Ads 468x60px

Jumat 18 Juli 2014

Pekan XV
Yes 38:1-6.21-22; 7-8; Mat 12:1-8

"Donato ergo sum - Aku berbagi maka aku ada." Inilah sebuah "core value", nilai dasar kristiani yang sebenarnya harus dilandasi oleh citarasa yang ber-belaskasihan, "misericordia": "Yang kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan." Jelasnya, Ia melihat esensi/isi-bukan dekorasi/kemasannya, bukan besarnya persembahan tapi kerelaan hati. Bisa jadi, itu sebabnya Gereja Katolik tidak lagi mewajibkan umatnya untuk memberi 10% penghasilan bulanannya seperti praksis umat Perjanjian Lama (Kej 14:17-24; Ul 14:22-23; Neh 10:37-38; Im 27:32-33). Dari fenomen ini, diharapkan ada 3 semangat, antara lain:


1.Sukarela: "Hendaknya masing-masing memberi menurut kerelaan hatinya." Inilah pesan iman supaya kita ikut "membangun" Gereja, tidak dengan "sukar-rela tapi dengan sukarela, terlebih dalam "KHK/Kitab Hukum Kanonik" ditegaskan bahwa "kita wajib membantu Gereja, agar tersedia hal-hal yang perlu untuk ibadat ilahi, karya kerasulan dan amal-kasih serta sustentasi(balas jasa) bagi para pelayan" (KHK, Kanon 222 § 1+2)

2.Sukacita: "Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita (2 Kor 9:7). Ia mengajak kita menjadi orang yang memberi dengan hati riang dan ringan, tidak mengharapkan balas jasa tapi dilandasi oleh rasa syukur.

3.Suka akan Tuhan: Kita diajak untuk memberi didasari cinta pada yang ilahi, sehingga kita tulus dan tidak munafik karena: "celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang Farisi karena yang terpenting dalam hukum Taurat kamu abaikan, yaitu: keadilan dan belas kasihan (Mat 23:23). Jelaslah bahwa semangat dasar yang ditekankan bukanlah kewajiban berdasar hukum/aturan/"legalitas" tapi lebih pada semangat kasih/"karitas" kepada Allah. Tidak ada artinya sebuah persembahan, jika tidak didasari oleh nada dasar C "cinta kasih", yang merupakan hukum utama dan pertama (Mat 22:37-40).
"Dari Kediri ke Surakarta - Mari kita selalu memberi dengan sukacita."

Tuhan memberkati + Bunda merestui.
Fiat Lux (@RomoJostKokoh).

NB: Sabtu 19 Juli, "ORK-Oase Rohani Katolik", Radio Cakrawala 98.3 FM, 05.30-06.30.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar