Ads 468x60px

Minggu 16 Maret 2014

MINGGU PRAPASKAH II
Kej  12:1-4; Mzm 33:4-5.18-19.20.22; 2 Tim 1:8b-10; Mat 17:1-9.

"Deus iluminatio mea - Tuhan adalah cahaya hidupku! " Inilah motto Oxford yang juga menjadi pesan hari ini ketika Yesus mengajak kita untuk menjadi "cahaya" ("CAri Tuhan-HAdapi cobaan-YAkini iman") dengan 3 sikap dasar, antara lain:


1."Berdoa": Yesus mengajak Petrus-Yakobus dan Yohanes untuk naik dan menyepi di gunung Tabor. Ia mengajak kita berdoa dengan hening dan meneng, tidak larut dalam kesibukan harian tapi mau mengambil jarak untuk mendekat pada Yang Ilahi. 

2."Bersyukur": Di puncak Tabor sekarang, ada tiga bangunan menyatu padu, yakni satu gereja besar untuk Yesus dengan 2 kapel kecil untuk Musa dan Elia. Musa adalah Pemimpin Israel terbesar, yang membawa Israel menuju Tanah Terjanji  serta menurunkan Hukum Taurat dari Gunung Sinai. Elia adalah Nabi Israel terbesar, yang banyak membuat mukjijat dan nubuat ilahi pada zamannya.

3."Berbagi": Yesus mengajak Yohanes Yakobus dan Petrus untuk “turun gunung”: hidup dan bercahaya di tengah dunia, karena TUHAN juga ada dan bercahaya di tengah dunia. Disinilah, Tuhan nampak bagai matahari: Ia bersinar bagi semua. Pastinya: Kita juga diajak menerangi tanpa menyilaukan, diajak membawa dan membagikan Yang Ilahi dalam ujud yang amat insani. Yesus sendiri kerap membagikan cahaya keilahian dengan cara yang biasa: dengan doa-ucapan dan karya yang penuh belaskasihan, seperti: mengajarkan kebaikan, menyembuhkan kesakitan, menguatkan kelemahan dan+menyertai setiap orang yang berbeban. Dengan kata lain: Ia yang sebetulnya menyilaukan karena maha ilahi itu bisa didekati secara insani tanpa membuat orang merasa takut. Dengan kata lain: Kita diajak membagikan kesaksian dengan cara seperti Dia sendiri membawakan keilahian, sehingga kita juga bisa menjadi cahaya yang terus  bersinar di tengah dunia dan pergulatan sesama.

"Mpok Alya naik xenia -Jadilah cahaya bagi dunia."

Tuhan memberkati + Bunda merestui.
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).

PIN HIK: 752D878C.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar