Ads 468x60px

Senin 13 Oktober 2014

Gal 4:22-24,26-27,31 - 5:1; Mzm 113:1-2,3-4,5a,6-7; Luk 11:29-32

"Animal symbolicum - Makhluk penuh tanda"
Inilah salah satu identitas kita sebagai manusia yang hidup dengan aneka tanda lewat hidup dengan sesama dan semesta. Ketika lulus, kita mendapat STTB - Surat TANDA Tamat Belajar,Ketika memiliki mobil/motor, kita mendapat STNK- Surat TANDA Nomor Kendaraan. Ketika berusia 17 tahun, kita mendapat KTP- Kartu TANDA Penduduk, dsbnya. Pastinya, mengacu pada bacaan hari ini dan bersama dengan peringatan penampakan Bunda Maria di Fatima, disadari bahwa hidup kita penuh dengan tanda dan Yesus mengajak kita untuk peka membaca tanda-tanda zaman. Yesus sendiri menegur orang2 yang tidak peka akan tanda-tanda: "Angkatan ini adalah angkatan yang jahat" (Luk 11:29). Disinilah, kita diajak menjadi orang beriman yang peka (Lat: "sensuum-sensual", merasakan) membaca tanda-tanda jaman dengan 3 pilar dasar, antara lain :


1. Informasi.
Kita diajak untuk rajin mencari dan menambah pengetahuan/informasi iman lewat kebiasaan berbagi sharing iman, membaca dan mendengarkan kitab suci, mendengarkan/mengikuti kegiatan lingkungan/komunitas imani.

2. Refleksi.
Kita bisa menjadi orang yang lebih peka dengan sikap hidup yang reflektif, yang selalu mengambil jarak untuk memeriksa batin dan berintrospeksi di tengah rutinitas harian.
Dkl: Kita diajak berani mengambil jarak, menjadi orang yang hidup dengan "kedalaman" di tengah dunia yang penuh dengan "kedangkalan".

3. Transformasi.
Inilah perubahan yang datang dari dalam karna adanya hubungan pribadi yang intensif dengan yang Ilahi, lewat hidup doa dan olah rohani yang mendalam.
Diharapkan adanya proses "internalisasi/pengendapan" bahwa Allah sungguh mencintai kita dan benar2 hadir/menyapa hidup kita dengan cintaNya yang tiada henti setiap hari.
Akhirnya, "TANDA" juga bisa berarti "Tempat Aku Nampakkan Damai Allah"
Semoga dengan sikap hidup yang penuh informasi-refleksi & transformasi, kita bisa berjuang menjadi angkatan yang baik, yakni orang beriman yang "sensual", yang peka merasakan hadirnya Tuhan.

"Ikan louhan ikan pari -Temukanlah Tuhan setiap hari"


Salam HIKers
Tuhan memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux!@RomoJostKokoh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar