Ads 468x60px

Rabu 05 Februari 2014

Peringatan Wajib  Santa Agata.
2 Sam 24:2.9-17; Mzm 32:1-2.5-7; Mark 6:1-6.

"Prophet - Sang Nabi!" Inilah salah satu magnus opus, karya besar seorang penyair kristen dari Libanon, Kahlil Gibran. Adapun hari ini bersama dengan peringatan dan teladan St. Agata (Perawan + Martir), Yesus juga hadir sebagai "nabi" (Naba: kabar/berita/sabda). Ia menjadi messenger dan prophet (agen/pembawa beritanya Allah). Dalam bhs Arab, nabi sendiri punya 4 sikap dasar, "SAFT", antara lain: Siddiq/jujur dan bukan pembohong, Amanah/terpercaya dan bukan pengkhianat, Fathonah/rajin dan bukan pemalas, Tabligh/suka berbagi dan bukan orang yang pelit. Kitapun sejak dibaptis juga mempunyai 3 panggilan dasar, yakni: menjadi imam yang menguduskan, menjadi raja yg memimpin dan pastinya menjadi nabi yang mewartakan. Nah, mengacu pada bacaan injil hari ini, adapun 3 sikap dasar seorang nabi yang bisa kita lihat dari figur Yesus, antara lain:

1."Witness": Kesaksian. Ia terus bersaksi tentang Kerajaan Allah di setiap tempat dan saat, bahkan di kampungnya sendiri, bukan hanya dengan kata-kata tapi dengan tindakan cinta yang nyata. Ia lebih sering berkotbah dengan  dan lewat tindakannya.

2."Joyfullness": Kegembiraan. Ia selalu membawa kabar baik, menjadi "injil yang hidup", karena lewat kehadiran dan sapaanNya banyak orang sakit disembuhkan dan banyak orang lemah dikuatkan.

3."Faithfullness: Keberimanan. Ia tidak takut mengalami penolakan. Ia tidak merasa alergi karna tdak dimengerti dan disalahpahami oleh dunianya. Ia tetap terus berbuat kebaikan: menyembuhkan org yang sakit dan membebaskan orang yang kerasukan, karena semua didasari oleh imannya yang mendalam kepada Bapa.

"Makan keju plus bakut - Mari maju dan jangan mudah takut."

Tuhan memberkati + Bunda merestui.
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar