Ads 468x60px

Rabu 11 Juni 2014

Pw. St. Barnabas Rasul
Kis 11:21b-26;13:1-3; Mzm 98:1.2-3ab.3c-4.5-6; Mat 10:7-13  

"Barnabas - Anak Penghiburan." Inilah nama salah satu rasul yang kita kenangkan hari ini, yang seringkali disalah-artikan dengan nama "barsabas/barabas". Barnabas yang sebenarnya tidak termasuk dalam bilangan keduabelas rasul tapi bagi Gereja, dia adalah seorang rasul besar yang selalu menjadi "anak penghiburan/pengobar semangat" dengan tiga ciri dasarnya, antara lain:


1."Bersahabat": Bersama Paulus yang awalnya di-"takuti" karena pernah membunuh para murid Yesus, dia terbuka dan mengajak Paulus ikut menjadi pewarta Injil. Bersama Markus yang pernah "gagal", ia tetap merangkul dan mengajaknya bekerjasama dalam pelbagai misi. Bersama jemaat di Antiokhia, ia juga bersahabat dengan para jemaat dan di situlah murid-murid Kristus untuk pertama kalinya disebut Kristen.

2."Bersemangat": Ia penuh dengan api Roh Kudus, hati dan hidupnya tulus dan lurus bahkan ia sukarela memberikan semua harta dari hasil ladangnya untuk gereja dan para rasul. Adapun, mengacu pada sejarah gereja awal, ada 3  gereja perdana, antara lain: Yerusalem dengan Yakobus sebagai gembalanya, Efesus dengan Yohanes sebagai gembalanya dan Anthiokia dengan Barnabas sebagai gembalanya. Yerusalem hancur karena terlalu tertutup dan fanatik, Efesus hancur karena terlalu banyak intrik dan konflik. Hanya Anthiokhia yang bertumbuh karena semangat iman Barnabas mewarnai hidup jemaat.

3."Terlibat": Ia menjadi rasul yang aktif dan produktif, terlibat dalam suka dan duka jemaat. Ketika Paulus mengalami "stigmatisasi/di-cap jelek", ia menerimanya dengan sikap positif bahkan ketika akhirnya Paulus yang dulu diajaknya malahan menjadi rasul agung dan mengalahkan pamor-nya. Ketika Markus mengalami "marginalisasi-disingkirkan, ia mendampinginya dengan sikap yang produktif. Imannya membuahkan keterlibatan, tidak angkat tangan tapi selalu mau turun tangan demi kemuliaan ilahi dan kebaikan insani.

"Cari sikat di Padalarang - Jadilah berkat bagi semua orang."

Tuhan memberkati + Bunda merestui. 
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar