Ads 468x60px

Sabtu 28 November 2015

Pekan Biasa XXXIV
Dan 7:15-27; Mzm: Tambahan Daniel 3:82-87; Luk 21:34-36


"Agere contra - Berbuat yang sebaliknya!"
Inilah salah satu tips dalam latihan rohani ignasian, supaya kita bisa mengutamakan yang mulia dan mengalahkan kecenderungan diri yang hina. Jelasnya, kita diajak untuk total melawan kecenderungan diri yang rapuh dan jahat dengan berbuat yang sebaliknya. Hal ini mengandaikan sebuah pengorbanan dan penyangkalan diri, sebuah "mati raga" yang disadari sebagai sebuah keutamaan untuk selalu menjadi orang yang berjaga dan bersiap-siaga menantikan Tuhan.

Adapun, Yesus juga menegaskan: "Jagalah dirimu supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat. Sebab ia akan menimpa semua penduduk bumi ini. Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia."

Hari ini sendiri adalah hari terakhir sebelum kita memasuki masa Adven, yakni masa penantian kedatangan Kristus yang berinkarnasi, yang masuk (in) ke dalam daging (carne) dan tinggal di tengah-tengah kita.

Beberapa sikap yang dianjurkan, antara antara lain:

1.Ber-jaga:
Kita diajak untuk tegas dan jelas menghindar/menjauhkan diri dari "kecentilan dan kekanak-kanakan yg berlebihan," dari pesta pora-kemabukan serta gemerlap dunia yang berlebihan.

2.Ber-doa:
Kita diajak untuk "merapatkan barisan", menjaga relasi dengan yang Ilahi, ber-"intimitas cum Deo", entah doa pribadi atau bersama yang lain.

3.Ber-mati raga:
Kita diajak untuk mematikan keinginan daging dan kelekatan tak teratur pada harta benda dunia dengan sikap rela berbagi dan hidup bersahaja.

Inilah juga ajakan Tuhan yang mau menyempurnakan hidup kita dari manusia insani (ego-sentris) menjadi manusia imani (kristus-sentris), yang siap menjadi "betlehem" bagi kelahiran Tuhan di hati kita masing-masing.

"Mba Melan jualan sikat - Siapkan jalan karena Tuhan sudah dekat!"

Salam HIKers,
Tuhan memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux!@RmJostKokoh
Pin HIK: 7EDF44CE/54E255C0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar