Ads 468x60px

Rabu 04 Juni 2014

Pekan VII Paskah 
Novena Roh Kudus -6
Kis 20:28-38  Mzm 68:29-30.33-35a.35b.36c.Yoh 17:11b-19  

"Ora pro nobis - Doakanlah kami". Inilah salah satu judul buku yang baru saya tulis dalam dua bulan terakhir ini, terinspirasi dari kalimat jawa, "ora popo". Yang pastinya, semua orang pasti merasa bersyukur jika didoakan oleh yang lain. Mengacu pada bacaan hari ini,  Yesus-pun menengadah ke langit+ dan berdoa bagi yang lain: "Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam namaMu, yaitu nama yang telah Engkau berikan kepadaKu, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita." Seperti Yesus yang bersatu dengan Bapa, kitapun didoakan supaya kita mengalami "via unitiva", persatuan denganNya, dalam setiap suka-duka, tawa-tangis, pahit dan manis hidup harian kita. Seperti Yesus, kita diingatkan untuk melakukan beberapa hal baik secara nyata pada hari ini, antara lain:


1."Menengadah kepadaNya": Kita diajak untuk selalu mengingatNya, tidak melulu sibuk pada diri sendiri dan pada urusan/rutinitas harian yang pastinya tidak ada habisnya. Dengan kata lain: Kita diajak tidak hanya "sibuk untuk Tuhan" lewat aneka karya, tapi juga "sibuk dengan Tuhan" lewat hidup doa kita, menyerah-pasrahkan smuanya dalam penyelenggaraan ilahi dengan semangat rendah hati.

2."Menyebut namaNya": Kita diajak untuk selalu melaksanakan semua hidup doa dan karya kita dalam namaNya dengan sepenuh hati, sehingga kita diyakinkan bahwa kita tidak pernah berjalan sendirian, "alone but not lonely", kita mungkin sendirian tapi kita tidak akan pernah kesepian, karena semua yang kita buat adalah bersama dan dalam namaNya yang selalu menyertai kita.

3."Membawa banyak orang kepadaNya": Sebagaimana Yesus setia mendoakan agar Bapa memelihara kita, kita juga diajak untuk saling mendoakan dan membawa semakin banyak orang kepadaNya, terlebih yang sakit-miskin-tersingkir/menderita. Jelasnya, dimensi doa itu berpola salib, tidak hanya vertikal ke pengalaman ilahi tapi juga horisontal ke pengalaman insani.

"Dari Kalibata ke Parakan - Mari kita saling mendoakan."

Tuhan memberkati + Bunda merestui.
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh)
PIN HIK: 752D878C.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar