Ads 468x60px

Selasa 18 Maret 2014

Yes 1:10.16-20; Mzm 50:8-9.16bc-17.21.23; Mat 23:1-12 

"Verba docent exempla trahunt-Kata kata itu mengajar tp teladan itu menyentuh hati." Inilah pepatah latin yang seakan mengamini pesan inti Yesus hari ini: “Lakukanlah segala sesuatu yang mereka (para ahli kitab + orang farisi) ajarkan kepadamu tapi janganlah kamu turuti perbuatan mereka, karena mereka mengajarkan tapi tidak melakukannya. Dengan kata lain: Yesus membenci sikap ahli kitab + orang farisi yang munafik (Arab:  منافق, munāfiqūn, "MUlutnya pedas-Nalurinya iri-FIKirannya negatif"), yang tampak dalam beberapa ciri dasar: "bila berkata-ia berdusta; bila berjanji-ia mengingkari; bila diberikan kepercayaan-ia mengkhianati". 

Nah, bersama dengan musim kampanye pemilu dengan banyak caleg dan obralan janji, kita diajak untuk meninggalkan sikap "NATO - No Action Talk Only", yang hanya sibuk mengobral janji tapi hidupnya tidak terpuji, yang selalu pandai berkata-kata tapi tidak punya cinta, yang hanya pandai berkotbah tapi tidak mau berubah. Imbasnya: walaupun pelbagai ajaran telah dinyatakan-dibentangkan-dicanangkan+ditaburkan, tapi kerap kehilangan daya dan makna  karena yang diajarkan tidak dilaksanakan dan termakan budaya materialistis, dalam bahasa Cicero: "tak ada benteng yang demikian kuat, di mana uang tak dapat memasukinya". 

Disinilah, kita butuh bahasa keteladanan dan diajak untuk menjadi dan memberi teladan kasih yang hidup karena menyitir Seneca: ‘Manusia lebih percaya pada mata mereka, daripada telinga mereka!”. Maka sebenarnya buat apa kesana kemari mengenakan jubah putih/kalung salib, lambang kesucian dan simbol pemihakan terhadap kebenaran, kalau buta dan tuli terhadap kebenaran itu sendiri? Atas nama keimanan yang manusiawi dan kemanusiaan yang imani, kita sebagai "homo religiosus" yang mengaku beriman kristiani, semestinya selalu brani memberikan kesaksian iman yang hidup, dengan doa-ucapan dan tindakan  nyata yang penuh cinta dan tidak melulu penuh kata-kata. Ego Mitto Vos - Aku sekarang mengutus kamu! 

"Cari baju di Lebak Bulus - Mari maju dengan hati yang tulus." 

Tuhan memberkati + Bunda merestui. 
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh). 

PIN HIK: 752D878C. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar