Ads 468x60px

Minggu 25 Januari 2015

Minggu Biasa III Yun. 3:1-5,10; Mzm. 25:4bc-5ab,6-7bc,8-9; 1Kor. 7:29-31; Mrk. 1:14-20.

“Venite post me - Mari ikutlah Aku!”
Itulah pesan pokok hari ini bahwa kita dipanggil menjadi "kolaborator-mitra Allah" di tengah dunia dengan 3 pola, antara lain:

1.”See”: Yesus adalah Tuhan yang "melihat": mengenaln dan mencintai dunia. Ia benar-benar ilahi tapi juga insani. Ia sangat religius tapi juga bergaul dengan hiruk-pikuk sekitarnya sehingga menjadi semakin manusiawi dan membumi. Ia keluar masuk desa dan kota. Ia naik-turun gunung dan bukit. Secara khusus hari ini, Ia berjejak-tapak di pesisir danau: Ia berhenti lalu melihat dan menoleh kpd 4 sekawan dari Galilea: Simon-Andreas-Yakobus-Yohanes. Di tengah jerih letih dan kesibukan di “Galilea” kita, bukankah Tuhan juga kerap berhenti lalu menoleh dan menyapa kita? 

2.”Judge”:
Dengan hatiNya, Ia memutuskan untuk “merangkul” 4 sekawan: "Mari, ikutlah Aku." Dalam buku saya, "3 Bulan 5 Bintang 7 Matahari", kata Yunani untuk mengikuti “ adl “akoloutheo”: pergi/menempuh jalan yang sama. Mereka dipanggil untuk  ber-“companion” sekaligus ber-"compassion”: bersekutu hati untuk pergi, berjalan+hidup sama seperti Dia, yakni mjd mitra Allah secara nyata dalam sejarah keselamatan.

3.”Act”:
Missio est action - perutusan adl tindakan!”
Ya, setelah dilihat+disapa Yesus, mereka ”just do it”: Mereka segera pergi meninggalkan jalanya. Jala menggambarkan gaya hidup yg lama. Artinya? Kita diajak lekas keluar dari “kubangan dosa” dan hidup menjadi manusia baru setiap harinya: "berubah-berbenah dan berbuah" dengan karya nyata: lebih beriman -bersaudara dan berbelarasa. Seperti Simon yg dipanggil bersama. Andreas dan Yakobus bersama Yohanes yang juga adalah saudaranya, kita bisa mulai “berubah berbenah dan berbuah" dimulai dengan orang yang ada di dekat hidup kita bukan?

“Ikan louhan di desa Bayat - Ikuti Tuhan sampai akhir hayat.”

Salam HIKers.
Tuhan memberkati & Bunda merestui.
Fiat Lux!@RmJostKokoh


Tidak ada komentar:

Posting Komentar