Ads 468x60px

Selasa 10 Juni 2014

Hari Biasa Pekan X
1 Raj 17:7-16; Mzm 4:2-3.4-5.7-8; Mat 5:13-16

"Fiat Lux -Jadilah Terang!" Inilah salah satu seruan iman yang banyak saya wartakan dalam program "HIK-Hidangan Istimewa Kristiani" yang saya gagas bersama teman-teman  OP-Omah Poenakawan. Selain berdasar pada nas alkitab di Kejadian 1:3, semangat ini berasal dari pesan ilahi hari ini bahwa kita adalah "garam dan terang dunia". Kita diajak dan dipanggil menjadi garam yang tidak tawar dan terang yang tidak pudar: "Hendaknya cahayamu bersinar di depan orang, agar mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu di surga."


Adapun 3 daya iman yang seharusnya kita perjuangkan sebagai "Garam dan Terang Dunia", antara lain:

1. "Daya guna": Seperti garam yang berguna untuk memberi rasa seperti terang yang berguna untuk memberi nuansa, kita juga diajak untuk berguna dalam hidup menggereja dan bermasyarakat dengan segala "harta" dan talenta yang kita miliki.

2. "Daya makna": Garam dan terang adalah dua kata yang kerap menjadi "simbol" dari banyak lembaga/komunitas. Garam dan terang menjadi penuh makna karena kehadiran mereka selalu memberi warna dan rasa, bisa dimaknai secara mendalam sebagai lambang dari pelbagai pesan kasih dan kemanusiaan yang mempunyai banyak pesan iman. Dengan kata lain: Kita juga diajak menjadi "tanda" yang berdaya makna bagi sesama dan semesta dengan sikap yang reflektif dan instrospektif.

3."Daya tahan": Garam itu sudi larut dan terang itu berkenan turut. Mereka selalu hadir untuk memberi, yang tawar diasinkan dan yang pudar dicerahkan. Mereka terus berbagi, meski kadang garamnya hilang karena dilarutkan dan terangnya habis karena dibagikan. Pastinya, cinta mereka adalah cinta yang tidak pilih kasih tapi yang penuh belaskasih, tulus dan lurus, sederhana tapi kaya makna, "kadal-kalem tapi dalem", tidak ber-pamrih.
"Naik taksi di kalisari - Mari bersaksi setiap hari." 
Tuhan memberkati + Bunda merestui.
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).
PIN HIK: 752D878C.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar