Ads 468x60px

Senin 18 Agustus 2014

Pekan Biasa XX
Yeh. 24:15-24;  Mat. 19:16-22

"Totalitas - Kepenuhan!" Inilah semangat iman yang diwartakanNya pada hari ini untuk mencapai kesempurnaan dan kehidupan kekal. Pertanyaan anak muda pada Yesus: "Guru, perbuatan baik apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal" mengajak kita menjadi muridNya yang memiliki 3 fase iman, antara lain:


1."Tegak mendekati Tuhan": Ia berinisiatif mendatangi Yesus dengan penuh semangat. Hidupnya akrab dan dekat dengan Tuhan karena tahu dan merindukan kehidupan kekal.

2."Tergerak melakukan kebaikan": Karena kerinduannya itulah,  orang muda ini tergerak untuk selalu berbuat baik dalam hidupnya. Ia mentaati segala perintahNya dan menjauhi segala laranganNya.

3. Bergerak dalam kerendahan hati yang mendalam": Yesus mengajak kita melangkah lebih dalam, tidak hanya menjadi orang "baik" tapi berani menjadi org yang "sempurna", yang lepas bebas: "pergilah-juallah semua milikmu dan berikanlah itu kepada orang miskin." Ia mengajak kita untuk berani menghampakan/mengosongkan diri, menjadi rendah hati di hadapan Allah dan sesama, karena sebenarnya kehidupan kekal bukan soal prestasi karena banyak berbuat baik tapi karena semangat dasar yang total dan terarah hanya kepada yang ilahi. Tepatlah kata orang latin: "Qui vult dare parva non debet magna rogare -Orang yang hanya memberikan sedikit tidak pantas meminta banyak, bukan? Ia mengajak kita berani berangkat dari kehampaan diri menuju keselamatan abadi: dari "emptiness menuju wholeness."

"Dari Tangerang ke Sungai Sambas-Jadilah orang yang lepas bebas."

"Salam HIKers."
Tuhan memberkati + Bunda merestui.
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar