Ads 468x60px

Senin 29 September 2014

Pesta St Mikael- Gabriel- Rafael (Malaikat Agung)
Dan. 7:9-10,13-14; Why. 12:7-12a; Yoh. 1:47-51.

"Natanael - Anugerah Allah"
Inilah nama orang Israel sejati yang diantar oleh Filipus ("FIkirkan tujuan-LIbatkan iman-PUSatkan perhatian") kepada Yesus. Adapun hari ini, Yesus berkata kepada Natanael alias Bartolomeus: "Engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat Allah turun, naik kepada Anak Manusia."
Ya, hari ini kita merayakan pesta para Malaikat Agung yang juga merupakan "anugerah Allah" buat kita: Mikael, Gabriel, dan Rafael.
 

1. Mikael (Ibr: 'Siapakah yg sperti Allah"):
Ia adalah panglima perang. (Why 12:7-9)
. Ia menjadi pembela kita dalam menghadapi musuh/roh jahat. (Dan 10:13). Gereja mengakuinya sebagai pelindung & pembela Gereja dalam penganiayaan-godaan dan perpecahan.

2. Gabriel (Ibr: "Allah kemenangan/kekuatanku"):
Ia adalah pelayan & utusan Allah yang membantu kita untuk mengerti misteri & kehendak Allah. (Dan 8:16-18; 9:21-23)
. Secara khusus, ia diutus untuk membawa kabar gembira kepada Zakaria dan Maria. (Luk 1:11-20; 26-38). Dengan kata lain: Gabriel adalah pembawa warta keselamatan sekaligus memberikan penerangan ilahi sehingga terbukalah budi dan hati manusia untuk memahami dan meyakini kehendak Allah.

3. Rafael (Ibr: "Allah yg menyembuhkan"): 
Ia adalah penyembuh & teman perjalanan. (Tob 4-12)
. Gereja menghormatinya sebagai teman perjalanan hidup sekaligus tabib Allah yang diutus untuk menyembuhkan & membebaskan manusia dari perhambaan setan. Ajaran dan iman Gereja tentang Malaikat dapat dibaca dalam Ketekismus Gereja Katolik 328-336. Pastinya, bersama teladan para malaikat agung, semoga kita juga selalu bisa menjadi "anugerah Allah" untuk orang lain dengan sikap-ucapan & tindakan kita yang kudus & tulus setiap harinya.

"Gunung Agung Gunung Sahari- Para Malaikat Agung doakanlah kami setiap hari."


Salam HIKers.
Tuhan
memberkati & Bunda merestui.
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar