yesus, al:

1.“Daya tahan“: Lihatlah ular. Ia adalah hewan yang "cerdik-cerdas+terdidik". Ia cerdas sehingga eksist di banyak tempat sejak zaman Adam Hawa. Ia ada di gunung, di laut, di sungai air tawar, di dalam tanah bahkan di hutan belantara dan padang pasir. Ia juga terdidik untuk survive, berdayatahan di segala situasi entah panas/dingin, cepat beradaptasi dan tidak mudah menyerah. Ia juga punya senjata ampuh dengan "bisa" di mulutnya. Dalam artian positif, kita juga diajak punyai "bisa yang ampuh" ntuk selalu  berani mewartakan "apologia", kebenaran iman lewat kesaksian dan perkataan nyata kita setiap harinya.
 
2.“Daya pikat“: Merpati adala lambang kedamaian. Lihatlah bulunya yg putih. Ia juga ada di byk tempat, dari benua eropa sampai asia, jinak dan mudah dipelihara oleh banyak orang. Ia bahkan kerap menjadi contoh kesetiaan karena menyiratkan hati yg "tulus - tutur katanya halus". Dengan memikat hati banyak orang.
Semoga kita juga bisa hadir sebagai orang beriman yang memikat dan membawa kasih serta kedamaian dengan pikiran, perkataan dan terlebih tindakan. kita di tengah zaman yg penuh ketidakdamaian ini.


"Cari kerang di dlm tas - Jadilah orang yang berkualitas."

Tuhan memberkati dan Bunda merestui. Fiat Lux! 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar