Ads 468x60px

Minggu 29 Juni 2014

HR. St. Petrus & St.Paulus, Rasul
Kis 12:1-11 Mzm 34:2-3.4-5.6-7.8-9 2 Tim 4:6-8.17-18 Mat 16:13-19

"Founding fathers - Para bapa pendiri." Inilah julukan yang bisa kita berikan pada St Petrus dan Paulus: "Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini akan Kudirikan GerejaKu." Pastinya, kita bisa belajar beberapa keutamaan dari kedua orang kudus ini, antara lain: 

1."Reformatio vitae - Perubahan hidup": Petrus dulunya adalah Simon, dan Paulus dulunya adalah Saulus. Mereka mengalami "perubahan", dari nelayan menjadi pelayan, dari penjala ikan menjadi penjala manusia, dari pecundang menjadi pejuang. Dengan kata lain: Mereka mengajak kita untuk lahir baru setiap harinya.

2."Imitatio Christi"- Mengikuti jejak Kristus: Mereka menjadi murid yang bergulat jatuh dan bangun dalam mengikutiNya. Mereka berdua seperti Yesus: sama-sama pernah dipenjara dan wafat sebagai martir (Yun: saksi). Petrus dan Paulus wafat pada era Kaisar Nero. Petrus wafat pada tahun 64 M dengan cara disalib kepala di bawah karena merasa tidak layak menyamai penyaliban Yesus. Jenazahnya dimakamkan di bukit Vatikan yang di kemudian hari, oleh Kaisar Konstantinus dibangun basilika Santo Petrus dengan altar utama persis di atas makamnya. Sementara itu, Paulus wafat sebagai martir pada tahun 67 M dengan cara dipenggal kepalanya. Jenazahnya dimakamkan di dalam Basilika Santo Paulus di luar tembok.

3."Illuminatio cum Deo - Pencerahan bersama Tuhan: Petrus dan Paulus sama-sama mengalami sapaan dan perjumpaan pribadi dengan Yesus. Hal inilah yang menguatkan dan mencerahkan mereka kendati harus menghadapi risiko yang besar: Petrus ditangkap dan dipenjarakan dengan terbelenggu serta dijaga ketat oleh para prajurit (Kis 12:4-6). Paulus juga pernah dipenjara-disesah-didera dan mengalami aneka derita (2 Kor 11:23-27). Satu keyakinan iman mereka karena dicerahkan Tuhan, yakni: "Cukuplah kasih karuniaKu bagimu sebab justru dalam kelemahanlah kuasaKu menjadi sempurna" (2 Kor 12:9).

"Dari Belarus ke Lebak Bulus lewat Sukabumi - Santo Petrus dan Paulus doakanlah kami."

Tuhan memberkati + Bunda merestui.
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).

PIN HIK: 752D878C.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar