Ads 468x60px

Sabtu 03 Mei 2014

Pesta Santo Filipus dan Yakobus 
1 Kor 15:1-8; Mzm 19:2-3.4-5; Yoh 14:6-14. 

"Imago Dei-Citra Allah." Itulah yang menjadi panggilan dasar kita seperti kata Yesus hari ini: "Barangsiapa melihat Aku, ia melihat Bapa." Bersama pesta St. Filipus dan St. Yakobus yang kita kenangkan hari ini, adapun beberapa sifat orang yang siap menjadi "citra Allah", antara lain: 


1."Perantara": Filipus mengantar Natanael untuk datang kepada Yesusdan Yakobus Alfeus juga sangat berjasa bagi Paulus, lebih-lebih pada awal pertobatannya. Ketika Paulus ditangkap di Yerusalem dan minta diadili di Roma, Yakobuslah yang menjadi perantara Paulus sampai ke Roma. Dengan kata lain: Kita juga diajak mengantar semakin banyak orang kepada Yesus. 

2."Pembela":  Menurut Injil Yohanes, Filipus adalah orang ke-3 yang dipilih untuk mengikuti Yesus, setelah Andreas dan Simon Petrus (Yoh 1:35-44). Sementara itu, yang dimaksud Yakobus di sini adalah anak Alfeus dan bukan Yakobus anak Zebedeus, saudara Yohanes. Setelah Yesus wafat dan bangkit, Yakobus menjadi Uskup Yerusalem yang pertama dan oleh Paulus disebut sebagai soko guru Gereja (Gal 2:9). Mereka berdua sama-sama berani membela iman dan mati sebagai martir karena imannya, tidak takut sengsara dan berdukalara. 

3."Pendoa": Sebagai citra Allah, kita tidak hanya menjadi "man for others", tapi juga "man of god"/"man of prayer". Seperti Filipus+Yakobus yang berdoa bersama kita, kita juga diajak untuk selalu saling mendoakan dan menguatkan setiap harinya. 

"Dari Sudan ke Matraman - Jadilah teladan dalam iman." 
Tuhan memberkati + Bunda merestui. 
 Fiat Lux! @RomoJostKokoh 

 PIN HIK: 752D878C. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar