Ads 468x60px

Aneka Ria Doa Penyerahan

Aneka Ria Doa Penyerahan
Ecce Ancilla Domini – Aku ini HAMBA Tuhan (Luk 1:38)

1.Penyerahan Kepada Maria
Santa Maria, Bunda Tuhan kami Yesus Kristus, engkaulah Ratu dunia termulia. sudilah engkau menjadi ratu kami semua. Tunjukanlah kepada kami jalan menuju kesucian dan bimbinglah kami supaya jangan tersesat.
Kuasailah budi kami, supaya kami hanya mencari yang benar.
Kuasailah kehendak kami, supaya kami hanya menginginkan yang baik.
Kuasailah hati kami, supaya kami saling mengasihi sebagi saudara.
Kuasailah diri kami masing-masing dan segenap anggota keluarga.

Kuasailah segenap warga masyarakat, segala bangsa dan pembesar-pembesar dunia.
Sudilah engkau menjadi tali pengikat mereka semua dalam persatuan yang teguh.
Kuasailah seluruh umat manusia.
Bukakanlah jalan iman bagi mereka yang belum mengenal Putramu, Yesus.
Bantulah agar segala bangsa bersatu padu, hidup rukun dan damai.
Naungilah seluruh umat manusia, lebih-lebih yang dianiaya dan dikejar-kejar.
Tabahkanlah mereka di dalam penindasan dan terangilah mereka di dalam kegelapan, agar tetap setia kepada Yesus, Puteramu.
Hantarlah semua permohonan kami kepada Putramu, sang Maharaja kerajaan damai, tempat setiap doa permohonan dikabulkan, setiap beban hati diringankan dan segala kelemahan disembuhkan.
Semoga orang yang mengenal kekuasaan-Nya dan menaruh harapan pada-Nya. sekali waktu melihat kemegahan kerajaan Putramu, yang bersama Bapa dan Roh Kudus hidup dan berkuasa, kini dan sepanjang masa. Amin

2.Penyerahan Keluarga Kepada Maria
Maria, Bundaku, kami datang ke hadapanmu seraya mengungkapkan cinta kami yang utuh, dan ingin memperbarui lagi persembahan diri kami dan segenap hidup kami kepadamu. Kami senantiasa bersyukur sebab lewat perantaraanmu, kami boleh menerima undangan Putramu untuk menjadi mempelai-Nya dan hidup dalam persekutuan cinta denganmu. Kami bersyukur pula atas segala sesuatu yang sudi Engkau lakukan bagi kami dalam memelihara dan membimbing hidup kami.
Kami mohon perlindunganmu agar kami mampu bertumbuh dalam cinta akan dikau dan Putramu. Bantulah kami juga dalam melaksanakan karya-karya yang dipercayakan kepada kami oleh Putramu, sebab tanpa dikau kami tidak sanggup mewartakan kabar gembira, kabar cinta kasih kepada mereka yang menerimanya. Terangilah kami dalam kecemasan, bantulah dan semangatilah kami bila kami putus asa. Akhirnya, ya Bunda yang tercinta, dampingilah kami dalam ziarah hidup ini, agar kelak kami dapat menikmati kegembiraan yang besar, yaitu boleh memandang dikau dan Putramu serta Bapa Surgawi. Amin.

3.Doa Penyerahan Legioner kepada Maria
Ya, Roh Maha Kudus, hamba..................................., Berhasrat pada hari ini untuk menjadi legioner Maria, Namun karena insaf bahwa hamba tak pantas mengabdikan diri, Maka hamba mohon kepada-Mu turun atas diri hamba dan memenuhi diri hamba dengan diri-Mu,
Sehingga dapatlah kiranya perbuatan hamba yang tak berarti beroleh bantuan-Mu serta manjadi alat bagi tujuan-Mu Yang Mahabesar.
Akan tetapi hamba tahu bahwa Engkau Yang telah datang untuk memperbaharui dunia dalam Yesus Kristus, Tak hendak melakukannya selain dengan perantaraan Maria, Bahwa tanpa dia kami tak dapat mengenal ataupun mencintai Dikau, Bahwa segala karunia, kebajikan serta rahmat-Mu dibagikan oleh Maria kepada siapa dia berkenan, bilamana dia berkenan dan menurut jumlah serta cara yang berkenan kepadanya.
Dan hamba juga sadar, bahwa rahasia kebaktian legioner yang sempurna, Terletak pada persatuan yang sempurna dengan dia yang demikian sempurna dipersatukan dengan Dikau.
Maka, seraya memegang panji Legio, yang telah memperlihatkan kesemuanya itu kepada hamba, Hamba berdiri di hadapan-Mu sebagai prajurit dan puteranya, Dan hambapun menyatakan menyerahkan diri sepenuhnya kepadanya. Dia adalah Bunda jiwa hamba. Hatinya dan hati hamba adalah satu. Dan dari hati yang satu itu ia mengulang kembali kata-katanya yang dahulu : “ Aku ini hamba Tuhan.”
Dan datanglah pula Engkau untuk bersama dengan dia melaksanakan perbuatan agung.
Biarlah kuasa-Mu menaungi hamba dan memasuki jiwa hamba dengan nyala api dan cintakasih. Dan mempersatukannya dengan cintakasih dan hasrat Maria untuk menyelamatkan dunia.;
Sehingga dapatlah kiranya hamba menjadi murni dalam dia, yang diciptakan Semula jadi tak bercela oleh-Mu; Sehingga dapatlah kiranya pula Kristus, tuhan hamba tumbuh dalam diri hamba dengan perantaraan-Mu; Sehingga dapatlah kiranya hamba dengan dia, Bunda Kristus, membawa-Nya kepada dunia dan kepada jiwa-jiwa yang memerlukan-Nya, Sehingga dapatlah kiranya mereka serta hamba, setelah jaya dalam perang, Ikut berkuasa dengan dia untuk selama-lamanya dalam kemuliaan Tritunggal Mahakudus.
Maka dengan keyakinan bahwa Engkau menerima hamba dan mempergunakan hamba, dan pada hari ini mengubah kelemahan hamba menjadi kekuatan, Hambapun mengambil tempat dalam barisan Legio, serta memberanikan diri untuk berjanji setia mengabdi.
Hamba sanggup dengan sepenuh hati tunduk pada disiplin Legio, Yang memadukan hamba dengan teman-teman seperjuangan hamba; Yang membentuk kami menjadi suatu balatentara; Yang mengatur langkah kami tengah kami berbaris bersama Maria, Untuk melaksanakan kehendak-Mu, Untuk menyelenggarakan mukjizat rahmat-Mu, Yang akan memperbaharui muka bumi, Serta memperkokoh kerajaan-Mu diatas segalanya, ya Roh mahakudus, Demi nama Bapa, Putera dan Roh Kudus, Amin.

4.Doa Penyerahan kepada Bunda Maria Pertolongan Orang Kristen
Bunda Perawan Suci, Bunda Sabda yang Menjelma, dan Bunda kami.
Engkau dihormati di Gua Maria Sheshan dengan gelar "Penolong Orang Kristiani".
Kami datang kepadamu untuk memohon perlindungan.
Pandanglah umat Allah dan dengan kasih keibuan,
tuntunlah mereka sepanjang jalan kebenaran dan cinta,
sehingga mereka boleh menjadi pembawa kehidupan bersama yang rukun dan damai dengan semua warga dunia. Amin.

5.Doa Persembahan St. Louis-Marie Grignion de Montfort
Cahaya imanmu, Maria, mengusir kegelapan jiwaku; kerendahan hatimu melawan keangkuhanku; kekuatan doamu menahan pelanturan budiku; kemuliaanmu di surga meningkatkan cita-citaku; kebajikanmu menutupi dosa-dosaku; keindahanmu mengantar aku kepada Bapa, Putra dan Roh Kudus. Amin.

6.Doa Persembahan kepada Hati Ibu Maria Yang Tak Bernoda
Perawan Fatima, Bunda yang penuh belas kasih, Ratu surga dan bumi, Perlindungan orang berdosa, kami yang bergabung dalam Gerakan Imam Maria mempersembahkan diri secara khusus kepada Hatimu Yang Tak Bernoda.
Dengan Doa Persembahan ini, kami bermaksud untuk hidup bersamamu dan melalui dikau, melakukan kewajiban yang kami terima dari Janji Pembaptisan kami. Selanjutnya kami berjanji untuk sungguh mengusahakan pertobatan batin yang amat dituntut oleh Injil, suatu pertobatan yang akan membebaskan kami dari setiap keterlibatan diri dan mudahnya berkompromi dengan dunia, hingga, seperti engkau, kami hanya bersedia melakukan kehendak Bapa.
Kepadamu, kami ingin memasrahkan hidup Kristiani dan panggilan kami, dengan demikian engkau dapat menggunakan diri kami, dalam rangka penyelamatan, pada saat-saat yang menentukan bagi dunia, sekarang ini.
Kami berjanji akan hidup menurut yang engkau inginkan, terutama yang berkenaan dengan pembaharuan kehidupan doa dan silih kami, terlibat secara sungguh dalam Perayaan Ekaristi dan kerasulan, berdoa Rosario setiap hari dan sikap hidup yang cermat, sesuai dengan Injil, yang bagi semua orang merupakan contoh ketaatan terhadap hukum Allah dan penghayatan keutamaan Kristiani, terutama dalam hal kemurnian.
Kami berjanji kepadamu, untuk bersatu dengan Bapa Suci, tata pimpinan Gereja dan iman kami dan dengan demikian membangun benteng terhadap usaha penolakan akan wewenang mengajar, yang mengancam dasar Gereja yang paling hakiki.
Di bawah perlindunganmu, kami ingin menjadi rasul dalam kesatuan doa yang amat diperlukan ini dan demi cinta kepada Bapa Suci. Bagi beliau, kami memohonkan perlindungan yang khusus.
Akhirnya, kami berjanji untuk membawa sebanyak mungkin, jiwa yang kami jumpai dan kenal, supaya memperbaharui pengabdian kepadamu.
Kami prihatin akan ateisme yang telah menyebabkan kehancuran iman sejumlah besar umat beriman, penodaan telah mencemari bait Allah yang suci, gelombang kejahatan dan dosa makin menyebar luas di seluruh dunia. Dengan penuh kepercayaan, kami berpaling kepadamu, ya Bunda Kristus, Tuhan dan Allah kami dan Bunda kami yang kuasa dan berbelas kasih. Pada hari ini, kami kembali memohon dan menanti darimu, penyelamatan bagi semua anakmu, ya Perawan Maria yang baik dan penuh kasih. Amin.

7.Doa Penyerahan kepada Hati Tak Bernoda Bunda Maria
Ya Bundaku Maria, Ratu dunia, sebagaimana Bapa Suci telah mempersembahkan seluruh dunia kepada hatimu yang tak bercela, aku juga menyerahkan dan membaktikan diriku seutuhnya kepada hatimu yang termurni.
Aku mempersembahkan kepadamu, sekarang dan selamanya, badan dan jiwaku, segala yang ada padaku, apa yang dapat kuperbuat dan sanggup kuperbuat.
Ya hati Maria yang penuh cinta, engkau sanggup memberikan penyilihan kepada Allah, jauh melebihi apa yang dapat dilakukan oleh semua makhluk lainnya. Ya hati yang penuh kerahiman, hatimu penuh dengan perasaan turut menderita dengan anak-anakmu yang malang.
Ya hati Bunda Allah, Puteramu tak dapat menolakmu. Ya hati bundaku, engkau tak dapat menolak permohonanku. Jadilah pembela kami dan lindungilah kami dari segala bahaya yang mengancam kami. Penderitaan kami sangat hebat, tetapi belas kasihanmu jauh lebih besar.
Sebagai tanda terima kasih untuk segala kebaikanmu, aku berjanji untuk selanjutnya hidup sesuai dengan penyerahan diriku kepada hatimu yang tersuci. Untuk masa-masa yang akan datang, akan kupergunakan badan dan jiwaku, milikku serta segala usahaku hanya untuk kepentinganmu dan kepentingan Yesus.
Dengan sekuat tenaga, aku akan berusaha meluaskan penghormatan kepada hatimu yang tak bercela di sekitarku, dan dengan demikian, melalui pemerintahanmu yang lemah lembut di seluruh dunia, akan datanglah kerajaan Hati Yesus, Puteramu. Amin.

8.Doa Penyilihan kepada Hati Tak Bernoda Bunda Maria
Hati tak bernoda Maria, dengan rendah hati kami berlutut di hadapanmu, untuk menyilih segala dosa, yang telah melukai Hati Yesus yang patut disembah, dengan demikian juga menyakitkan dan menyusahkan hatimu.
Maafkanlah semua orang yang telah berdosa kepadamu, yang menghojat dan mengkhianati dikau. Maafkanlah atas segala sikap kami yang acuh tak acuh, dingin, dan tak tahu terima kasih yang menjadi kesalahan kami.
Ya hati yang tak bernoda Maria, karena kami telah menyakitkan hatimu dengan dosa-dosa kami, yang telah ditebus Yesus dengan darah-Nya, maka sekarang kami ingin menghibur hatimu dengan cinta yang bernyala-nyala terhadap Puteramu yang ilahi, dengan kesetiaan kami dalam karya-karya-Nya, dengan cinta kami akan jiwa-jiwa dan dengan belas kasihan; dengan demikian kami ingin menyilih segala dosa kami dan dosa orang-orang lain. Dalam semangat tobat, kami ingin memperbaiki diri dan menanggung segala penderitaan yang dikirim oleh Allah kepada kami.
Hati yang tersuci Bunda kami, kami ingin mewartakan keagungan dan keistimewaan yang tiada taranya, kami ingin bersyukur kepadamu karena segala kebaikan yang telah kauberikan kepada kami anakmu.
Jadilah penasehat kami, pelabuhan yang aman dan bantuan dalam segala kesulitan hidup, terutama pada saat ajal kami. Maka, sesudah menghormatimu di dunia ini, kami dapat dipersatukan dengan dikau, dan bersama dikau mencintai dan memuliakan Allah, sepanjang segala masa. Amin.
===

Salam HIKers,
Tuhan memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux - Be the Light -
Jadilah Terang!
(Gen 1:3)


NB:

1.Salve Regina
Salve, Regina, Mater misericordiae! Vita, Dulcedo, et Spes nostra! salve. Ad te clamamus, exsules filii Evae. Ad te suspiramus, gementes et flentes in hac lacrymarum valle. Eia ergo, Advocata nostra! illos tuos misericordes oculos ad nos converte. Et Jesum, benedictum Fructum ventris tui, nobis post hoc exsilium ostende, o clemens, o pia, o dulcis Virgo Maria!

Salam, ya Ratu, ya Bunda Kerahiman! Salam hidup kami, penghiburan kami, dan pengharapan kami. Kami, anak-anak buangan Hawa, berseru kepadamu. Kepadamu kami menyampaikan keluh-kesah, rintihan, dan tangisan kami di lembah airmata ini. Mari, sudilah datang, ya pembela kami, dan pandanglah kami dengan mata belas kasihanmu. Dan sesudah pembuangan kami ini, tunjukkanlah kepada kami Yesus, buah tubuhmu; ya Perawan Maria yang rahim, penuh belas kasihan dan manis.


2.Kidung Maria
Aku mengagungkan Tuhan
hatiku bersukaria karena Allah Penyelamatku.
Sebab Ia memperhatikan daku,
hamba-Nya yang hina ini.
Mulai sekarang aku disebut yang bahagia,
oleh sekalian bangsa.
Sebab perbuatan besar dikerjakan bagiku oleh Yang Mahakuasa,
kuduskanlah nama-Nya.
Perkasalah perbuatan tangan-Nya,
dicerai-beraikan-Nya orang yang angkuh hatinya.
Orang yang berkuasa diturunkan-Nya dari takhta,
yang hina dina diangkat-Nya.
Orang lapar dikenyangkan-Nya dengan kebaikan,
orang kaya diusir-Nya pergi dengan tangan kosong.
Menurut janji-Nya kepada leluhur kita,
Allah telah menolong Israel hamba-Nya.
Demi kasih sayang-Nya kepada Abraham serta keturunannya,
untuk selama-lamanya.
Kemuliaan ...

3.Litani Jiwa Maria
Jiwa Maria, sucikanlah aku.
Hati Maria, nyalakanlah aku.
Tangan Maria, sanggahlah aku.
Kaki Maria, pimpinlah aku.
Bibir Maria, berkatalah padaku.
Duka cita Maria, kuatkanlah aku.
O Maria yang manis, dengarkanlah aku.
Janganlah mengizinkan aku terpisah darimu.
Terhadap musuh-musuhku, belalah aku.
Tuntunlah aku kepada Yesus yang manis. Semoga bersama dikau, aku dapat mencintai dan mengasihi sesamaku, dan memujimu untuk selama-lamanya. Amin

4.Litani Bunda Maria
Tuhan kasihanilah kami
Tuhan kasihanilah kami
Kristus kasihanilah kami
Kristus kasihanilah kami
Tuhan kasihanilah kami; Kristus dengarkanlah kami
Kristus kabulkanlah doa kami
Allah Bapa di surga, kasihanilah kami.
Allah Putra Penebus dunia,
Allah Roh Kudus,
Allah Tritunggal Mahakudus, Tuhan Yang Maha Esa,
Santa Maria, terpujilah engkau ya Bunda
Engkau pendoa kami di surga,
Engkau penuh rahmat,
Tuhan selalu besertamu,
Engkau terpuji di antara wanita,
Engkau Bunda penebus dan Bunda kami,
Engkau percaya penuh pada kehendak Allah,
Engkau perawan yang tetap murni,
Engkau mengikuti Yesus di jalan salib-Nya,
Engkau diangkat ke surga,
Engkau dimuliakan Allah,
Engkau dimuliakan dari abad ke abad,
Engkau ratu para rasul,
Engkau ratu para malaikat dan orang kudus,
Engkau ratu yang sungguh merakyat,
Engkau telah mematahkan kekuasaan setan,
Engkau tidak menghukum kesalahan kami,
Engkau selalu memberi dengan murah hati,
Engkau selalu mengabulkan permohonan kami,
Engkau selalu menyemangati yang kecil hati,
Engkau penghibur orang yang sakit,
Engkau sumber segala rahmat, dengarkanlah kami ya Bunda.
Engkau harapan para pendosa,
Engkau pelindung Gereja dari bahaya,
Engkau memahami kelemahan kami,
Engkau mendamaikan yang bermusuhan,
Persatukanlah yang tercerai berai,
Hatimu tergerak oleh derita kami,
Hatimu tergerak oleh derita kami,
Hatimu gelisah bila kami dalam godaan,
Hatimu menangis bila kami bersalah,
Hatimu cemas bila kami kurang berani,
Hatimu sedih bila kami kurang cinta,
Hatimu iba bila kami tidak bercita-cita,
Bila kami tak sanggup melaksanakan kehendak Allah,
Bila kami dibebani rasa bersalah,
Kuatkanlah mereka yang lemah imannya,
Kasihanilah mereka yang putus asa,
Nasihatilah mereka yang mengalami kegagalan,
Jagalah mereka yang ada dalam ancaman dosa,
Tunjukanlah jalan kepada yang tersesat,
Lunakanlah hati yang tidak bisa mengampuni,
Dampingilah mereka yang harus berjuang tanpa teman,
Dengarkanklah ratapan mereka yang menangis,
Segarkanlah mereka yang lapar dan haus,
Sadarkanlah kami bila terlena dalam kesenangan,
Bukalah hati kami bagi penderitaan sesama,
Nyalakanlah cinta sejati dalam hati kami,
Kuatkanlah kami dalam menjadi saksi Kristus,
Dampingilah kami pada saat mati,
Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia,
sayangilah kami, ya Tuhan.
Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia,
kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.
Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia,
kasihanilah kami.
Marilah berdoa:
Allah yang Mahakuasa dan Maharahim, dalam diri Perawan Maria, Engkau telah memberi rakyat-Mu pelindung yang setia. Berilah agar dengan perlindungannya kami dapat melanjutkan perjuangan yang baik di dalam hidup ini dan mengamalkan cinta kasih-Mu. Demi Kristus, Tuhan dan Pengantara kami. Amin

5.Madah – Ofisi Singkat SP Maria I
“Putra Bapa Mahatinggi, lahir dari Perawan Suci
Sebagai Juruselamat yang mengaruniakan rahmat
Kristus kebanggaan Bunda, harapan kita semua
Ia datang dari surga, membawa damai yang nyata
Marilah bersukaria, atas penyelamatan kita
Yang menjadi manusia, untuk menebus umatNya
Mulialah senantiasa, Yesus Putra tunggal Bapa
Yang dilahirkan Maria, berkat kuasa Roh Kudus.”

6.Madah – Ofisi Singkat SP Maria II
“Maria Bunda tercinta, dengarkanlah kami semua
Yang bermohon dan berdoa, dengan hati yang percaya
Bila ditimpa bencana, terancam bahaya dosa
Kami mohon perlindungan, agar setia pada Tuhan
Bila senja hidup tiba, dan kami dipanggil Bapa
Kami mohon pertolongan, agar tekun dalam iman
Dimuliakan Bapa bersama Putra dan Roh-Nya
Yang melimpahkan karunia kepada Bunda Maria.”

7.Ofisi Singkat SP Maria III
“Salam, ya Ratu surgawi
Salam, Bunda Putra Ilahi
Darimulah hidup kami
Memperoleh terang suci
Bersukalah, ya Maria
Bunda yang paling jelita
Hiduplah, Bunda mulia
Doakanlah kami semua.”

8.Alma Redemptoris Mater
Bunda, yang berbelas kasih engkau melahirkan
Penyelamat. Pelindung kami, kami mohon restu agar slamat senantiasa,
berkat doa-mu di hadapan Yesus. Puteramu yg tercinta.
Kuatkanlah kami yg lemah dengan iman, harapan dan kasih sejati,
ya Maria bunda kami . Amin.

9.Doa Rantai Emas
Ya Bunda Allah yang suci, dengan rantai emas ini, kami mengikatkan saudara-saudari kami dan para imammu kepada Hatimu yang Tak Bernoda dan kepada Hati Maha Kudus Yesus, Tuhan dan Penyelamat kami, yang membara karena cinta kepada kami di dalam Sakramen Ekaristi. Amin.

10.SYAHADAT KERENDAHAN HATI MARIA
“Berbuatlah kebaikan
tanpa banyak bicara!
Cintailah Tuhan dan sesama
Tanpa banyak bicara!
Kerjakan tugasmu
Tanpa banyak bicara!
Terimalah kehendak Allah
Tanpa banyak bicara!
Bahagialah bersama orang lain
Tanpa banyak bicara!
Tutupilah kesalahan orang lain
Tanpa banyak bicara!
Berdamba dan bercita-citalah
Tanpa banyak bicara!
Peluklah salib Yesus
Tanpa banyak bicara!
Berkorban dan serahkan dirimu
Tanpa banyak bicara!
Tataplah surga
Tanpa banyak bicara!
Tataplah keutamaan
Tanpa banyak bicara!
Bertahanlah sampai mati
Tanpa banyak bicara!”
Kita mohon anugerah kebijaksanaan,
kebijaksanaan pun berkenan bertahta di hati kita.
Sebagaimana nampak dalam peristiwa di Kana.
Bertindak secara bijaksana, akan menampakkan
Kebijaksanaan Allah. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar