Ads 468x60px

Sabtu 07 Juni 2014

Pekan VII Paskah-Sabtu Imam 
Kis 28:16-20.30-31 Mzm 11:4.5.7 Yoh 21:20-25   

"Gratia Divina - Anugerah Allah." Inilah hal yang mestinya disyukuri karena hidup bahwasannya terdiri dari banyak rahmat/anugerah ilahi yang cuma-cuma (Lat: gratia, Inggris: grace, Indonesia: gratis). Adapun sebuah rahmat dasar yang boleh kita alami adalah bahwa kita dipilih dan disertai setiap hari lewat jalan iman ini. Mengacu pada bacaan hari ini, adapun anugerah ilahi ini berpola "VIP", antara laiin: 


1."Vital": Hidup. Lewat iman, Ia memberikan hidup abadi dan mengajak kita untuk keluar dari "kematian danmakam" kita masing-masing. Dengan kata lain : Kita diajak mempunyai vitalitas, hidup yang lebih hidup, antusias (Yun: "en theos: di dlm Tuhan), bersemangat dan bergairah karena yakin dilingkupi oleh kasihNya. 

2."Integral": Utuh. Seperti Paulus yang utuh melayani di Roma selama 2 tahun, seperti Yohanes yang utuh melayani umat Efesus dan seperti Petrus yang utuh melayani umat Yerusalem sampai Roma, kita juga diajak menjadi orang yang utuh-penuh dan teduh, meng-integrasikan hidup harian dengan keberimanan, menyatukan doa dan karya kita, mempunyai integritas dimana yang kita wartakan juga kita wujudkan, tidak klise dan tidak basa-basi. 

3."Personal": Pribadi. Ketika Petrus melihat Yoanes, ia berkata pada Yesus: “Tuhan, apakah yang akan terjadi dengan dia?” Jawab Yesus, “Jikalau Aku menghendaki supaya ia hidup sampai Aku datang, ITU BUKAN URUSANMU! Tetapi engkau, ikutlah Aku.” Dengan kata lain: Kita diajak terfokus pada hidup dan perutusan kita, jangan malahan asyik bergunjing dan seakan sibuk pada urusan orang lain. Bukankah kita kadang menjadi orang "dangkal", terlalu mau tahu dan mencari tahu urusan orang lain sehingga tidak sempat untuk hidup "dalam", reflektif dan instrospektif? Bukankah kita lebih kerap menjadi kawanan "gagak" yang berisik dan hiruk pikuk daripada menjadi "rajawali" yang terbang tinggi bersama cita cita ilahi. Disinilah, Tuhan menegur kita untuk hidup lebih "terarah dan teratur" dengan sebuah kesadaran bahwa setiap orang dipilih Tuhan sesuai dengan jalan dan keunikannya masing-masing. Syukurilah! 

"Ada galah dari Efesus - Pergilah bersama Yesus!" 

Tuhan memberkati + Bunda merestui. 
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh) 

 PIN HIK: 752D878C.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar