Ads 468x60px

Kamis 03 Desember 2015


Pesta St. Fransiskus Xaverius,
Imam dan Pelindung Karya Misi
1Kor 9:16-19, 22-23; Mzm 117:1,2; Mrk 16:15-20

“Ite-Pergilah!"
Inilah salah satu ajakan Yesus pada pesta St. "FX", yang dalam bahasa St.Ignatius Loyola adalah: "Ite inflammate omnia- Pergilah kobarkan api bagi dunia."

Adapun perutusan ini mengandung 3 ajakan iman, antara lain:

1.Pergilah ke seluruh dunia - “Poreuthentes eis ton kosmon”.
Ia menegaskan bahwa Injil itu tidak tertutup/esklusif tapi terbuka, bersifat universal dan global. Keselamatan itu tidak dibatasi tapi melewati batas-batas geografis-sosiologis dan psikologis.


2.Pergilah kepada semua makhluk-“Apanta keruksate to euangelion pase te ktisei!”
Dalam Mat 28:19, dikatakan bahwa Kristus memerintahkan kepada kita untuk menjadikan semua makhluk, dalam hal ini segala bangsa/"panta ethne" (negro, indian, asia, eropa dll) menjadi sasaran berita Injil.

Jelasnya, kabar keselamatan itu seluas keselamatan itu sendiri, terbuka tidak hanya pada sesama yang sama tapi juga sesama yang tidak sama, yang beda agama dan budaya, bahkan juga terbuka terhadap semesta dengan segala flora fauna.

Disini, juga ada kata perintah "keruksate (memproklamasikan/memberitakan). Inilah sebuah kata yang bernada kemenangan, karenanya Kristus-lah yang sebenarnya menjadi inti pusat dari berita Injil, berpindah dari pola lama "egosentris" ke pola baru "kristussentris."


3.Pergilah dengan membawa tanda-tanda.
"Semeion" (tanda/cap) menjadi bukti bahwa berita Injil itu benar, bahwa Allah pasti mengaruniakan "tanda" kepada orang percaya yang mau memberitakan Injil. Tanda-tanda ini tidak akan bekerja jika tidak ada pemberitaan Injil karena ketika Injil terlebih dahulu diberitakan maka tanda-tanda ini mengikutinya: "memegang ular/tahan terhadap racun".

Inilah beberapa janji yang diberikanNya kepada kita yang menghadapi bahaya ketika melayani Kristus dan menyebarkan injil Kristus. Inilah sebuah berkat yang diberikanNya kepada kita yang siap menjadi rekan sekerjaNya.

"Abdulllah menanam Kaktus - Pergilah kamu semua diutus!"

Salam HIKers,
Tuhan memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux!@RmJostKokoh
Pin HIK: 7EDF44CE/54E255C0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar