Ads 468x60px

Kamis 17 Juli 2014

Pekan XV
Yes 26:7-9.12.16-19; Mzm 102:13-14ab.15.16-18.19-21; Mat 11:28-30

"Per aspera ad astra - Dengan bekerja keras menggapai bintang-bintang." Inilah pepatah latin yang saya tulis di cover belakang buku dan slide show tentang walikota Solo dengan "Spirit Of Loving Others"-nya ("FX-Sketsa Walikota Surakarta", 2014). Hal ini mengindikasikan adanya sebuah usaha/perjuangan yang terus menerus untuk mencapai sebuah "keberhasilan". Mengacu pada bacaan injil hari ini, kitapun juga diajak "bekerja keras" supaya bisa/berhasil mencapai "bintang", yakni Yesus sendiri. Adapun tiga jalan "kerja keras" yang diwartakan Yesus, antara lain:


1."Datanglah kepadaKu": Ia mengajak kita mempunyai "daya juang" untuk selalu datang dan membawa semua pergulat-geliatan, suka-duka, tawa-tangis kita kepadaNya.

2."Pikullah kuk yang Kupasang": Ia mengajak kita mempunyai "daya tahan", tetap tegar dan bertahan uji memikul setiap kuk/beban/salib kehidupan harian kita dengan sukacita. Dengan kata lain: Kita diajak bersyukur karena boleh ikut merasakan dan mengalami misteri salibnya Tuhan.

3."Belajarlah daripadaKu": Ia mengajak kita menjadi "homo studentes", manusia pembelajar yang selalu berjuang untuk mengikuti jejak ilahi dengan dua sikap dasar, yakni lemah lembut dan rendah hati dalam setiap hidup harian kita. Selain itu, Ia mengajak kita terus belajar untuk mempunyai "daya pikat" karena selalu mau untuk terus belajar menjadi "imago dei-citra/cerminan ilahi" bagi sesama lewat setiap karya, ucapan dan doa kita setiap harinya. Sudahkah kita mempunyai "daya juang-daya tahan dan daya pikat"?

"Dari Cawang ke Pati-Mari kita trus berjuang dengan sepenuh hati."

Tuhan memberkati + Bunda merestui.
Fiat Lux! @RomoJostKokoh.

(Pin BB HIK : 752D878C).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar