Ads 468x60px

Senin 05 Mei 2014

Pekan III Paskah 
Kis 6:8-15; Mzm 119:23-24.26-27.29-30; Yoh 6:22-29.

"Cura ut valeas-Berusahalah agar kau berhasil." Kita diajak untuk selalU berusaha sebagai orang beriman yang mendambakan kehidupan yang kekal. Usaha nyata itu bisa ditegaskan dengan pesan ilahi hari ini: "Bekerjalah, bukan untuk makanan yang akan dapat binasa, melainkan untuk makanan yang bertahan sampai kepada hidup yg kekal." Adapun tiga semangat dari beberapa tokoh yang berusaha untuk berhasil menciptakan "surga di bumi", yang bekerja untuk hidup yang lebih sejati bagi kemuliaan Tuhan dan keselamatan jiwa sesama, antara lain:


1."Golek sego golek swargo": Inilah salah satu semangat iman yang diwariskan oleh Romo Van Lith kepada para muridnya di Kolese Xaverius Muntilan. Ia mengharapkan adanya usaha "kolaboratif sebagai orang beriman yang ada di tengah dunia. Kita sadar ada di tengah dunia tapi tidak menjadi milik dunia.  Diharapkan adanya keseimbangan antara mencari harta juga mencari surga, tidak lekat pada harta benda dunia yang sebenarnya tidak abadi.

2."Ad Maiorem Dei Gloriam": Inilah semangat khas St Ignatius Loyola yang diwariskannya kepada para Jesuit supaya setiap orang mempunyai "inisiatif", bekerja semata demi kemuliaan Allah yang lebih besar lewat setiap bakat dan talenta, minat dan cipta yang diwartakan kepada dunia karena sejatinya hidup kita dengan segala warna warninya ini adalah sarana/media untuk memuliakan Allah.

3."Deus providebit": "Tuhan yang menyelenggarakan!" Inilah semangat kerja dari Bunda Magdalena Daemen yang diwariskannya pada para suster OSF. Ia mengajak kita untuk selalu merasakan dan menyandarkan diri pada adanya banyak penyelenggaraan ilahi dalam segala doa dan karya, suka dan duka hidup harian kita. Kita diajak untuk tidak tinggi hati dan iri hati tapi selalu rendah hati dan hati-hati.

"Ada louhan masuk jala-Temukan Tuhan di dlm segala." 
Tuhan memberkati + Bunda merestui. 
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).

PIN HIK: 752D878C.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar