Ads 468x60px

Jumat 21 Maret 2014

Kej 37:3-4.12.13a.17b-28; Mzm 105:16-17.18-19.20-21; Mat 21:33-43.45-46.

"Iustitia omnibus-Keadilan untuk semua." Inilah salah satu harapan iman bahwa Tuhan itu berlaku adil pada umatNya. Hal ini ditegaskan dalam kisah Yusuf yang dibuang secara tidak adil oleh para kakaknya karena iri hati dan Yesus yang disalibkan secara tidak adil oleh para imam kepala dan ahli taurat karena sentimen dan iri hati juga. Ketika itulah Tuhan yang Maha Adil tetap berkarya dan melindungi setiap umatNya serta mengatakan bahwa "batu yang dibuang oleh tukang bangunan telah menjadi batu penjuru." Mengacu pada bacaan injil hari ini, ketidakadilan juga tampak ketika para penggarap anggur yang dipercaya malahan menolak dan membunuh para utusan dan bahkan putera majikannya sendiri. Dengan kata lain: Mereka hadir sebagai orang yang bersikap tidak adil dengan 3  ciri, antara lain:

1."Will to power": Mereka rakus kuasa dan selalu merasa tidak cukup sehingga berhasrat untuk menguasai semua kebun anggur yang sebenarnya bukan haknya.

2."Will to affair": Mereka bersekongkol untuk menganiaya dan membunuh para utusan dan putra majikannya sendiri. Inilah mentalitas gerombolan tukang pukul, yang "bersatu" untuk membuat hal yang buruk, yang kerap penuh intrik-taktik dan ketidaktulusan.

3."Will to forget": Mereka mudah lupa dan tidak tahu ber-terimakasih. Mereka seharusnya merasa beruntung karena diberi pekerjaan dan upah oleh tuan pemilik kebun anggur. Tapi mereka senyatanya malahan melakukan tindakan yang keji: menganiaya dan membunuh para utusan bahkan anak dari tuan kebun anggur itu sendiri.

Nah, masa prapaskah dengan 3 tujuan dasar, yakni menyiapkan kebangkitan-mengenangkan pembaptisan dan menciptakan pertobatan mengajak kita untuk ber-instrospeksi dan bertindak adil, jangan-jangan kita masih memiliki "3 will" di atas tadi sehingga sulit menjadi orang adil dan tidak peka melihat kebaikan Tuhan lewat org lain.

"Cari usus di Sukabumi-Tuhan Yesus ampunilah kami."

Tuhan memberkati + Bunda mrestui.
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).

PIN HIK: 752D878C.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar