Ads 468x60px

Selasa 8 September 2015

Pesta Kelahiran St. Maria 
Mi 5:2-5a; Mzm 13:6ab-6cd; Mat 1:1-16,18-23.

"MOM – Mary Our Mother”. Inilah sebuah buku terbaru saya yang merupakan bagian dari seri tetralogi “Tour de Maria”, “Totus Tuus” dan “Magificat” yang berisi aneka ria sketsa historiografi dan filosofi, semacam "tribute" kepada Bunda Maria, yang dikenangkan ultah kelahirannya pada hari ini.


Dalam KSPB (Kitab Suci Perjanjian Baru), kita memang tak menemukan kisah kelahiran Maria tapi ada tulisan lain, yang berbicara tentang kelahiran Maria, yakni: "Gospel of the Birth of Mary" dan "The Proto-Evangelium of James". Keduanya menyebut bahwa Yoakim dan Anna adalah orang yang "3T": "Tulus-Taat dan Terbuka" kepada Allah walau bertahun-tahun tidak mendapat keturunan, seperti halnya Elyakim dan Hana (orangtua Samuel) serta Zakaria dan Elisabet (orangtua Yohanes Pembaptis).

Adapun "tetralogi" semangat iman yang bisa kita petik dari "ulangtahun" Maria, antara lain:

1."U-tuhkan hidupmu": 
Seperti orangtuanya, Maria mengajak kita mengutuhkan hidup harian dengan ber-"magnificat" setiap hari: "Aku mengagungkan Tuhan dan hatiku bergembira karena Allah Juru Selamatku" (Luk 1:46-47).

2."LANG-kahkan cintamu": 
Maria mengajak kita menjadi "PAM"- Pupuk yang menyuburkan, Air yang menyegarkan dan Matahari yang menghangatkan. "PAM" ini tampak ketika Maria ber-pro aktif dan berpeduli di Kana: "Yesus, mereka kehabisan anggur" (Yoh 2:3).

3."TA-bahkan hatimu": 
Maria bukan hanya "regna/ratu" tp juga "dolorosa/yg berdukacita." Ia ajak kita tabah, tetap bersabar dlm kerahiman ilahi, "Apapun kata Yesus, lakukanlah itu" (Yoh 2:5).

4."HUN-jukkan doamu": 
Adapun, Yoakim selama 40 hari tinggal di padang gurun: “Aku tidak akan makan dan minum sampai Tuhan Allahku mengunjungi aku; doa menjadi makanan dan minumanku”(PIY 1:4). Sementara Anna melakukan seperti yang dilakukan Hana (1 Sam1: 9-19). Itulah juga yang dibuat Bunda Maria ketika menantikan Roh Kudus bersama para rasul (Kis 1:12-14), dalam bahasa populer khas Maria, "Ecce ancilla Domini - Aku ini HAMBA Tuhan" (Luk 1:38).

"Cari pita di Taman Ria - Kita bersukacita mempunyai Bunda Maria."

Salam HIKers,
Tuhan memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux!@RmJostKokoh
Pin HIK: 7EDF44CE/54E255C0.


NB:
MOM - Mary Our Mother - Maria Ibu Kita Semua.
Holy Feast "HUT" Bunda Maria.
Selasa 8 Sept 2015
18.00 - 20.00.
MAP - Misa Adorasi Prosesi Mawar.
@Gereja St Yohanes Bosco Sunter Jakarta.
Datanglah dan kamu akan melihat NYA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar