Ads 468x60px

Selasa 25 Maret 2014

Hari Raya Kabar Sukacita
Yes 7:10-14; 8:10; Mzm 40:7-8a.8b-9.10.11; Ibrani 10:4-10; Lukas 1:26-38. 

"Ecce ancilla Domini-Aku ini HAMBA Tuhan!" Inilah perkataan Maria yang penuh iman dalam perayaan Kabar Sukacita yang kita kenangkan hari ini bahwa kepenuhan segala rahmat yang ada dalam Kristus datang ke dalam Maria, meski dalam suatu cara yang berbeda. Adapun tiga alasan iman mengapa kita juga harus bersukacita seperti Maria, antara lain:

1."Mengandung":  Dengan rahimnya, seorang "ibu/mother" memberikan tempat penuh kehangatan untuk calon kehidupan baru. Seperti Maria yang menyerahkan rahimnya, yakni mengandung Yesus, kitapun juga diajak untuk memberikan "rahim" kpdNya. Hal ini tampak ketika kita boleh "mengandung" Tuhan saat menyambut komuni, menjadi "tabernakel yang hidup", yang menolong yang papa-membimbing yang buta-menghibur yang berduka-menyembuhkan yang luka-membantu yang jatuh-mendampingi yang teguh-menguatkan yang rapuh dan membangunkan yang runtuh.

2."Melahirkan": Kita diajak "melahirkan" yang ilahi lewat setiap doa-ucapan dan karya nyata. Dengan kata lain: Seperti Maria, kita diajak menjadi "messenger/pembawa pesan" yang selalu berbagi kedamaian, yang pasti hendaklah kita mencari rahmat, dan marilah kita mencarinya melalui Maria Regina Pacis, Ratu Kedamaian.

3."Memelihara": Setelah boleh mengandung dan melahirkan Yang iIahi, kita juga diajak seperti Maria yang selalu merawat dan memelihara Yesus dengan semangat keteladanan yang nyata. Dengan kata lain: Maria ajak kita untuk menjadi "contoh/model" yang siap berbagi keteladanan dengan selalu menjaga-merawat dan memelihara smua nilai kasih dan iman yang telah dianugerahkan Tuhan lewat Maria. O clemens, o pia, o dulcis Virgo Maria. Ia menjadi Perawan yang rahim, penuh belas kasihan dan manis. Ia menjadi nama yang saat disebutkan tak mengenal akhir, de Maria numquam satis! Lebih dari dibicarakan, melainkan diteladani, diikuti, di-eja wantah-kan, dibumikan secara aktual saat ini atau sampai nanti karena ia menjadi teladan yang berpendar di tengah belukar duri kehidupan.

"Burung tekukur di Taman Ria - Kita bersyukur punya Bunda Maria." 

Tuhan memberkati + Bunda merestui.
Fiat Lux! @RomoJostKokoh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar