Ads 468x60px

Sabtu 19 Juli 2014

Pekan XV
Mik 2:1-5; Mzm 10:1-2.3-4.7-8.14; Mat 12:14-21

"Cor unum et anima una - Sehati dan sejiwa." Inilah semangat ilahi yang diwartakan Yesus terlebih kepada orang "lemah": "Buluh yang patah terkulai tidak akan diputuskanNya dan sumbu yang pudar nyalanya tidak akan dipadamkanNya"(Mat 12:20-21). Yesus jelas mempunyai hati yang berbelarasa, "sehati sejiwa" dengan sesama, terlebih yang menjadi korban ketidakadilan dan kekejaman dunia yang berpola "HEM-Hedonis-Egois + Materialistis."


Sikap Yesus ini berbanding terbalik dengan sikap orang-orang Farisi yang licik dan punya banyak intrik, yang bersekongkol untuk membunuh Yesus. Bisa jadi, mereka tidak mudah sehati sejiwa karena termakan dan terbakar oleh "aura negatif": antipati dan iri hati kepada Yesus yang dianggap menjadi "saingan" mereka. Bisa jadi hati dan jiwa mereka juga tumpul terhadap orang lain karena yang mereka ajarkan tidak mereka laksanakan padahal notabene mereka adalah orang-orang terhormat/kaum yang dianggap "suci" dan ahli dalam kitab suci. Dari fenomen ini, kita belajar beberapa hal dasar, antara lain:
1."Kepekaan": Seperti perasaanNya yang peka pada orang kecil, Ia juga tahu maksud orang-orang Farisi yang bersekongkol untuk membunuhNya. Hatinya "sensual" (Lat: sensuum), bisa merasakan isi hati orang lain karena kedalaman hidup dan relasiNya dengan Bapa.

2."Ketenangan": Ia tidak terpancing untuk reaktif, untuk langsung membalas dendam/berkoar-koar dan membuat perlawanan/balasan. Ia tetap tenang dan sengaja menyingkir dulu untuk tidak larut dan ikut hanyut tapi bisa mengambil jarak dan bersikap secara lebih jernih, "clara et disctinta"-jelas dan terpilah-pilah.

3."Keberpihakan": Ia punya opsi. Imannya identik dengan keterlibatan dan keberpihakan. Ia jelas berpihak pqd orang kecil dan tersingkir: "yang patah sumbunya dan pudar nyalanya". Ia hadir untuk menjadi "sahabat" yang sehati dan sejiwa, tidak hanya klise/kata kata hampa tapi benar-benar sejati dan penuh dengan tindakan kasih yang nyata.

"Cari celana di Pasar Koja-Jadilah orang bijaksana dan bersahaja."

Tuhan memberkati + Bunda merestui.
Fiat Lux! @RomoJostKokoh.

(Pin BB HIK : 752D878C).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar