Ads 468x60px

Minggu 08 Juni 2014

HR. Pentakosta Kis 2:1-11 Mzm 104:1.24.29-30.31.34 Kor 12:3b-7.12-13 Yoh 20:19-23

"Venite -Datanglah!" Inilah harapan iman Gereja ketika merayakan HUTnya pada HR Pentakosta hari ini ketika Tuhan memberikan Roh Kudus kepada kita. Mengacu pada bacaan hari ini, adapun 3 kalimat inti yg diberikan Yesus kpd para murid yang ketakutan dan tinggal di rumah dengan pintu-pintu yang terkunci rapat, antara lain:


1."Damai bagimu": Pendamaian. Ia selalu memberikan kedamaian sejati yang mengubah ketakutan menjadi keberanian. Ia selalu menjadi Allah yang hadir dan bersolider di tengah mereka yang tidak mengalami damai, yang "takut dan kecut" karena pelbagai prahara dan gelora dunia ini.

2."Aku mengutus kamu": Perutusan. BersamaNya, kita diajak menjadi "co-creator", menciptakan bumi dan langit baru bersama semua orang yang berkehendak baik, yang penuh ketulusan dan kebaikan bagi sesama dan semesta.

3.“Terimalah Roh Kudus": Peneguhan. Disinilah, Ia memberikan peneguhan untuk kita masing-masing. Ia memberikan hadiah iman berupa Roh Kudus yang hadir sebagai Roh Pemersatu. Karena Roh Kudus-lah, para rasul dapat mempersatukan banyak orang yang berkumpul dari berbagai macam budaya dan bahasa karena mereka masing-masing dapat mengerti apa yang dikatakan para rasul (bac 1). Berkat Roh Kudus pula, semua orang dipersatukan dalam Kristus sebagai satu tubuh (bac II). Dan berkat pencurahan Roh Kudus pula, para rasul diberi kuasa untuk mengampuni dosa, yang dengan pengampunan itu orang berdosa yang telah memisahkan diri dari Tuhan kembali dipersatukan dan diperdamaikan dengan Tuhan dan sesama (Injil). Bagaimana dengan kita sendiri?

"Buah tomat ada di Carita - Selamat berhari Pentakosta."

Tuhan memberkati + Bunda merestui.
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).

PIN HIK: 752D878C.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar