Ads 468x60px

Senin 09 Juni 2014

Hari Biasa Pekan X 
1 Raj 17:1-6 Mzm 121:1-2.3-4.5-6.7-8 Mat 5:1-12 

 "Ecce ancilla Domini - Aku adalah hamba Tuhan." Inilah salah satu kalimat khas Bunda Maria yang sejajar dengan semangat kerendahan hati imani seperti yang diajarkan Yesus hari ini: "Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah". Dengan kata lain: Yesus ingin kita selalu menjadi orang beriman yang bahagia walau kadang kecewa dan tidak selalu mendapatkan apa yang kita inginkan, karena bahagia bukanlah melulu pada aneka hal material-duniawi (harta tahta kuasa) tapi lebih pada suasana hati yang "BAgikan harapan-HAdirkan Tuhan dan GIAtkan iman" dengan beberapa semangat pokok yang diwartakanNya, antara lain:


1.yang "miskin": yang tidak terikat-lekat pada harta  dan tahta duniawi tetapi lepas bebas dan hanya mengikatkan/mengandalkan diri pada Tuhan.

2."yang "berdukacita": yang menjadi "korban", dizalimi dan dihakimi secara tidak adil, yang sengsara dan dukalara karena penganiayaan sesama tapi tetap setia untuk terus mendekat kepadaNya. 

3.yang "murah hati": yang mudah peka dan berempati/berbelarasa, bisa dan biasa berbagi dengan sukarela pada sesama terlebih yang kecil dan tersingkir, lewat doa-ucapan dan karya nyata. 

4.yang "lemah lembut": yang hatinya tulus dan halus, tidak suka menghakimi tapi selalu belajar memahami orang lain dengan sabar dan rendah hati. 

5.yang "lapar dan haus akan kebenaran": yang selalu berjuang sepenuh hati dan merindukan keadilan/kesejahteraan bagi sesama secara utuh penuh dan teduh, yang tidak angkat tangan/cuci tangan tapi yang mau untuk turun tangan, terlibat di tengah suka duka masyarakat kendati harus menghadapi berbagai macam resiko. 

6.yang "suci hatinya": yang selalu menjaga kalbu/hati dan tidak membiarkan hatinya kotor dan rusak dinodai oleh virus kebencian dan dendam, iri+\ dan tinggi hati serta aneka ria perasaan negatif lainnya. 

7.yang "membawa damai": yang selalu siap untuk berkorban dan bersaksi demi mengupayakan perdamaian sebagai satu satunya modal dasar dengan siapapun untuk urusan apapun dan dimanapun. 

"Cari galah di Stadion Manahan -Selalu berbahagialah dalam kasih Tuhan." 

Tuhan memberkati + Bunda merestui. Fiat Lux!
(@RomoJostKokoh). 

 PIN HIK: 752D878C.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar