Ads 468x60px

Rosario: Aneka Versi dan Dimensi

O sancta simplicitas - O kesederhanaan yang kudus!
Rosario: Aneka Versi dan Dimensi
Doa Sebelum Rosario
Ibu Yang penuh rahmat, datanglah dan tinggallah bersama kami. Keluarga surgawi yang suci dan mulia, marilah berdoa bersama kami dan persembahkanlah seluruh rosario yang sudah dan yang akan didoakan, kepada Allah Bapa, demi martabat umat manusia. Biarlah kekuatannya menaklukkan kebencian dan dosa, mengisi dunia dengan kedamaian dan kerukunan; hancurkanlah kepala setan, yang sedang menanti dengan diam. Allah Bapa Yang Maha Kuasa telah menjanjikan hal ini akan terjadi. Tuhan, tolonglah agar rosario kami yang tak berarti ini, menambahkan kekuatan untuk bersatu, hingga kuasa dari devosi kepada rosario Bunda Maria tersebar luas di seluruh dunia dan kehendak Allah akan terjadi di bumi seperti di surga. Atas berkat yang Kau berikan ini, kami mengucap banyak terimakasih. Amin.
1.Rosario Bagi Jiwa-Jiwa Malang di Api Penyucian
Pada 1 butir manik-manik doakanlah :
"Ya jiwa-jiwa yang malang, bawalah api kasih Allah ke dalam jiwaku untuk menampakkan Yesus tersalib dalam diriku, lebih baik di dunia ini daripada nanti di api penyucian"
Pada 10 butir manik-manik doakanlah :
"Tuhan Yesus yang tersalib, kasihanilah jiwa-jiwa di api penyucian"
Pada akhirnya doakanlah :
3x Kemuliaan...

2.Rosario Pembebasan
Tanda Salib
Aku Percaya
Salam Putri Allah Bapa, Salam Maria……
Salam Bunda Allah Putra, Salam Maria…..
Salam Mempelai Allah Roh Kudus, Salam Maria….
Kemuliaan
Peristiwa Mulia 1 (Yesus bangkit dari antara orang mati)
“Jika Yesus membebaskan aku, aku akan sungguh-sungguh bebas!” (1 kali)
“Yesus, Kasihanilah aku!, Yesus, Sembuhkanlah aku!, Yesus, Selamatkanlah aku!, Yesus, Bebaskanlah aku!” (10 kali)
Kemuliaan...
Peristiwa Mulia 2 (Yesus naik ke Surga)
“Jika Yesus membebaskan aku, aku akan sungguh-sungguh bebas!” (1 kali)
“Yesus, Kasihanilah aku!, Yesus, Sembuhkanlah aku!, Yesus, Selamatkanlah aku!, Yesus, Bebaskanlah aku!” (10 kali)
Kemuliaan....
Peristiwa Mulia 3 (Roh Kudus turun atas para Rasul)
“Jika Yesus membebaskan aku, aku akan sungguh-sungguh bebas!” (1 kali)
“Yesus, Kasihanilah aku!, Yesus, Sembuhkanlah aku!, Yesus, Selamatkanlah aku!, Yesus, Bebaskanlah aku!” (10 kali)
Kemuliaan....
Peristiwa Mulia 4 (Maria diangkat ke Surga)
“Jika Yesus membebaskan aku, aku akan sungguh-sungguh bebas!” (1 kali)
“Yesus, Kasihanilah aku!, Yesus, Sembuhkanlah aku!, Yesus, Selamatkanlah aku!, Yesus, Bebaskanlah aku!” (10 kali)
Kemuliaan....
Peristiwa Mulia 5 (Maria dimahkotai di Surga)
“Jika Yesus membebaskan aku, aku akan sungguh-sungguh bebas!” (1 kali)
“Yesus, Kasihanilah aku!, Yesus, Sembuhkanlah aku!, Yesus, Selamatkanlah aku!, Yesus, Bebaskanlah aku!” (10 kali)
Kemuliaan....

Doa Salam Ya Ratu.
Salam ya Ratu, Bunda yang berbelas kasih, hidup, hiburan dan harapan kami. Keturunan Hawa merana berkeluh kesah. Yang kini memohon seraya meratap di dalam lembah derita. Berkenanlah, menjadi Pembicara kami. Dengan wajah yang menampakkan kasihan menolong kami, dan Yesus yang terpuji, buah kandunganmu, sudi pada saat ajal menuntun kami.

Sehabis doa Rosario Pembebasan, kita disarankan membuat doa Syukur:
Tuhan, Yesus, kami ingin memuji dan bersyukur kepada-MU, karena Engkau, melalui Kerahiman dan Belas Kasih-MU menciptakan doa yang penuh Kuasa ini untuk menghasilkan buah-buah Penyembuhan, Keselamatan, Pembebasan yang Ajaib dalam hidup kami, dalam keluarga kami, dan kehidupan orang-orang yang kami doakan.

Terima Kasih Yesus atas Cinta MU yang tak terbatas kepada kami.!
Allah Bapa di surga, kami mencintai Engkau dengan seluruh keyakinan seorang anak. Kami mendekatkan diri kepada MU saat ini dan berdoa agar Roh Kudus MU mengalir dalam hati kami. Bapa, agar Roh Kudus MU bisa masuk ke dalam hati kami, kami mau mengosongkan diri. Maka, di hadapan Salib Yesus Kristus, kami memperbaharui pelepasan kami yang penuh dan tanpa syarat kepada MU. Kami mohon agar semua dosa kami, diampuni dan ditempatkan, sekarang, di dalam Tubuh Yesus yang Terluka. Kami mengosongkan diri kami dari segala kemalangan, kecemasan, penderitaan, dan semua yang merampas sukacita dari kehidupan kami kepada MU, dalam Nama Tuhan Yesus.
Bapa, kami juga menaruh pada Tubuh Yesus yang tersalib semua kelemahan tubuh, jiwa dan roh kami ; kecemasan kami mengenai keluarga, dan kerja ; masalah keuangan dan perkawinan kami ; dan semua penderitaan, ketidakpastian, dan kemalangan kami.

Bapa , kami memohon Kuasa Penebusan Darah Yesus. Semoga Darah ini mengalir kepada kami sekarang untuk membersihkan dan memurnikan hati kami dari semua kejahatan.
Yesus, Kasihanilah aku.!
Yesus, Kasihanilah aku.!
Ya Bapa, kami mau mempersembahkan kepada MU segala hasrat, kelemahan, kemalangan, dan dosa kami, raga, jiwa, dan roh kami, seluruh diri kami yang ada pada kami ; iman, kehidupan, perkawinan, keluarga, kerja, keuangan, panggilan dan pelayanan Kasih MU
Penuhi kami dengan Roh MU, Tuhan .!
Penuhi kami dengan Cinta MU, dengan Kuasa MU dan dengan Kehidupan MU.!
Datanglah Roh Kudus Allah.! Datanglah dalam Nama Yesus.!
Datanglah dan hidupkanlah Sabda Allah dalam diri kami, yang diwartakan melalui Rosario Pembebasan, dan semoga menghasilkan dalam setiap hati Rahmat untuk Menyembuhkan, Menyelamatkan, dan Membebaskan, dalam Nama Yesus Kristus Tuhan kami. Amin !


3.Rosario Biasa
PERISTIWA-PERISTIWA ROSARIO
Peristiwa-peristiwa Gembira (Senin, Sabtu), khususnya selama Masa Adven dan Natal
1. Maria menerima kabar gembira dari Malaikat Gabriel (Lukas 1:26-38).
2. Maria mengunjungi Elisabet, saudarinya (Lukas 1:39-45).
3. Yesus dilahirkan di Bethlehem (Lukas 2:1-7).
4. Yesus dipersembahkan dalam Bait Allah (Lukas 2:22-40).
5. Yesus diketemukan dalam Bait Allah (Lukas 2:41-52).
Peristiwa-peristiwa Sedih (Selasa, Jumat), khususnya selama Masa Prapaskah dan tiap hari Jumat
1. Yesus berdoa kepada Bapa-Nya di surga dalam sakratul maut (Lukas 22:39-46).
2. Yesus didera (Yohanes 19:1). 3. Yesus dimahkotai duri (Yohanes 19:2-3).
4. Yesus memanggul salib-Nya (ke Gunung Kalvari) (Lukas 22:26-32).
5. Yesus wafat di salib (Lukas 23:44-49).
Peristiwa-peristiwa Mulia (Minggu, Rabu), khususnya selama Masa Paskah dan tiap hari Minggu
1. Yesus bangkit dari kematian (Lukas 21:1-12).
2. Yesus naik ke surga (Lukas 24:50-53).
3. Roh Kudus turun atas para Rasul (Kisah 2:1-13).
4. Maria diangkat ke surga (1 Korintus 15:23).
5. Maria dimahkotai di surga (Wahyu 12:1).
Peristiwa-peristiwa Terang (Kamis)
1. Yesus di baptis di sungai Yordan (Matius 3:16-17)
2. Yesus menyatakan diri-Nya dalam pesta pernikahan di Kana (Yohanes 2:11)
3. Yesus memberitakan Kerajaan Allah dan menyerukan pertobatan (Matius 4:17-23)
4. Yesus menampakan kemuliaan-Nya (Matius 17:2-5)
5. Yesus menetapkan Ekaristi (Markus 14:22-24)


TATA CARA BERDOA ROSARIO:
Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus. Amin.
Syahadat Para Rasul
Bapa Kami
Salam Putri Allah Bapa. - Salam Maria
Salam Bunda Allah Putra. - Salam Maria
Salam Mempelai Roh Kudus. - Salam Maria
Kemuliaan
Terpujilah
Setiap Peristiwa:
Bapa Kami
Salam Maria (10 kali)
Kemuliaan
Terpujilah

4.Rosario Kerahiman (KORONKA)
Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus. Amin.
Bapa Kami.
Salam Maria.
Aku Percaya.
Pada manik besar (Bapa Kami) didoakan:
Bapa yang kekal kupersembahkan kepada-Mu, Tubuh dan Darah, Jiwa dan Keilahian Putra-Mu terkasih Tuhan kami Yesus Kristus, sebagai pemulihan dosa-dosa kami dan dosa seluruh dunia.
Pada setiap sepuluhan manik kecil (Salam Maria) didoakan:
Demi sengsara Yesus yang pedih, tunjukkanlah belas kasih-Mu kepada kami dan seluruh dunia.
Allah yang Kudus, Kudus dan Berkuasa, Kudus dan Kekal, kasihanilah kami dan seluruh dunia. Amin. (3x)

Doa Sesudah Rosario
O Maria, Bunda belaskasih, lindungilah kami dari yang jahat. Ambillah kami bersamamu ketika kami mati. Ya Bunda Allah yang suci, seluruh dunia bergembira karena dari padamu, datanglah Yesus, Putera Keadilan dan Tuhan kami, telah memberi kami berkat-Nya ketika Dia membebaskan kami dari kematian abadi dan membuka jalan menuju kehidupan kekal. Amin.

Salam HIKers,
Tuhan memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux - Be the Light -
Jadilah Terang!
(Gen 1:3)

NB:

1.Doa Bersama St Perawan Maria dari Guadalupe
Bunda tercinta, kami mengasihimu.
Kami berterima kasih atas janjimu untuk menolong kami,
bila kami berada dalam kesesakan.
Kami mempercayakan diri ke dalam kasihmu
yang kuasa mengeringkan air mata dan menghibur hati kami.
Ajarilah kami menemukan damai di dalam diri Yesus Puteramu
dan berkatilah kami di sepanjang hari-hari hidup kami.
Tolonglah kami membangun sebuah bait di dalam hati kami.
Jadikanlah bait kami itu seindah bait yang telah dibangun
di atas Gunung Tepeyac bagimu.
Suatu bait penuh penyerahan, pengharapan dan cinta kasih kepada Yesus
yang terus berkembang setiap hari.
Bunda tercinta, Engkau memilih tinggal bersama kami
dengan menghadiahkan gambar dirimu sendiri yang amat ajaib dan suci
pada jubah Juan Diego.
Biarlah kami menikmati kehadiranmu yang penuh kasih itu
apabila kami memandangi wajahmu.
Berilah kami keberanian seperti Juan
untuk menyampaikan pesan pengharapanmu kepada semua orang.
Engkaulah Bunda kami dan sumber inspirasi kami.
Sudi dengarkanlah dan jawablah doa-doa kami.
Amin (3x Salam Maria).

2.Doa Bersama Bunda Maria Medali Wasiat
Ya Santa Perawan Maria yang dikandung tanpa dosa,
Bunda Tuhan kami Yesus dan Bunda kami,
dengan mengandalkan perantaraanmu yang berdaya kuasa
dan tak pernah sia-sia,
sebagaimana begitu sering terbukti melalui Medali Wasiat,
kami anak-anakmu yang terkasih dengan penuh kepercayaan memohon kepadamu untuk memperolehkan bagi kami rahmat dan pertolongan yang kami mohonkan dalam novena ini, asal bermanfaat bagi jiwa-jiwa kami yang fana,
dan jiwa-jiwa yang kami doakan.
(Sebutkan permohonan).
Engkau tahu, ya Maria, betapa sering jiwa kami menjadi sanctuarium Putramu yang benci akan dosa. Sebab itu, sudi perolehkanlah bagi kami kebencian mendalam akan dosa dan kerinduan akan kesucian hati yang akan mengikatkan kami kepada Tuhan semata sehingga setiap pikiran, perkataan dan perbuatan kami terarah demi kemuliaan-Nya yang terlebih lagi.
Perolehkanlah juga bagi kami semangat doa dan penyangkalan diri agar dengan penitensi kami dapat memulihkan kembali apa yang telah hilang akibat dosa dan pada akhirnya sampai ke tempat tinggal abadi di mana engkau adalah Ratu para malaikat dan manusia. Amin.
"O Maria, yang dikandung tanpa dosa, doakanlah kami yang berlindung padamu.” 3x

3.Doa Bersama Bunda Maria Tritunggal Mahakudus
Dengan segenap hati aku memujimu, Perawan Tersuci, melampaui segenap para malaikat dan para kudus di Firdaus, Putri Bapa yang Kekal. Aku persembahkan kepadamu jiwaku dengan segala kemampuannya.
Salam Maria…
Dengan segenap hati aku memujimu, Perawan Tersuci, melampaui segenap para malaikat dan para kudus di Firdaus, Bunda Putra Allah yang terkasih. Aku persembahkan kepadamu tubuhku dengan segala inderanya.
Salam Maria…
Dengan segenap hati aku memujimu, Perawan Tersuci, melampaui segenap para malaikat dan para kudus di Firdaus, Mempelai Roh Kudus yang terkasih. Aku persembahkan kepadamu hatiku dengan segala cinta kasihnya, dan aku mohon kepada-Mu untuk memperolehkan bagiku dari Tritunggal Mahakudus segala rahmat yang diperlukan bagi keselamatan.
Salam Maria…
“Demi Perkandunganmu yang suci dan tanpa dosa, ya Maria,
jadikan tubuhku murni dan jiwaku suci;
lindungilah aku hari ini dari dosa berat.”

4.NOVENA 3 SALAM MARIA

(1)
Bunda Maria, Perawan yang berkuasa, bagimu tak ada sesuatupun yang tidak mungkin. Justru karena kekuasaan yang dianugerahkan Allah yang Mahakuasa kepadamu, dengan sangat aku mohon pertolonganmu dalam kesulitan ini. Janganlah kiranya engkau meninggalkan aku, sebab engkau pasti dapat menolong, meski dalam perkara sulit yang tak ada harapannya sekalipun, engkau tetap menjadi perantara.
Baik keluhuran Tuhan, kehormatanmu maupun keselamatan jiwaku akan bertambah jika seandainya engkau sudi mengabulkan permohonanku ini. Karenanya, jika permohonan ini benar-benar selaras dengan kehendak Allah yang Mahakasih dan Mahakudus, sangat aku mohon, o Bunda yang kuasa dalam permohonan, sudilah kiranya Bunda meneruskan permohonanku ini ke hadirat Putramu yang pasti tidak akan menolakmu.
Pengharapanku yang besar ini berdasarkan atas kekuasaan tak terbatas yang dianugerahkan Allah Bapa kepadamu. Dan untuk menghormati kuasamu, aku berdoa bersama Santa Mechtildis yang kau beri tahu tentang latihan kebaktian "Tiga Salam Maria" yang sangat besar manfaatnya.
Salam Maria….
Perawan Suci yang disebut Tahta Kebijaksanaan, karena Hyang Bijaksana Sabda Allah tinggal padamu. Engkau yang dianugerahi pengetahuan ilahi tak terhingga oleh Putramu, sebagai makhluk paling sempurna dapat menerimanya. Engkau tahu betapa besar kesulitan yang kuhadapi, betapa besar hajatku akan pertolonganmu.
Dengan penuh kepercayaan akan tingginya kebijaksanaanmu, aku menyerahkan diri seutuhnya kepadamu, agar engkau dapat mengatur dengan segala kesanggupan dan kedermawanan budi, demi keluhuran Allah dan keselamatan jiwaku. Sudilah kiranya Bunda menolong dengan segala cara yang paling tepat untuk tercapainya maksudku itu.
O Maria, Bunda Kebijaksanaan Ilahi, sudilah Bunda berkenan mengabulkan permohonanku yang penting ini. Aku memohon berdasar atas kebijaksanaanmu yang tak ada bandingnya, yang dikurniakan Putramu, Sabda Allah, kepadamu.
Bersama dengan Santo Antonius dari Padua dan Santo Leonardus dari Porto Mauritio, pewarta yang giat tentang kebaktian "Tiga Salam Maria", aku berdoa untuk menghormati kebijaksanaanmu yang tiada taranya.
Salam Maria….
O Bunda yang baik dan lembut hati. Bunda Kerahiman sejati yang waktu akhir-akhir ini menyebut diri "Bunda yang penuh belas kasih," aku datang kepadamu, memohon dengan sangat, sudilah kiranya Bunda memperlihatkan belas-kasihmu kepadaku. Makin besar kepapaanku, makin besar pulalah belas-kasihmu kepadaku.
Aku tahu bahwa aku tak pantas mendapat karunia itu sebab kerap kali aku menyedihkan hatimu dengan menghinakan Putramu. Meski betapapun besar kesalahanku, namun aku aku sangat menyesal telah melukai Hati Kudus Yesus dan Hati Kudusmu.
Engkau telah memperkenalkan diri sebagai "Bunda Para Pendosa yang bertobat" kepada St Birgitta. Maka ampunilah kiranya segala tidak tahu terima kasihku yang sudah-sudah. Ingatlah akan keluhuran Allah saja serta kerahiman dan kebaikan hatimu yang akan terpancar dengan mengabulkan permohonan ini dengan perantaraanmu.
O Bunda Perawan yang penuh kebaikan, lemah-lembut dan manis, belum pernah engkau membiarkan mereka yang datang mohon pertolonganmu.
Atas kerahiman dan kebaikanmu, aku mengharap dengan sangat anugerah Roh Kudus untukku. Dan demi keluhuranmu, bersama Santo Alfonsus Liguori, rasul kerahimanmu serta guru kebaktian "Tiga Salam Maria" ini, aku berdoa untuk menghormat kerahiman dan kebaikanmu.
Salam Maria….

(2)
Ya Maria Immaculata, Perawan yang paling berkuasa, aku memohon kepadamu, melalui kuasa luar biasa yang engkau terima dari Bapa yang Kekal, perolehkanlah bagiku kemurnian hati, kekuatan untuk mengatasi segenap musuh jiwaku; dan anugerah khusus yang aku mohon dalam kebutuhanku sekarang ini.
(sebutkan permohonan)
Bunda Termurni! Janganlah tinggalkan aku, janganlah abaikan doaku, melainkan bermurah-hatilah mendengarkanku demi kemuliaan Allah, demi kemuliaanmu dan demi kesejahteraan jiwaku. Demi mendapatkan anugerah ini aku menghormati Kuasamu dengan mendaraskan:
Salam Maria ....
Ya Perawan Maria, Bundaku, melalui Kebijaksanaan tak terpahami yang dianugerahkan atasmu oleh Inkarnasi Sabda Allah, dengan rendah hati aku mohon kepadamu, perolehkanlah bagiku kelemah-lembutan dan kerendahan hati, pengetahuan sempurna akan kehendak Allah dan kekuatan untuk melaksanakannya selalu.
Ya Maria, Tahta Kebijaksanaan; sebagai seorang Bunda yang lembut hati bimbinglah aku di jalan Keutamaan Kristiani dan kesempurnaan; terangilah dan mampukanlah aku untuk melakukan apa yang paling berkenan bagi Putra terkasihmu, dan perolehkanlah permohonanku. Demi mendapatkan rahmat ini aku menghormati Kebijaksanaanmu dengan mendaraskan:
Salam Maria ....
Ya Bunda Kerahiman, Bunda para pendosa yang bertobat, aku berdiri di hadapanmu dalam keadaan berdosa dan malang, memohon kepadamu melalui Kasih tak terhingga yang dianugerahkan kepadamu oleh Roh Kudus atas kami pendosa yang malang, perolehkanlah bagiku tobat sejati dan sempurna atas dosa-dosaku, yang aku benci dan jijik dengan segenap hatiku, sebab aku mengasihi Allah.
Bunda yang paling rahim, sudi tolonglah aku dalam kebutuhanku sekarang ini. Sudi arahkanlah mata kerahimanmu pada kami, ya Perawan Maria yang Lemah lembut, yang Terkasih dan yang Termanis! Demi mendapatkan anugerah berharga ini aku menghormati Kasih Kerahimanmu dengan mendaraskan:
Salam Maria ...


5.Doa Bersama Bunda Sakramen Mahakudus:
Ya Perawan Maria, Bunda Sakramen Mahakudus, kemuliaan umat Kristiani, sukacita Gereja semesta, dan pengharapan dunia, doakanlah kami. Nyalakanlah dalam segenap umat beriman suatu devosi yang hidup kepada Ekaristi Mahakudus, agar mereka dijadikan layak untuk menyambut Komuni Kudus setiap hari. Bunda dari Sakramen Mahakudus, doakanlah kami

Doa Bersama Bunda Maria dari La Salette
Ingatlah, ya Santa Perawan Maria dari La Salette, Bunda Dukacita sejati, akan airmata yang engkau curahkan bagi kami di Kalvari. Ingatlah pula akan kasih sayang pemeliharaanmu agar kami tetap setia kepada Kristus, Putramu. Setelah berbuat begitu banyak bagi anak-anakmu, engkau tidaklah akan meninggalkan kami sekarang. Terhibur oleh pemikiran yang menenangkan hati ini, kami datang memohon kepadamu, kendati ketidaksetiaan dan tidak tahu terima kasih kami. Perawan Pendamai, janganlah kiranya engkau menolak doa-doa kami, melainkan jadilah perantara kami, perolehkanlah bagi kami rahmat untuk mengasihi Yesus di atas segala-galanya. Kiranya kami boleh menghibur engkau dengan mengamalkan hidup kudus dan dengan demikian boleh ikut ambil bagian dalam hidup kekal yang Kristus perolehkan bagi kami melalui salibNya.
Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar