Ads 468x60px

Jumat 06 Juni 2014

Pekan VII Paskah - Novena Roh Kudus ke-8 
Kis 25:13-21 Mzm 103:1-2.11-12.19-20ab Yoh 21:15-19  

"Pastores dabo vobis - Aku akan memberimu para penggembala." Inilah salah satu nasehat apostolik kepausan yang bicara banyak soal tugas kegembalaan. Adapun hari ini, Yesus juga berkata kepada Petrus, "Gembalakanlah domba dombaKu!" Ada tiga semangat dasar yang diberikan Yesus sebagai "Gembala Baik/Pastor Bonus", antara lain:


1."Pengampunan": Walaupun pernah disangkal Petrus, Ia tetap mengingat dan menyapanya bahkan berkali-kali: “Simon anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?” Pasti, Yesus ingat ketika Petrus menyangkal-Nya 3x, itulah sebabnya Ia juga bertanya 3x kepada Petrus, bukan untuk menghukum muridNya yang pernah bersalah tapi untuk kembali memberi kesempatan. Dengan kata lain: Hatinya selalu mengampuni (to forgive), yang tdk sekedar melupakan (to forget).

2."Pelayanan": Yesus berkata kepada Petrus 3x, "Gembalakanlah domba-dombaKu." Ia mengajak Petrus untuk berani menjadi pelayan bagi domba-domba, secara tulus dan murah hati karena inilah yang dipercayakanNya.

3."Pemuridan": Di akhir bacaan injil, Yesus berkata kepada Petrus, "Ikutlah Aku". Ia mengajak kita menjadi muridNya, yang setia mengikuti dan ada di belakangNya, selalu ber-imitatio christi, mengikuti jejak Kristus dengan semangat menjadi murid yang selalu siap untuk diutus.

"Cari jala di Pasar Koja-Jadilah gembala yang bersahaja." 

Tuhan memberkati + Bunda merestui.
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh)

PIN HIK: 752D878C.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar