Ads 468x60px

Selasa 27 Mei 2014

Pekan VI Paskah
Kis 16:22-34; Mzm 138:1-2a.2b-3.7c-8; Yoh 16:5-11.

"Deus vobiscum-Tuhan sertamu." Inilah sapaan latin yang kerap diucapkan imam dalam misa/ekaristi. Adapun, Ia yang selalu menyertai kita hadir sebagai Tritunggal, yakni Satu Allah Yang Esa tapi hadir dalam Tiga Pribadi(Bapa, Putra+Roh Kudus), di mana ketiga Pribadi Allah itu sama esensinya-kedudukannya, kuasanya dan kemuliaannya (Bdk: KGK 234). Dalam bacaan hari ini, Yesus pergi dan Roh Kudus datang. Dengan kata lain: Allah Tritunggal selalu hadir  menyertai kita dengan karya keselamatan "trinitaris": direncanakan oleh Bapa (LG 2), dilaksanakan oleh Putera (LG 3, SC 5), diteruskan oleh Roh Kudus (LG 4).


Adapun secara etimologi, kata “Tritunggal” berasal dari bahasa Latin, “Trinitas” (tres=tiga, unus= esa, tunggal/satu) yang mengartikan adanya keberadaan dari satu Allah yang benar dan satu-satunya, tapi di dalam keesaan ini ada tiga pribadi yang sama, yang mengajak kita mempunyai iman berpola trinitaris, antara lain:

1."TRI"malah dalam iman: Kita diajak untuk beriman, terlebih yakin akan "Tritunggal yang sehakikat" (Konsili Konstantinopel 1155: DS 421). Pribadi  ilahi tidak membagi-bagi ke-Allah-an yang satu itu di antara mereka, tapi masing-masing dari mereka adalah Allah sepenuhnya dan seluruhnya: "Bapa adalah yang sama seperti Putera, Putera yang sama seperti Bapa. Bapa dan Putera adalah yang sama seperti Roh Kudus, yaitu satu Allah menurut kodrat" (Sinode Toledo XI 675: DS 530).

2.bergan"TUNG"lah pada Tuhan: Kita diajak untuk berpasrah dan selalu mengandalkanNya, meyakini adanya providentia divina-penyelenggaraan ilahi dlm sgl suka-duka kehidupan harian.

3."TANG"galkanlah kegelapan: Kita diajak berani bertobat menanggalkan kegelapan manusia lama kita dan lahir sebagai manusia baru.

"Cari kardus cari galah - Roh Kudus segera datanglah."

Tuhan memberkati + Bunda merestui.
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).

PIN HIK: 752D878C     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar