Ads 468x60px

Minggu 23 Maret 2014

MINGGU PRAPASKAH III
Kel 17:3-7; Mzm 95:1-2,6-7,8-9; Rom 5:1-2.5-8; Yoh 4:5-42     

"Aqua vita-Air hidup." Inilah pesan pokok yang dihadirkan dalam perjumpaan dengan perempuan Samaria bahwa Yesus datang sebagai "CIVITA", semacam air hidup" (Sunda: Ci, Lat: vita) yang mempunyai caritas/kasih, vitalitas/hidup dan humilitas/kerendahan hati. Adapun 3 kalimat yang bisa kita renungkan, antara lain:

1.“Berilah Aku minum!”: Yesus dan perempuan Samaria ini adalah dua orang yang sama-sama berjumpa dan bercerita di pinggir sumur Yakub. Yesus hadir secara insani dan meminta air kepada wanita Samaria yang notabene adalah orang tersingkir dan dicap buruk sebagai kafir dan pendosa bahkan kawin berkali-kali. Dengan kata lain: Kita diajak untukl datang dan selalu memberikan persembahan hidup kepadaNya walaupun kita nyatanya terbatas-rapuh dan banyak kelemahan.

2."Tuhan, berikanlah aku air itu": Inilah permintaan perempuan Samaria kepada Yesus. Indahnya perempuan itu tidak disebutkan namanya, bisa jadi nama perempuan itu adalah nama kita masing-masing yang seringkali "haus" dalam rutinitas harian. Dengan kata lain: Kita diajak untuk selalu datang dan meminta kesegaran sejati dariNya. Hal ini secara jelas tampak dalam misteri ekaristi yakni ketika Tuhan mau menjadi  "hosti"/korban yang mau dipecah dan dibagi untuk kita.

3."MenyembahNya dalam Roh dan Kebenaran": Dalam kisah ini, ada 6 sebutan yang dikenakan kepada Yesus adalah: seorang Yahudi, Tuan, Nabi, Mesias, Rabi, Juruselamat dunia. Sebutan terakhir "Juruselamat dunia" adalah puncak dari proses beriman terhadap Yesus secara benar. Dia yang pada mulanya dianggap seorang Yahudi yang kehausan ternyata adalah Rabi bahkan Nabi bahkan lebih lagi yakni Kristus (Mesias). 

Nah, setelah banyak orang Samaria mengenal betul dan mengalami hidup bersama Yesus, mereka sampai pada pengakuan iman bahwa Yesus adalah "Salvator Mundi/Penyelamat Dunia. Kita juga diajak untuk selalu hidup bersamaNya dan semakin mengenali dan mengalamiNya secara pribadi dengan lebih mendalam karena Dia adalah sungguh penyelamat yang sejati.

"Dari Tarsus sampai Parakan-Bersama Yesus kita disegarkan."

Tuhan memberkati + Bunda merestui. 
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh). 

Pin HIK: 752D878C.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar