HIK. HIDANGAN ISTIMEWA KRISTIANI.
HARAPAN IMAN KASIH.
Sabtu, 25 Agustus 2018
Hari Biasa Pekan XX
Yehezkiel (43:1-7a)
(Mzm 85:9ab-10.11-12.13-14)
Matius (23:1-12)
"Verba docent exempla trahunt - Kata kata itu mengajar tapi teladan itu menyentuh hati."
Inilah pepatah latin yang seakan mengamini pesan inti Yesus hari ini: “Lakukanlah segala sesuatu yang mereka (para ahli kitab dan orang farisi) ajarkan kepadamu tapi janganlah kamu turuti perbuatan mereka, karena mereka mengajarkan tapi tidak melakukannya.
Dengan kata lain:
Yesus membenci sikap ahli kitab dan orang farisi yang munafik (Arab: منافق, munāfiqūn, "MUlutnya pedas-Nalurinya iri-FIKirannya negatif"), yang tampak dalam beberapa ciri dasar: "bila berkata-ia berdusta; bila berjanji-ia mengingkari; bila diberikan kepercayaan-ia mengkhianati".
Nah, bersama dengan datangnya hari baru ini, kita diajak untuk meninggalkan sikap "NATO - No Action Talk Only", yang hanya sibuk mengobral janji tapi hidupnya tidak terpuji, yang selalu pandai berkata-kata tapi tidak punya cinta, yang hanya pandai berkotbah tapi tidak mau berubah.
Imbasnya: walaupun pelbagai ajaran telah dinyatakan-dibentangkan-dicanangkan dan ditaburkan, tapi kerap kehilangan daya dan makna karena yang diajarkan tidak dilaksanakan dan termakan budaya materialistis, dalam bahasa Cicero: "tak ada benteng yang demikian kuat, di mana uang tak dapat memasukinya".
Disinilah, kita butuh bahasa keteladanan dan diajak untuk menjadi dan memberi teladan kasih yang hidup karena menyitir Seneca: ‘Manusia lebih percaya pada mata mereka, daripada telinga mereka!”
Maka sebenarnya buat apa kesana kemari mengenakan jubah putih/kalung salib, lambang kesucian dan simbol pemihakan terhadap kebenaran, kalau buta dan tuli terhadap kebenaran itu sendiri?
Atas nama keimanan yang manusiawi dan kemanusiaan yang imani, kita sebagai "homo religiosus" yang mengaku beriman kristiani, semestinya selalu berani memberikan kesaksian iman yang hidup, dengan “kud”, karya, ucapan dan doa yang penuh cinta dan tidak melulu penuh kata-kata. Ego Mitto Vos - Aku sekarang mengutus kamu!
"Cari baju di Lebak Bulus - Mari maju dengan hati yang tulus."
Salam HIKers,
Tuhan memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux - Be the Light -
Jadilah Terang!
(Gen 1:3)
NB:
Allah adalah api yang menghangatkan dan menentramkan hati dan jiwa.
Jika, kita merasa dingin dalam hati; yang berasal dari si jahat, -karena roh jahat adalah dingin, panggillah Allah.
Allah akan datang menghangatkan hati kita dengan kasihNya yang sempurna, kita dan orang-orang di sekitar kita, dan dingin dari si jahat yang tak menyukai kebaikan, akan berlari jauh dari hadapan kehangatan wajah Allah.
- St. Seraphim of Sarov
--------
MADAH HARIAN PAGI
(Sabtu, 25 Agustus 2018)
Ya Allah, bersegeralah menolong aku
Ya Tuhan, perhatikanlah hambaMu
Kemuliaan...
Alleluya
O ratu kami yang mulya
Luhur tiada taranya
Engkau merangkul memangku
Tuhan Allah penciptamu.
Pintu yang ditutup Hawa
Dibuka putera bunda
Engkaupun turut berjasa
Membukakan gerbang surga.
Kami anggap tugas luhur
Untuk mengucapkan syukur
Dengan menyanyikan madah
Atas anugerah Allah.
Dimuliakanlah Bapa
Bersama Putra dan Roh-Nya
Yang melimpahkan kurnia
Kepada Bunda Maria. Amin.
DOA
Ya Tuhan Allah, kami mohon: semoga hamba-hamba-Mu ini tetap sehat jiwa raganya. Jauhkanlah kedukaan di dunia dan kurniakanlah kesukaan di surga berkat bantuan Santa Perawan Maria. Demi Yesus Kristus, Putera-Mu dan pengantara kami, yang hidup dan berkuasa bersama Engkau dalam persekutuan Roh Kudus, sepanjang segala masa. Amin.
"IHS" - "Integrity, Humility, Simplicity"
"Whoever humbles oneself will be exalted"
A.
Gospel Reading:
Matthew 23:1-12.
Then said Jesus to the crowds and to his disciples, "The scribes and the Pharisees sit on Moses' seat; so practice and observe whatever they tell you, but not what they do; for they preach, but do not practice. They bind heavy burdens, hard to bear, and lay them on men's shoulders; but they themselves will not move them with their finger. They do all their deeds to be seen by men; for they make their phylacteries broad and their fringes long, and they love the place of honor at feasts and the best seats in the synagogues, and salutations in the market places, and being called rabbi by men. But you are not to be called rabbi, for you have one teacher, and you are all brethren. And call no man your father on earth, for you have one Father, who is in heaven. Neither be called masters, for you have one master, the Christ. He who is greatest among you shall be your servant; whoever exalts himself will be humbled, and whoever humbles himself will be exalted.
B.
Meditation.
Who doesn't desire the praise and respect of others? We want others to see us at our best with all of our strengths and achievements - rather than at our worst with all of our faults and shortcomings. God sees us as we truly are - sinners and beggars always in need of his mercy, help, and guidance.
The prophet Isaiah warned both the rulers and the people of Sodom and Gomorrah to humbly listen and submit to God's teaching so they could learn to do good and to cease from evil (Isaiah 110,17). Jesus warned the scribes and Pharisees, the teachers and rulers of Israel, to teach and serve their people with humility and sincerity rather than with pride and self-promotion.
They went to great lengths to draw attention to their religious status and practices. In a way they wanted to be good models of observant Jews. "See how well we observe all the ritual rules and regulations of our religion!" In their misguided zeal for religion they sought recognition and honor for themselves rather than for God. They made the practice of their faith a burden rather than a joy for the people they were supposed to serve.
True respect for God inclines us to humble ourselves and to submit to his wisdom and guidance. We cannot be taught by God unless we first learn to listen to his word and then obey his instruction.
1.
One Father and Teacher.
Was Jesus against calling anyone a rabbi, the Jewish title for a teacher of God's word (Matthew 23:7-8), or a father? The law of Moses in Scripture specifically instructed all fathers to be teachers and instructors for their children to help them understand and obey God's instructions (Deuteronomy 6:7)? Why did Jesus rebuke the scribes and Pharisees, the religious authorities of the Jewish people, in the presence of his disciples? Jesus wanted to warn both his own disciples and the religious leaders about the temptation to seek honors and titles that draw attention to ourselves in place of God and his word. Pride tempts us to put ourselves first above others.
The Scriptures give ample warning about the danger of self-seeking pride: Pride goes before destruction, and a haughty spirit before a fall (Proverbs 16:18). God opposes the proud, but gives grace to the humble (James 4:6; Proverbs 3:24).
Origen (185-254 AD), an early Christian teacher and bible scholar, reminds those who teach and lead to remember that they are first and foremost "disciples" and "servants" who sit at the feet of their Master and Teacher the Lord
Jesus Christ:
"You have one teacher, and you are all brothers to each other...Whoever ministers with the divine word does not put himself forward to be called teacher, for he knows that when he performs well it is Christ who is within him. He should only call himself servant according to the command of Christ, saying, Whoever is greater among you, let him be the servant of all."
2.
True humility.
Respect for God and for his ways inclines us to humility and to simplicity of heart - the willing readiness to seek the one true good who is God himself. What is the nature of true humility and why should we embrace it as essential for our lives?
We can easily mistake humility as something demeaning or harmful to our sense of well-being and feeling good about ourselves. True humility is not feeling bad about yourself, or having a low opinion of yourself, or thinking of yourself as inferior to all others.
True humility frees us from preoccupation with ourselves, whereas a low self-opinion tends to focus our attention on ourselves. Humility is truth in self-understanding and truth in action. Viewing ourselves honestly, with sober judgment, means seeing ourselves the way God sees us (Psalm 139:1-4).
A humble person makes a realistic assessment of oneself without illusion or pretense to be something one is not. A truly humble person regards oneself neither smaller nor larger than one truly is. True humility frees us to be ourselves as God regards us and to avoid falling into despair and pride.
A humble person does not want to wear a mask or put on a facade in order to look good to others. Such a person is not swayed by accidentals, such as fame, reputation, success, or failure. Do you know the joy of Christ-like humility and simplicity of heart?
Humility is the queen or foundation of all the other virtues because it enables us to see and judge correctly, the way God sees. Humility helps us to be teachable so we can acquire true knowledge, wisdom, and an honest view of reality. It directs our energy, zeal, and will to give ourselves to something greater than ourselves.
Humility frees us to love and serve others willingly and selflessly, for their own sake, rather than for our own. Paul the Apostle gives us the greatest example and model of humility in the person of Jesus Christ, who emptied himself, taking the form of a servant, and... who humbled himself and became obedient unto death, even death on a cross (Philippians 2:7-8).
Do you want to be a servant as Jesus loved and served others? The Lord Jesus gives us his heart - the heart of a servant who seeks the good of others and puts their interests first in his care and concern for them.
"Lord Jesus, you became a servant for my sake to set me free from the tyranny of selfish pride and self-concern. Teach me to be humble as you are humble and to love others generously with selfless service and kindness."
C.
Psalm 50:8-9,16-17,21,23.
I do not reprove you for your sacrifices;
your burnt offerings are continually before me.
I will accept no bull from your house,
nor he-goat from your folds.
But to the wicked God says: "What right have
you to recite my statutes, or take my covenant
on your lips?
For you hate discipline, and you cast my words
behind you.
These things you have done and I have been
silent; you thought that I was one like
yourself. But now I rebuke you, and lay the
charge before you.
He who brings thanksgiving as his sacrifice
honors me; to him who orders his way aright
I will show the salvation of God!"
D.
Daily Quote from the Early Church Fathers.
"Who are the proud? Those who do not perform penance and confess their sins in order to be healed through humility. Who are the proud? Those who attribute to themselves the few good qualities they seem to possess and endeavor to diminish the mercy of God. Who are the proud? Those who, while attributing to God the good they accomplish, insult others for not performing such works and raise themselves above them."
(Augustine, Bishop of Hippo, 354-430 A.D., excerpt from Commentary on Psalm 93, 15)
E.
Doa Litani Hati Kudus Yesus:
Sebuah Sketsa Historiografi.
Paus Leo XIII menyetujui susunan Doa Litani Hati Kudus Yesus pada tahun 1899 untuk dipakai umat secara umum.
Litani ini sebenarnya adalah kumpulan dari beberapa litani lainnya yang berasal dari abad ke-17.
Pastor Croiset menyusun sebuah litani pada tahun 1691 dengan menggunakan 17 seruan yang dipakai oleh Anne Madeleine Remuzat saat dia menyusunnya pada tahun 1718 di Marseille.
Ia kemudian menambahkan 10 seruan lagi untuk Pastor Croiset, sehingga menjadi 27 seruan.
6 seruan lagi yang ditulis oleh Suster Madeleine Joly dari Dijon pada tahun 1686 ditambahkan ke dalamnya oleh Kongregasi Suci untuk Ritual ketika pemakaian Litani ini disetujui untuk dipakai secara umum pada tahun 1899.
Hingga kini, kita mengenal Litani Hati Kudus Yesus ini dengan
33 doa seruan, satu untuk setiap tahun kehidupan Yesus.
Doa Litani Hati Kudus Yesus ini memberikan indulgensi sebagian bagi yang mendaraskannya.
-------------------
LITANI HATI KUDUS YESUS
Tuhan kasihanilah kami
Tuhan kasihanilah kami
Kristus kasihanilah kami
Kristus kasihanilah kami
Tuhan kasihanilah kami
Kristus dengarkanlah kami
Kristus kabulkanlah doa kami
Allah Bapa di surga, kasihanilah kami.
Allah Putra, Penebus dunia, kasihanilah kami.
Allah Roh Kudus, kasihanilah kami.
Allah Tritunggal Mahakudus, Tuhan Yang Maha Esa, kasihanilah kami.
Hati Yesus yang Mahakudus,
kasihanilah kami.
Hati Yesus, Putra Bapa kekal,
kasihanilah kami.
Hati Yesus, yang di wujudkan oleh Roh Kudus dalam ribaan Bunda Perawan,
kasihanilah kami.
Hati Yesus, yang dipersatukan dengan Sabda Allah dalam satu wujud,
kasihanilah kami.
Hati Yesus, yang Mahamulia,
kasihanilah kami.
Hati Yesus, Bait Kudus Allah,
kasihanilah kami.
Hati Yesus, kemah Allah yang Mahatinggi,
kasihanilah kami.
Hati Yesus, Rumah Allah dan Pintu Surga,
kasihanilah kami.
Hati Yesus, Perapian Cinta Kasih yang bernyala-nyala,
kasihanilah kami.
Hati Yesus, Perbendaharaan Keadilan dan Cinta Kasih,
kasihanilah kami.
Hati Yesus, Lubuk penuh keutamaan,
kasihanilah kami.
Hati Yesus amat patut dipuji,
kasihanilah kami.
Hati Yesus, Raja dan pusat segala hati,
kasihanilah kami.
Hati Yesus, tempat semua harta kebijaksanaan dan pengetahuan,
kasihanilah kami.
Hati Yesus , tempat tinggal ke-Allahan seluruhnya,
kasihanilah kami.
Hati Yesus, yang berkenan kepada Bapa,
kasihanilah kami.
Hati Yesus, yang kaya raya dan murah hati kepada kami,
kasihanilah kami.
Hati Yesus, kerinduan bukit-bukit yang kekal,
kasihanilah kami.
Hati Yesus, yang sabar dan Mahabelas-kasih,
kasihanilah kami.
Hati Yesus, yang murah hati bagi semua orang yang berseru kepada-Mu,
kasihanilah kami.
Hati Yesus, sumber kehidupan dan kesucian,
kasihanilah kami.
Hati Yesus, kurban pelunas dosa kami,
kasihanilah kami.
Hati Yesus yang ditimpa penghinaan,
kasihanilah kami.
Hati Yesus yang hancur karena kejahatan kami,
kasihanilah kami.
Hati Yesus yang taat sampai mati,
kasihanilah kami.
Hati Yesus yang tertusuk dengan tombak,
kasihanilah kami.
Hati Yesus sumber segala penghiburan,
kasihanilah kami.
Hati Yesus kehidupan dan kebangkitan kami,
kasihanilah kami.
Hati Yesus pokok damai dan pemulihan kami,
kasihanilah kami.
Hati Yesus kurban untuk orang berdosa,
kasihanilah kami.
Hati Yesus keselamatan bagi orang yang berharap kepada-Mu,
kasihanilah kami.
Hati Yesus pengharapan orang yang meninggal dalam Engkau,
kasihanilah kami.
Hati Yesus kesukaan orang kudus,
kasihanilah kami.
Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia,
sayangilah kami, ya Tuhan.
Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia,
kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.
Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia,
kasihanilah kami.
Yesus yang lembut dan murah hati,
jadikanlah hati kami seperti hati-Mu.
Marilah berdoa
Allah yang Mahakuasa dan kekal, terimalah segala pujian dan penghapusan dosa yang dipersembahkan Hati Yesus kepada-Mu atas nama semua orang berdosa. Sudilah Engkau mengampuni dosa-dosa umat-Mu, yang memohon belas kasih-Mu dengan perantaraan Yesus Kristus, Tuhan kami, yang bersatu dengan Dikau dan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, kini dan sepanjang masa.
Amin.
-----------------
LITANI OF THE SACRED HEART OF JESUS
Lord, have mercy
Lord, have mercy.
Christ, have mercy
Christ, have mercy.
Lord, have mercy
Lord, have mercy.
Christ, hear us
Christ, graciously hear us.
God the Father of Heaven, Have mercy on us
God the Son, Redeemer of the world, Have mercy on us
God, the Holy Spirit, Have mercy on us
Holy Trinity, One God, Have mercy on us
Heart of Jesus, Son of the Eternal Father, Have mercy on us
Heart of Jesus, formed by the Holy Spirit in the womb of the Virgin Mother, Have mercy on us
Heart of Jesus, substantially united to the Word of God, Have mercy on us
Heart of Jesus, of Infinite Majesty, Have mercy on us
Heart of Jesus, Sacred Temple of God, Have mercy on us
Heart of Jesus, Tabernacle of the Most High, Have mercy on us
Heart of Jesus, House of God and Gate of Heaven, Have mercy on us
Heart of Jesus, burning furnace of charity, Have mercy on us
Heart of Jesus, abode of justice and love, Have mercy on us
Heart of Jesus, full of goodness and love, Have mercy on us
Heart of Jesus, abyss of all virtues, Have mercy on us
Heart of Jesus, most worthy of all praise, Have mercy on us
Heart of Jesus, king and center of all hearts, Have mercy on us
Heart of Jesus, in whom are all treasures of wisdom and knowledge, Have mercy on us
Heart of Jesus, in whom dwells the fullness of divinity, Have mercy on us
Heart of Jesus, in whom the Father was well pleased, Have mercy on us
Heart of Jesus, of whose fullness we have all received, Have mercy on us
Heart of Jesus, desire of the everlasting hills, Have mercy on us
Heart of Jesus, patient and most merciful, Have mercy on us
Heart of Jesus, enriching all who invoke Thee, Have mercy on us
Heart of Jesus, fountain of life and holiness, Have mercy on us
Heart of Jesus, propitiation for our sins, Have mercy on us
Heart of Jesus, loaded down with opprobrium, Have mercy on us
Heart of Jesus, bruised for our offenses, Have mercy on us
Heart of Jesus, obedient to death, Have mercy on us
Heart of Jesus, pierced with a lance, Have mercy on us
Heart of Jesus, source of all consolation, Have mercy on us
Heart of Jesus, our life and resurrection, Have mercy on us
Heart of Jesus, our peace and our reconciliation, Have mercy on us
Heart of Jesus, victim for our sins, Have mercy on us
Heart of Jesus, salvation of those who trust in Thee, Have mercy on us
Heart of Jesus, hope of those who die in Thee, Have mercy on us
Heart of Jesus, delight of all the Saints, Have mercy on us
Lamb of God, who taketh away the sins of the world, spare us, O Lord.
Lamb of God, who taketh away the sins of the world, graciously hear us, O Lord.
Lamb of God, who taketh away the sins of the world, have mercy on us, O Lord.
V. Jesus, meek and humble of heart.
R. Make our hearts like to Thine.
Let us pray;
Almighty and eternal God, look upon the Heart of Thy most beloved Son and upon the praises and satisfaction which He offers Thee in the name of sinners; and to those who implore Thy mercy, in Thy great goodness, grant forgiveness in the name of the same Jesus Christ, Thy Son, who livest and reignest with Thee forever and ever. Amen.
F.
“Exempla in terris - Teladan di tengah dunia”.
Inilah harapan Yesus bahwa kita bisa menjadi teladan iman, bukan hanya dengan kata-kata (”verbum”) tapi lebih pada tindakan nyata yang penuh kebaikan (”bonum”).
Adapun 3 ajakan Yesus sebagai Sang Teladan Utama, antara lain:
1.”TE”guhkan iman dengan kerendahan hati:
Menyitir pesan Nabi Yesaya, "Basuhlah - bersihkanlah dirimu dan jauhkanlah perbuatanmu yang jahat dari mataKu. Berhentilah berbuat jahat dan belajarlah berbuat baik”.
Yesus dengan penyalibanNya sendiri dengan tegar mau meneguhkan iman kita: Ia rela mengalami sengsara fisik-sengsara rohani -sengsara sacramental dan sengsara aktual. Inilah derita, “passio” yang meneguhkan iman kita untuk bertindak.
Jelasnya, Yesus meneguhkan iman kita karena Ia jelas hadir demi GerejaNya yang dikejar-kejar, dalam mereka yang sakit-menderita dan yang mengalami ketidakadilan.
2.”LA”yani Tuhan dengan kemurahan hati:
Jalan terbaik menjadi teladan bukan melulu dengan menjadi “leader, tapi dengan menjadi “server”: Barangsiapa mau menjadi yang terbesar hendaklah ia mau melayani yang lain.”
Kalau kita hidup untuk saling melayani bukankah Ia hadir bersama kita, mulailah dengan hal-hal kecil dan sederhana karena bukankah pohon raksasa juga mulai dengan benih kecil dan orang yang paling perkasa pada mulanya adalah seorang bayi yang lemah dan tak berdaya?
3.”DAN” jauhi kemunafikan dengan ketulusan hati:
Dalam buku saya (“TANDA’, RJK. Kanisius) ada tiga indikasi orang munafik, al:
- MUlutnya pedas,
- NAlurinya iri hati,
- FIKirannya negatif”.
Dengan kata lain:
Hidup iman dan sikap baik kita harus dibarengi dengan kemurnian hati/”intentio pura” (bukan pura-pura) bagi kemuliaan Tuhan.
Yang pasti, Tuhan memang tinggi sekali tapi Ia melihat ke bawah, ke tempat yang rendah. Sebab itu janganlah mencari gunung yang tinggi untuk bertemu Tuhan.
Bila kita meninggikan diri setinggi-tingginya, Ia akan menarik diri sejauh-jauhnya. Tapi, jika kita merendahkan diri serendah-rendahnya, Ia akan tunduk mendekati kita sedekat-dekatnya. Sudahkah kita rendah hati-murah hati dan tulus hati?
“Naik sedan di Pangkalan Jati – Jadilah teladan iman dengan sepenuh hati”.
G.
"Zi Bingfa - Seni Berperang."
Inilah salah satu judul buku karya Sun Zi, dimana dia pernah mengungkapkan:
"Sekuntum bunga sebenarnya menjadi elok berkat dukungan daun-daun yang hijau."
Daun hijau yang memiliki klorofil - sekalipun tidak seelok bunga, mempunyai fungsi vital, yakni sebagai pemasok nutrisi karbohidrat melalui proses fotosintesis dari air dan gas asam arang serta penyinaran matahari.
Disinilah, kita diingatkan untuk tidak boleh menjadi sombong dan merendahkan yg lain, seperti yang ditunjukkan oleh para ahli Taurat dan orang Farisi.
Alih-alih membuka kerajaan surga, mereka malahan menjadi batu sandungan bagi sesama.
Tentang mereka, Yesus berkata:
"Semua pekerjaan yang mereka lakukan hanya dimaksudkan untuk dilihat orang" (Mat 23:5).
Disinilah, kita diajak untuk menyatakan kehadiranNya dengan sikap tulus dan rendah hati: "Siapa saja yang terbesar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu".
Dengan kata lain:
Jika kita hidup dengan tulus dan rendah hati di hadapanNya, "isi" kita jauh lebih penting daripada "sampul" luarnya karna kita semua adalah saudara, yang setara dan se-udara di ladangnya Tuhan, sekalipun memiliki fungsi yang berbeda-beda.
Yah, entah menjadi "bunga" atau "daun hijau", kita dapat terus saling bersinergi dan mendukung orang lain untuk bersama menghasilkan "buah-buah" yang baik dengan sikap nyata penuh ketulusan dan kerendahan hati.
"Belajar kalkulus di Gunung Jati - Jadilah orang yang tulus dan rendah hati."
H.
"Via purgativa - Jalan pemurnian."
Inilah sebuah keutamaan imani yang diwartakan Yesus. Ia menasehati para muridNya untuk mendengarkan dan melakukan segala yang diajarkan para pemimpin agama, namun tak boleh meniru perbuatan mereka.
Jelasnya, mereka yang dianggap sebagai "tokoh/pemuka" ternyata bukan pemimpin tapi pemimpi, bukan pahlawan tapi pecundang, tidak otentik tapi munafik.
Adapun 3 mentalitas orang munafik yang "MUlutnya pedas, NAlurinya iri dan FIKirannya negatif", antara lain:
1."Tomat - Sekarang tobat besok kumat."
2."Dele - Esuk dele sore tempe lambe domble mencla mencle".
3. "Blangkon - Bisa kotbah tidak bisa nglakoni."
Inilah 3 identitas banyak orang yang tidak mempunyai integritas karena yang dikatakannya tidak sesuai dengan yang dilaksanakannya. Mereka melakukan kebaikan hanya demi dilihat orang namun sikap asli mereka sehari-hari sangat buruk dan menjadi batu sandungan untuk yang lainnya.
Nah, bersama dengan hari baru ini, kita diajak belajar hidup murni dengan 3 spiritualitas iman “3K”, antara lain:
1."Ketulusan/intentio pura".
Inilah sikap yang tidak ber"pura-pura", tapi penuh ketulusan dan bukan kepalsuan.
Lihatlah Yesus! Ia mengambil sikap seorang Hamba yang menderita bahkan taat sampai wafat di kayu salib (bdk. Flp 2:7-8).
2."Kerendahan hati".
Sebuah sikap yang didasari pengalaman kasih akan banyak nya rahmat Allah (gratia domini).
Dan, syukur pada Allah, karena sadar akan berlimpahnya rahmat ilahi, Gregorius (540-604) adalah paus pertama yang menggunakan secara luas sebutan “Pelayan dari Para Pelayan Tuhan” (servus servorum Dei) sebagai sebuah gelar paus, sehingga melahirkan kebiasaan baik di kepausan untuk bertindak penuh kerendahan hati: "Barangsiapa meninggikan diri, akan direndahkan, dan barangsiapa merendahkan diri, akan ditingggikan."
3."Keterbukaan".
Inilah sebuah sikap yang tidak mudah menghakimi tapi selalu berani untuk belajar memahami, yakni melihat kebaikan orang lain dengan selalu membuka diri-hati dan budi, tanpa praduga.
Indahnya, tiga spiritualitas iman “3K” ini akan lebih mudah membawa kita pada sikap penyerahan dan kepasrahan diri kepada kebijaksanaan dan bimbingan Allah, yang selalu membutuhkan pengampunan, belas kasih, pertolongan dan bimbingan Tuhan.
"Dari Lebak Bulus ke Efesus - Orang tulus disayang Tuhan Yesus."
I.
"Whoever humbles oneself will be exalted"
Who doesn't desire the praise and respect of others? We want others to see us at our best with all of our strengths and achievements - rather than at our worst with all of our faults and shortcomings. God sees us as we truly are - sinners and beggars always in need of his mercy, help, and guidance.
The prophet Isaiah warned both the rulers and the people of Sodom and Gomorrah to humbly listen and submit to God's teaching so they could learn to do good and to cease from evil (Isaiah 110,17). Jesus warned the scribes and Pharisees, the teachers and rulers of Israel, to teach and serve their people with humility and sincerity rather than with pride and self-promotion.
They went to great lengths to draw attention to their religious status and practices. In a way they wanted to be good models of observant Jews. "See how well we observe all the ritual rules and regulations of our religion!" In their misguided zeal for religion they sought recognition and honor for themselves rather than for God. They made the practice of their faith a burden rather than a joy for the people they were supposed to serve.
True respect for God inclines us to humble ourselves and to submit to his wisdom and guidance. We cannot be taught by God unless we first learn to listen to his word and then obey his instruction.
One Father and Teacher
Was Jesus against calling anyone a rabbi, the Jewish title for a teacher of God's word (Matthew 23:7-8), or a father? The law of Moses in Scripture specifically instructed all fathers to be teachers and instructors for their children to help them understand and obey God's instructions (Deuteronomy 6:7)? Why did Jesus rebuke the scribes and Pharisees, the religious authorities of the Jewish people, in the presence of his disciples? Jesus wanted to warn both his own disciples and the religious leaders about the temptation to seek honors and titles that draw attention to ourselves in place of God and his word. Pride tempts us to put ourselves first above others.
The Scriptures give ample warning about the danger of self-seeking pride: Pride goes before destruction, and a haughty spirit before a fall (Proverbs 16:18). God opposes the proud, but gives grace to the humble (James 4:6; Proverbs 3:24).
Origen (185-254 AD), an early Christian teacher and bible scholar, reminds those who teach and lead to remember that they are first and foremost "disciples" and "servants" who sit at the feet of their Master and Teacher the Lord
Jesus Christ:
"You have one teacher, and you are all brothers to each other...Whoever ministers with the divine word does not put himself forward to be called teacher, for he knows that when he performs well it is Christ who is within him. He should only call himself servant according to the command of Christ, saying, Whoever is greater among you, let him be the servant of all."
True humility
Respect for God and for his ways inclines us to humility and to simplicity of heart - the willing readiness to seek the one true good who is God himself. What is the nature of true humility and why should we embrace it as essential for our lives?
We can easily mistake humility as something demeaning or harmful to our sense of well-being and feeling good about ourselves. True humility is not feeling bad about yourself, or having a low opinion of yourself, or thinking of yourself as inferior to all others.
True humility frees us from preoccupation with ourselves, whereas a low self-opinion tends to focus our attention on ourselves. Humility is truth in self-understanding and truth in action. Viewing ourselves honestly, with sober judgment, means seeing ourselves the way God sees us (Psalm 139:1-4).
A humble person makes a realistic assessment of oneself without illusion or pretense to be something one is not. A truly humble person regards oneself neither smaller nor larger than one truly is. True humility frees us to be ourselves as God regards us and to avoid falling into despair and pride.
A humble person does not want to wear a mask or put on a facade in order to look good to others. Such a person is not swayed by accidentals, such as fame, reputation, success, or failure. Do you know the joy of Christ-like humility and simplicity of heart?
Humility is the queen or foundation of all the other virtues because it enables us to see and judge correctly, the way God sees. Humility helps us to be teachable so we can acquire true knowledge, wisdom, and an honest view of reality. It directs our energy, zeal, and will to give ourselves to something greater than ourselves.
Humility frees us to love and serve others willingly and selflessly, for their own sake, rather than for our own. Paul the Apostle gives us the greatest example and model of humility in the person of Jesus Christ, who emptied himself, taking the form of a servant, and... who humbled himself and became obedient unto death, even death on a cross (Philippians 2:7-8).
Do you want to be a servant as Jesus loved and served others? The Lord Jesus gives us his heart - the heart of a servant who seeks the good of others and puts their interests first in his care and concern for them.
"Lord Jesus, you became a servant for my sake to set me free from the tyranny of selfish pride and self-concern. Teach me to be humble as you are humble and to love others generously with selfless service and kindness."
J.
Kutipan Teks Misa:
“Harga darah Kristus lebih dari cukup untuk menebus seluruh dosa dunia.” (St. Ambrosius)
Antifon Pembuka (Yeh 43:7a)
Hai Anak manusia, inilah tempat takhta-Ku, dan inilah tempat tapak kaki-Ku. Di sinilah Aku diam di tengah-tengah umat untuk selamanya.
Doa Pembuka
Allah Bapa Mahamulia, semoga kemuliaan-Mu tinggal di antara kami dan semoga kami mengakui sabda pembebasan-Mu, melalui Yesus, Saudara kami se-Bapa, cahaya kemuliaan-Mu dan sabda cinta kasih-Mu. Sebab Dialah Tuhan, Pengantara kami, yang bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin. .
Bacaan dari Nubuat Yehezkiel (43:1-7a)
"Kemuliaan Tuhan masuk kembali ke dalam bait suci."
Sekali peristiwa aku dibawa malaikat Tuhan ke pintu gerbang Bait Suci yang menghadap ke timur. Sungguh, kemuliaan Allah Israel datang dari timur, dan terdengarlah suara seperti suara air terjun yang menderu, dan bumi bersinar karena kemuliaan-Nya. Apa yang nampak olehku itu mirip dengan apa yang dahulu kulihat, ketika Tuhan datang untuk memusnahkan Kota Yerusalem, dan mirip juga dengan apa yang kulihat di tepi Sungai Kebar. Maka aku bersujud menyembah. Sewaktu kemuliaan Tuhan masuk ke dalam Bait Suci melalui pintu gerbang timur, aku diangkat oleh Roh dan dibawa ke pelataran dalam. Sungguh, Bait Suci itu penuh kemuliaan Tuhan. Lalu, sedang orang yang mengukur bait suci berdiri di sampingku, aku mendengar Tuhan bersabda kepadaku dari dalam Bait Suci. Beginilah firman-Nya kepadaku, “Hai anak manusia, inilah tempat takhta-Ku dan inilah tempat tapak kaki-Ku. Di sinilah Aku akan tinggal di tengah-tengah orang Israel untuk selama-lamanya.”
Demikianlah sabda Tuhan.
U. Syukur kepada Allah.
Mazmur Tanggapan
Ref. Kemuliaan Tuhan tinggal di bumi kita.
Ayat. (Mzm 85:9ab-10.11-12.13-14)
1. Aku ingin mendengar apa yang hendak difirmankan Allah! Bukankah Ia hendak berbicara tentang damai? Sungguh, keselamatan dari Tuhan dekat pada orang-orang takwa, dan kemuliaan-Nya diam di negeri kita.
2. Kasih dan kesetiaan akan bertemu, keadilan dan damai sejahtera akan berpelukan. Kesetiaan akan tumbuh dari bumi, dan keadilan akan merunduk dari langit.
3. Tuhan sendiri akan memberikan kesejahteraan, dan negeri kita akan memberikan hasil. Keadilan akan berjalan di hadapan-Nya, dan damai akan menyusul di belakang-Nya.
Bait Pengantar Injil
Ref. Alelluya
Ayat. (Mat 23:9.10b)
Bapamu hanya satu, ialah yang ada di surga. Pemimpinmu hanya satu, yaitu Kristus.
Iniah Injil Yesus Kristus menurut Matius (23:1-12)
"Mereka mengajarkan, tetapi tidak melakukan."
Sekali peristiwa berkatalah Yesus kepada orang banyak dan murid-murid-Nya, “Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi telah menduduki kursi Musa. Sebab itu turutilah dan lakukanlah segala sesuatu yang mereka ajarkan kepadamu, tetapi janganlah kalian turuti perbuatan mereka, karena mereka mengajarkan, tetapi tidak melakukannya. Mereka mengikat beban-beban berat, lalu meletakkannya di atas bahu orang, tetapi mereka sendiri tidak mau menyentuhnya. Semua pekerjaan yang mereka lakukan hanya dimaksud supaya dilihat orang. Mereka memakai tali sembahyang yang lebar dan jumbai yang panjang. Mereka suka duduk di tempat terhormat dalam perjamuan dan di tempat terdepan di rumah ibadat; mereka suka menerima penghormatan di pasar dan suka dipanggil Rabi. Tetapi kalian, janganlah kalian suka disebut ‘Rabi’; karena hanya satulah Rabimu, dan kalian semua adalah saudara. Dan janganlah kalian menyebut siapa pun bapa di bumi ini, karena hanya satu Bapamu, yaitu Dia yang di surga. Janganlah pula kalian disebut pemimpin, karena hanya satu pemimpinmu, yaitu Kristus. Siapa pun yang terbesar di antaramu, hendaklah ia menjadi pelayanmu. Barangsiapa meninggikan diri, akan direndahkan, dan barangsiapa merendahkan diri, akan ditinggikan.”
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus
Renungan
Dalam bacaan injil hari ini, kita mendengar bagaimana nasehat Yesus kepada para rasul dalam menghadapi ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi yang telah menduduki kursi Musa. Yesus menasehati para murid-Nya untuk menuruti dan melakukan segala sesuatu yang mereka ajarkan, tetapi para rasul jangan turuti perbuatan-perbuatan mereka, karena mereka mengajarkannya tetapi tidak melakukannya. Yesus tahu bahwa ajaran Musa yang diajarkan ahli Taurat dan orang Farisi berasal dari Allah. Artinya apa yang diajarkan ahli Taurat dan orang Farisi itu baik, benar dan suci. Ajaran yang baik, benar dan suci itulah yang harus dipahami dan dihayati para murid Yesus termasuk kita umat Kristiani. Injil hari ini memuat peringatan Yesus kepada para pengikut-Nya supaya mereka kritis terhadap Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi. Ajaran mereka yang baik dan benar mesti dilakukan. Lagi pula mereka memiliki otoritas untuk mengajar. Akan tetapi, Yesus mengingatkan para pengikut-Nya untuk tidak mencontoh perbuatan Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi karena mereka tidak melakukan apa yang mereka ajarkan. Dengan itu, Yesus mau menandaskan betapa pentingnya keselarasan perbuatan dan perkataan agar para pengikut-Nya tidak jatuh dalam sikap munafik.
Antifon Komuni (Mat 23:9)
Janganlah kalian menyebut siapa pun bapa di bumi, karena hanya satulah Bapamu, yaitu Bapa di surga.
HARAPAN IMAN KASIH.
Sabtu, 25 Agustus 2018
Hari Biasa Pekan XX
Yehezkiel (43:1-7a)
(Mzm 85:9ab-10.11-12.13-14)
Matius (23:1-12)
"Verba docent exempla trahunt - Kata kata itu mengajar tapi teladan itu menyentuh hati."
Inilah pepatah latin yang seakan mengamini pesan inti Yesus hari ini: “Lakukanlah segala sesuatu yang mereka (para ahli kitab dan orang farisi) ajarkan kepadamu tapi janganlah kamu turuti perbuatan mereka, karena mereka mengajarkan tapi tidak melakukannya.
Dengan kata lain:
Yesus membenci sikap ahli kitab dan orang farisi yang munafik (Arab: منافق, munāfiqūn, "MUlutnya pedas-Nalurinya iri-FIKirannya negatif"), yang tampak dalam beberapa ciri dasar: "bila berkata-ia berdusta; bila berjanji-ia mengingkari; bila diberikan kepercayaan-ia mengkhianati".
Nah, bersama dengan datangnya hari baru ini, kita diajak untuk meninggalkan sikap "NATO - No Action Talk Only", yang hanya sibuk mengobral janji tapi hidupnya tidak terpuji, yang selalu pandai berkata-kata tapi tidak punya cinta, yang hanya pandai berkotbah tapi tidak mau berubah.
Imbasnya: walaupun pelbagai ajaran telah dinyatakan-dibentangkan-dicanangkan dan ditaburkan, tapi kerap kehilangan daya dan makna karena yang diajarkan tidak dilaksanakan dan termakan budaya materialistis, dalam bahasa Cicero: "tak ada benteng yang demikian kuat, di mana uang tak dapat memasukinya".
Disinilah, kita butuh bahasa keteladanan dan diajak untuk menjadi dan memberi teladan kasih yang hidup karena menyitir Seneca: ‘Manusia lebih percaya pada mata mereka, daripada telinga mereka!”
Maka sebenarnya buat apa kesana kemari mengenakan jubah putih/kalung salib, lambang kesucian dan simbol pemihakan terhadap kebenaran, kalau buta dan tuli terhadap kebenaran itu sendiri?
Atas nama keimanan yang manusiawi dan kemanusiaan yang imani, kita sebagai "homo religiosus" yang mengaku beriman kristiani, semestinya selalu berani memberikan kesaksian iman yang hidup, dengan “kud”, karya, ucapan dan doa yang penuh cinta dan tidak melulu penuh kata-kata. Ego Mitto Vos - Aku sekarang mengutus kamu!
"Cari baju di Lebak Bulus - Mari maju dengan hati yang tulus."
Salam HIKers,
Tuhan memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux - Be the Light -
Jadilah Terang!
(Gen 1:3)
NB:
Allah adalah api yang menghangatkan dan menentramkan hati dan jiwa.
Jika, kita merasa dingin dalam hati; yang berasal dari si jahat, -karena roh jahat adalah dingin, panggillah Allah.
Allah akan datang menghangatkan hati kita dengan kasihNya yang sempurna, kita dan orang-orang di sekitar kita, dan dingin dari si jahat yang tak menyukai kebaikan, akan berlari jauh dari hadapan kehangatan wajah Allah.
- St. Seraphim of Sarov
--------
MADAH HARIAN PAGI
(Sabtu, 25 Agustus 2018)
Ya Allah, bersegeralah menolong aku
Ya Tuhan, perhatikanlah hambaMu
Kemuliaan...
Alleluya
O ratu kami yang mulya
Luhur tiada taranya
Engkau merangkul memangku
Tuhan Allah penciptamu.
Pintu yang ditutup Hawa
Dibuka putera bunda
Engkaupun turut berjasa
Membukakan gerbang surga.
Kami anggap tugas luhur
Untuk mengucapkan syukur
Dengan menyanyikan madah
Atas anugerah Allah.
Dimuliakanlah Bapa
Bersama Putra dan Roh-Nya
Yang melimpahkan kurnia
Kepada Bunda Maria. Amin.
DOA
Ya Tuhan Allah, kami mohon: semoga hamba-hamba-Mu ini tetap sehat jiwa raganya. Jauhkanlah kedukaan di dunia dan kurniakanlah kesukaan di surga berkat bantuan Santa Perawan Maria. Demi Yesus Kristus, Putera-Mu dan pengantara kami, yang hidup dan berkuasa bersama Engkau dalam persekutuan Roh Kudus, sepanjang segala masa. Amin.
"IHS" - "Integrity, Humility, Simplicity"
"Whoever humbles oneself will be exalted"
A.
Gospel Reading:
Matthew 23:1-12.
Then said Jesus to the crowds and to his disciples, "The scribes and the Pharisees sit on Moses' seat; so practice and observe whatever they tell you, but not what they do; for they preach, but do not practice. They bind heavy burdens, hard to bear, and lay them on men's shoulders; but they themselves will not move them with their finger. They do all their deeds to be seen by men; for they make their phylacteries broad and their fringes long, and they love the place of honor at feasts and the best seats in the synagogues, and salutations in the market places, and being called rabbi by men. But you are not to be called rabbi, for you have one teacher, and you are all brethren. And call no man your father on earth, for you have one Father, who is in heaven. Neither be called masters, for you have one master, the Christ. He who is greatest among you shall be your servant; whoever exalts himself will be humbled, and whoever humbles himself will be exalted.
B.
Meditation.
Who doesn't desire the praise and respect of others? We want others to see us at our best with all of our strengths and achievements - rather than at our worst with all of our faults and shortcomings. God sees us as we truly are - sinners and beggars always in need of his mercy, help, and guidance.
The prophet Isaiah warned both the rulers and the people of Sodom and Gomorrah to humbly listen and submit to God's teaching so they could learn to do good and to cease from evil (Isaiah 110,17). Jesus warned the scribes and Pharisees, the teachers and rulers of Israel, to teach and serve their people with humility and sincerity rather than with pride and self-promotion.
They went to great lengths to draw attention to their religious status and practices. In a way they wanted to be good models of observant Jews. "See how well we observe all the ritual rules and regulations of our religion!" In their misguided zeal for religion they sought recognition and honor for themselves rather than for God. They made the practice of their faith a burden rather than a joy for the people they were supposed to serve.
True respect for God inclines us to humble ourselves and to submit to his wisdom and guidance. We cannot be taught by God unless we first learn to listen to his word and then obey his instruction.
1.
One Father and Teacher.
Was Jesus against calling anyone a rabbi, the Jewish title for a teacher of God's word (Matthew 23:7-8), or a father? The law of Moses in Scripture specifically instructed all fathers to be teachers and instructors for their children to help them understand and obey God's instructions (Deuteronomy 6:7)? Why did Jesus rebuke the scribes and Pharisees, the religious authorities of the Jewish people, in the presence of his disciples? Jesus wanted to warn both his own disciples and the religious leaders about the temptation to seek honors and titles that draw attention to ourselves in place of God and his word. Pride tempts us to put ourselves first above others.
The Scriptures give ample warning about the danger of self-seeking pride: Pride goes before destruction, and a haughty spirit before a fall (Proverbs 16:18). God opposes the proud, but gives grace to the humble (James 4:6; Proverbs 3:24).
Origen (185-254 AD), an early Christian teacher and bible scholar, reminds those who teach and lead to remember that they are first and foremost "disciples" and "servants" who sit at the feet of their Master and Teacher the Lord
Jesus Christ:
"You have one teacher, and you are all brothers to each other...Whoever ministers with the divine word does not put himself forward to be called teacher, for he knows that when he performs well it is Christ who is within him. He should only call himself servant according to the command of Christ, saying, Whoever is greater among you, let him be the servant of all."
2.
True humility.
Respect for God and for his ways inclines us to humility and to simplicity of heart - the willing readiness to seek the one true good who is God himself. What is the nature of true humility and why should we embrace it as essential for our lives?
We can easily mistake humility as something demeaning or harmful to our sense of well-being and feeling good about ourselves. True humility is not feeling bad about yourself, or having a low opinion of yourself, or thinking of yourself as inferior to all others.
True humility frees us from preoccupation with ourselves, whereas a low self-opinion tends to focus our attention on ourselves. Humility is truth in self-understanding and truth in action. Viewing ourselves honestly, with sober judgment, means seeing ourselves the way God sees us (Psalm 139:1-4).
A humble person makes a realistic assessment of oneself without illusion or pretense to be something one is not. A truly humble person regards oneself neither smaller nor larger than one truly is. True humility frees us to be ourselves as God regards us and to avoid falling into despair and pride.
A humble person does not want to wear a mask or put on a facade in order to look good to others. Such a person is not swayed by accidentals, such as fame, reputation, success, or failure. Do you know the joy of Christ-like humility and simplicity of heart?
Humility is the queen or foundation of all the other virtues because it enables us to see and judge correctly, the way God sees. Humility helps us to be teachable so we can acquire true knowledge, wisdom, and an honest view of reality. It directs our energy, zeal, and will to give ourselves to something greater than ourselves.
Humility frees us to love and serve others willingly and selflessly, for their own sake, rather than for our own. Paul the Apostle gives us the greatest example and model of humility in the person of Jesus Christ, who emptied himself, taking the form of a servant, and... who humbled himself and became obedient unto death, even death on a cross (Philippians 2:7-8).
Do you want to be a servant as Jesus loved and served others? The Lord Jesus gives us his heart - the heart of a servant who seeks the good of others and puts their interests first in his care and concern for them.
"Lord Jesus, you became a servant for my sake to set me free from the tyranny of selfish pride and self-concern. Teach me to be humble as you are humble and to love others generously with selfless service and kindness."
C.
Psalm 50:8-9,16-17,21,23.
I do not reprove you for your sacrifices;
your burnt offerings are continually before me.
I will accept no bull from your house,
nor he-goat from your folds.
But to the wicked God says: "What right have
you to recite my statutes, or take my covenant
on your lips?
For you hate discipline, and you cast my words
behind you.
These things you have done and I have been
silent; you thought that I was one like
yourself. But now I rebuke you, and lay the
charge before you.
He who brings thanksgiving as his sacrifice
honors me; to him who orders his way aright
I will show the salvation of God!"
D.
Daily Quote from the Early Church Fathers.
"Who are the proud? Those who do not perform penance and confess their sins in order to be healed through humility. Who are the proud? Those who attribute to themselves the few good qualities they seem to possess and endeavor to diminish the mercy of God. Who are the proud? Those who, while attributing to God the good they accomplish, insult others for not performing such works and raise themselves above them."
(Augustine, Bishop of Hippo, 354-430 A.D., excerpt from Commentary on Psalm 93, 15)
E.
Doa Litani Hati Kudus Yesus:
Sebuah Sketsa Historiografi.
Paus Leo XIII menyetujui susunan Doa Litani Hati Kudus Yesus pada tahun 1899 untuk dipakai umat secara umum.
Litani ini sebenarnya adalah kumpulan dari beberapa litani lainnya yang berasal dari abad ke-17.
Pastor Croiset menyusun sebuah litani pada tahun 1691 dengan menggunakan 17 seruan yang dipakai oleh Anne Madeleine Remuzat saat dia menyusunnya pada tahun 1718 di Marseille.
Ia kemudian menambahkan 10 seruan lagi untuk Pastor Croiset, sehingga menjadi 27 seruan.
6 seruan lagi yang ditulis oleh Suster Madeleine Joly dari Dijon pada tahun 1686 ditambahkan ke dalamnya oleh Kongregasi Suci untuk Ritual ketika pemakaian Litani ini disetujui untuk dipakai secara umum pada tahun 1899.
Hingga kini, kita mengenal Litani Hati Kudus Yesus ini dengan
33 doa seruan, satu untuk setiap tahun kehidupan Yesus.
Doa Litani Hati Kudus Yesus ini memberikan indulgensi sebagian bagi yang mendaraskannya.
-------------------
LITANI HATI KUDUS YESUS
Tuhan kasihanilah kami
Tuhan kasihanilah kami
Kristus kasihanilah kami
Kristus kasihanilah kami
Tuhan kasihanilah kami
Kristus dengarkanlah kami
Kristus kabulkanlah doa kami
Allah Bapa di surga, kasihanilah kami.
Allah Putra, Penebus dunia, kasihanilah kami.
Allah Roh Kudus, kasihanilah kami.
Allah Tritunggal Mahakudus, Tuhan Yang Maha Esa, kasihanilah kami.
Hati Yesus yang Mahakudus,
kasihanilah kami.
Hati Yesus, Putra Bapa kekal,
kasihanilah kami.
Hati Yesus, yang di wujudkan oleh Roh Kudus dalam ribaan Bunda Perawan,
kasihanilah kami.
Hati Yesus, yang dipersatukan dengan Sabda Allah dalam satu wujud,
kasihanilah kami.
Hati Yesus, yang Mahamulia,
kasihanilah kami.
Hati Yesus, Bait Kudus Allah,
kasihanilah kami.
Hati Yesus, kemah Allah yang Mahatinggi,
kasihanilah kami.
Hati Yesus, Rumah Allah dan Pintu Surga,
kasihanilah kami.
Hati Yesus, Perapian Cinta Kasih yang bernyala-nyala,
kasihanilah kami.
Hati Yesus, Perbendaharaan Keadilan dan Cinta Kasih,
kasihanilah kami.
Hati Yesus, Lubuk penuh keutamaan,
kasihanilah kami.
Hati Yesus amat patut dipuji,
kasihanilah kami.
Hati Yesus, Raja dan pusat segala hati,
kasihanilah kami.
Hati Yesus, tempat semua harta kebijaksanaan dan pengetahuan,
kasihanilah kami.
Hati Yesus , tempat tinggal ke-Allahan seluruhnya,
kasihanilah kami.
Hati Yesus, yang berkenan kepada Bapa,
kasihanilah kami.
Hati Yesus, yang kaya raya dan murah hati kepada kami,
kasihanilah kami.
Hati Yesus, kerinduan bukit-bukit yang kekal,
kasihanilah kami.
Hati Yesus, yang sabar dan Mahabelas-kasih,
kasihanilah kami.
Hati Yesus, yang murah hati bagi semua orang yang berseru kepada-Mu,
kasihanilah kami.
Hati Yesus, sumber kehidupan dan kesucian,
kasihanilah kami.
Hati Yesus, kurban pelunas dosa kami,
kasihanilah kami.
Hati Yesus yang ditimpa penghinaan,
kasihanilah kami.
Hati Yesus yang hancur karena kejahatan kami,
kasihanilah kami.
Hati Yesus yang taat sampai mati,
kasihanilah kami.
Hati Yesus yang tertusuk dengan tombak,
kasihanilah kami.
Hati Yesus sumber segala penghiburan,
kasihanilah kami.
Hati Yesus kehidupan dan kebangkitan kami,
kasihanilah kami.
Hati Yesus pokok damai dan pemulihan kami,
kasihanilah kami.
Hati Yesus kurban untuk orang berdosa,
kasihanilah kami.
Hati Yesus keselamatan bagi orang yang berharap kepada-Mu,
kasihanilah kami.
Hati Yesus pengharapan orang yang meninggal dalam Engkau,
kasihanilah kami.
Hati Yesus kesukaan orang kudus,
kasihanilah kami.
Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia,
sayangilah kami, ya Tuhan.
Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia,
kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.
Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia,
kasihanilah kami.
Yesus yang lembut dan murah hati,
jadikanlah hati kami seperti hati-Mu.
Marilah berdoa
Allah yang Mahakuasa dan kekal, terimalah segala pujian dan penghapusan dosa yang dipersembahkan Hati Yesus kepada-Mu atas nama semua orang berdosa. Sudilah Engkau mengampuni dosa-dosa umat-Mu, yang memohon belas kasih-Mu dengan perantaraan Yesus Kristus, Tuhan kami, yang bersatu dengan Dikau dan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, kini dan sepanjang masa.
Amin.
-----------------
LITANI OF THE SACRED HEART OF JESUS
Lord, have mercy
Lord, have mercy.
Christ, have mercy
Christ, have mercy.
Lord, have mercy
Lord, have mercy.
Christ, hear us
Christ, graciously hear us.
God the Father of Heaven, Have mercy on us
God the Son, Redeemer of the world, Have mercy on us
God, the Holy Spirit, Have mercy on us
Holy Trinity, One God, Have mercy on us
Heart of Jesus, Son of the Eternal Father, Have mercy on us
Heart of Jesus, formed by the Holy Spirit in the womb of the Virgin Mother, Have mercy on us
Heart of Jesus, substantially united to the Word of God, Have mercy on us
Heart of Jesus, of Infinite Majesty, Have mercy on us
Heart of Jesus, Sacred Temple of God, Have mercy on us
Heart of Jesus, Tabernacle of the Most High, Have mercy on us
Heart of Jesus, House of God and Gate of Heaven, Have mercy on us
Heart of Jesus, burning furnace of charity, Have mercy on us
Heart of Jesus, abode of justice and love, Have mercy on us
Heart of Jesus, full of goodness and love, Have mercy on us
Heart of Jesus, abyss of all virtues, Have mercy on us
Heart of Jesus, most worthy of all praise, Have mercy on us
Heart of Jesus, king and center of all hearts, Have mercy on us
Heart of Jesus, in whom are all treasures of wisdom and knowledge, Have mercy on us
Heart of Jesus, in whom dwells the fullness of divinity, Have mercy on us
Heart of Jesus, in whom the Father was well pleased, Have mercy on us
Heart of Jesus, of whose fullness we have all received, Have mercy on us
Heart of Jesus, desire of the everlasting hills, Have mercy on us
Heart of Jesus, patient and most merciful, Have mercy on us
Heart of Jesus, enriching all who invoke Thee, Have mercy on us
Heart of Jesus, fountain of life and holiness, Have mercy on us
Heart of Jesus, propitiation for our sins, Have mercy on us
Heart of Jesus, loaded down with opprobrium, Have mercy on us
Heart of Jesus, bruised for our offenses, Have mercy on us
Heart of Jesus, obedient to death, Have mercy on us
Heart of Jesus, pierced with a lance, Have mercy on us
Heart of Jesus, source of all consolation, Have mercy on us
Heart of Jesus, our life and resurrection, Have mercy on us
Heart of Jesus, our peace and our reconciliation, Have mercy on us
Heart of Jesus, victim for our sins, Have mercy on us
Heart of Jesus, salvation of those who trust in Thee, Have mercy on us
Heart of Jesus, hope of those who die in Thee, Have mercy on us
Heart of Jesus, delight of all the Saints, Have mercy on us
Lamb of God, who taketh away the sins of the world, spare us, O Lord.
Lamb of God, who taketh away the sins of the world, graciously hear us, O Lord.
Lamb of God, who taketh away the sins of the world, have mercy on us, O Lord.
V. Jesus, meek and humble of heart.
R. Make our hearts like to Thine.
Let us pray;
Almighty and eternal God, look upon the Heart of Thy most beloved Son and upon the praises and satisfaction which He offers Thee in the name of sinners; and to those who implore Thy mercy, in Thy great goodness, grant forgiveness in the name of the same Jesus Christ, Thy Son, who livest and reignest with Thee forever and ever. Amen.
F.
“Exempla in terris - Teladan di tengah dunia”.
Inilah harapan Yesus bahwa kita bisa menjadi teladan iman, bukan hanya dengan kata-kata (”verbum”) tapi lebih pada tindakan nyata yang penuh kebaikan (”bonum”).
Adapun 3 ajakan Yesus sebagai Sang Teladan Utama, antara lain:
1.”TE”guhkan iman dengan kerendahan hati:
Menyitir pesan Nabi Yesaya, "Basuhlah - bersihkanlah dirimu dan jauhkanlah perbuatanmu yang jahat dari mataKu. Berhentilah berbuat jahat dan belajarlah berbuat baik”.
Yesus dengan penyalibanNya sendiri dengan tegar mau meneguhkan iman kita: Ia rela mengalami sengsara fisik-sengsara rohani -sengsara sacramental dan sengsara aktual. Inilah derita, “passio” yang meneguhkan iman kita untuk bertindak.
Jelasnya, Yesus meneguhkan iman kita karena Ia jelas hadir demi GerejaNya yang dikejar-kejar, dalam mereka yang sakit-menderita dan yang mengalami ketidakadilan.
2.”LA”yani Tuhan dengan kemurahan hati:
Jalan terbaik menjadi teladan bukan melulu dengan menjadi “leader, tapi dengan menjadi “server”: Barangsiapa mau menjadi yang terbesar hendaklah ia mau melayani yang lain.”
Kalau kita hidup untuk saling melayani bukankah Ia hadir bersama kita, mulailah dengan hal-hal kecil dan sederhana karena bukankah pohon raksasa juga mulai dengan benih kecil dan orang yang paling perkasa pada mulanya adalah seorang bayi yang lemah dan tak berdaya?
3.”DAN” jauhi kemunafikan dengan ketulusan hati:
Dalam buku saya (“TANDA’, RJK. Kanisius) ada tiga indikasi orang munafik, al:
- MUlutnya pedas,
- NAlurinya iri hati,
- FIKirannya negatif”.
Dengan kata lain:
Hidup iman dan sikap baik kita harus dibarengi dengan kemurnian hati/”intentio pura” (bukan pura-pura) bagi kemuliaan Tuhan.
Yang pasti, Tuhan memang tinggi sekali tapi Ia melihat ke bawah, ke tempat yang rendah. Sebab itu janganlah mencari gunung yang tinggi untuk bertemu Tuhan.
Bila kita meninggikan diri setinggi-tingginya, Ia akan menarik diri sejauh-jauhnya. Tapi, jika kita merendahkan diri serendah-rendahnya, Ia akan tunduk mendekati kita sedekat-dekatnya. Sudahkah kita rendah hati-murah hati dan tulus hati?
“Naik sedan di Pangkalan Jati – Jadilah teladan iman dengan sepenuh hati”.
G.
"Zi Bingfa - Seni Berperang."
Inilah salah satu judul buku karya Sun Zi, dimana dia pernah mengungkapkan:
"Sekuntum bunga sebenarnya menjadi elok berkat dukungan daun-daun yang hijau."
Daun hijau yang memiliki klorofil - sekalipun tidak seelok bunga, mempunyai fungsi vital, yakni sebagai pemasok nutrisi karbohidrat melalui proses fotosintesis dari air dan gas asam arang serta penyinaran matahari.
Disinilah, kita diingatkan untuk tidak boleh menjadi sombong dan merendahkan yg lain, seperti yang ditunjukkan oleh para ahli Taurat dan orang Farisi.
Alih-alih membuka kerajaan surga, mereka malahan menjadi batu sandungan bagi sesama.
Tentang mereka, Yesus berkata:
"Semua pekerjaan yang mereka lakukan hanya dimaksudkan untuk dilihat orang" (Mat 23:5).
Disinilah, kita diajak untuk menyatakan kehadiranNya dengan sikap tulus dan rendah hati: "Siapa saja yang terbesar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu".
Dengan kata lain:
Jika kita hidup dengan tulus dan rendah hati di hadapanNya, "isi" kita jauh lebih penting daripada "sampul" luarnya karna kita semua adalah saudara, yang setara dan se-udara di ladangnya Tuhan, sekalipun memiliki fungsi yang berbeda-beda.
Yah, entah menjadi "bunga" atau "daun hijau", kita dapat terus saling bersinergi dan mendukung orang lain untuk bersama menghasilkan "buah-buah" yang baik dengan sikap nyata penuh ketulusan dan kerendahan hati.
"Belajar kalkulus di Gunung Jati - Jadilah orang yang tulus dan rendah hati."
H.
"Via purgativa - Jalan pemurnian."
Inilah sebuah keutamaan imani yang diwartakan Yesus. Ia menasehati para muridNya untuk mendengarkan dan melakukan segala yang diajarkan para pemimpin agama, namun tak boleh meniru perbuatan mereka.
Jelasnya, mereka yang dianggap sebagai "tokoh/pemuka" ternyata bukan pemimpin tapi pemimpi, bukan pahlawan tapi pecundang, tidak otentik tapi munafik.
Adapun 3 mentalitas orang munafik yang "MUlutnya pedas, NAlurinya iri dan FIKirannya negatif", antara lain:
1."Tomat - Sekarang tobat besok kumat."
2."Dele - Esuk dele sore tempe lambe domble mencla mencle".
3. "Blangkon - Bisa kotbah tidak bisa nglakoni."
Inilah 3 identitas banyak orang yang tidak mempunyai integritas karena yang dikatakannya tidak sesuai dengan yang dilaksanakannya. Mereka melakukan kebaikan hanya demi dilihat orang namun sikap asli mereka sehari-hari sangat buruk dan menjadi batu sandungan untuk yang lainnya.
Nah, bersama dengan hari baru ini, kita diajak belajar hidup murni dengan 3 spiritualitas iman “3K”, antara lain:
1."Ketulusan/intentio pura".
Inilah sikap yang tidak ber"pura-pura", tapi penuh ketulusan dan bukan kepalsuan.
Lihatlah Yesus! Ia mengambil sikap seorang Hamba yang menderita bahkan taat sampai wafat di kayu salib (bdk. Flp 2:7-8).
2."Kerendahan hati".
Sebuah sikap yang didasari pengalaman kasih akan banyak nya rahmat Allah (gratia domini).
Dan, syukur pada Allah, karena sadar akan berlimpahnya rahmat ilahi, Gregorius (540-604) adalah paus pertama yang menggunakan secara luas sebutan “Pelayan dari Para Pelayan Tuhan” (servus servorum Dei) sebagai sebuah gelar paus, sehingga melahirkan kebiasaan baik di kepausan untuk bertindak penuh kerendahan hati: "Barangsiapa meninggikan diri, akan direndahkan, dan barangsiapa merendahkan diri, akan ditingggikan."
3."Keterbukaan".
Inilah sebuah sikap yang tidak mudah menghakimi tapi selalu berani untuk belajar memahami, yakni melihat kebaikan orang lain dengan selalu membuka diri-hati dan budi, tanpa praduga.
Indahnya, tiga spiritualitas iman “3K” ini akan lebih mudah membawa kita pada sikap penyerahan dan kepasrahan diri kepada kebijaksanaan dan bimbingan Allah, yang selalu membutuhkan pengampunan, belas kasih, pertolongan dan bimbingan Tuhan.
"Dari Lebak Bulus ke Efesus - Orang tulus disayang Tuhan Yesus."
I.
"Whoever humbles oneself will be exalted"
Who doesn't desire the praise and respect of others? We want others to see us at our best with all of our strengths and achievements - rather than at our worst with all of our faults and shortcomings. God sees us as we truly are - sinners and beggars always in need of his mercy, help, and guidance.
The prophet Isaiah warned both the rulers and the people of Sodom and Gomorrah to humbly listen and submit to God's teaching so they could learn to do good and to cease from evil (Isaiah 110,17). Jesus warned the scribes and Pharisees, the teachers and rulers of Israel, to teach and serve their people with humility and sincerity rather than with pride and self-promotion.
They went to great lengths to draw attention to their religious status and practices. In a way they wanted to be good models of observant Jews. "See how well we observe all the ritual rules and regulations of our religion!" In their misguided zeal for religion they sought recognition and honor for themselves rather than for God. They made the practice of their faith a burden rather than a joy for the people they were supposed to serve.
True respect for God inclines us to humble ourselves and to submit to his wisdom and guidance. We cannot be taught by God unless we first learn to listen to his word and then obey his instruction.
One Father and Teacher
Was Jesus against calling anyone a rabbi, the Jewish title for a teacher of God's word (Matthew 23:7-8), or a father? The law of Moses in Scripture specifically instructed all fathers to be teachers and instructors for their children to help them understand and obey God's instructions (Deuteronomy 6:7)? Why did Jesus rebuke the scribes and Pharisees, the religious authorities of the Jewish people, in the presence of his disciples? Jesus wanted to warn both his own disciples and the religious leaders about the temptation to seek honors and titles that draw attention to ourselves in place of God and his word. Pride tempts us to put ourselves first above others.
The Scriptures give ample warning about the danger of self-seeking pride: Pride goes before destruction, and a haughty spirit before a fall (Proverbs 16:18). God opposes the proud, but gives grace to the humble (James 4:6; Proverbs 3:24).
Origen (185-254 AD), an early Christian teacher and bible scholar, reminds those who teach and lead to remember that they are first and foremost "disciples" and "servants" who sit at the feet of their Master and Teacher the Lord
Jesus Christ:
"You have one teacher, and you are all brothers to each other...Whoever ministers with the divine word does not put himself forward to be called teacher, for he knows that when he performs well it is Christ who is within him. He should only call himself servant according to the command of Christ, saying, Whoever is greater among you, let him be the servant of all."
True humility
Respect for God and for his ways inclines us to humility and to simplicity of heart - the willing readiness to seek the one true good who is God himself. What is the nature of true humility and why should we embrace it as essential for our lives?
We can easily mistake humility as something demeaning or harmful to our sense of well-being and feeling good about ourselves. True humility is not feeling bad about yourself, or having a low opinion of yourself, or thinking of yourself as inferior to all others.
True humility frees us from preoccupation with ourselves, whereas a low self-opinion tends to focus our attention on ourselves. Humility is truth in self-understanding and truth in action. Viewing ourselves honestly, with sober judgment, means seeing ourselves the way God sees us (Psalm 139:1-4).
A humble person makes a realistic assessment of oneself without illusion or pretense to be something one is not. A truly humble person regards oneself neither smaller nor larger than one truly is. True humility frees us to be ourselves as God regards us and to avoid falling into despair and pride.
A humble person does not want to wear a mask or put on a facade in order to look good to others. Such a person is not swayed by accidentals, such as fame, reputation, success, or failure. Do you know the joy of Christ-like humility and simplicity of heart?
Humility is the queen or foundation of all the other virtues because it enables us to see and judge correctly, the way God sees. Humility helps us to be teachable so we can acquire true knowledge, wisdom, and an honest view of reality. It directs our energy, zeal, and will to give ourselves to something greater than ourselves.
Humility frees us to love and serve others willingly and selflessly, for their own sake, rather than for our own. Paul the Apostle gives us the greatest example and model of humility in the person of Jesus Christ, who emptied himself, taking the form of a servant, and... who humbled himself and became obedient unto death, even death on a cross (Philippians 2:7-8).
Do you want to be a servant as Jesus loved and served others? The Lord Jesus gives us his heart - the heart of a servant who seeks the good of others and puts their interests first in his care and concern for them.
"Lord Jesus, you became a servant for my sake to set me free from the tyranny of selfish pride and self-concern. Teach me to be humble as you are humble and to love others generously with selfless service and kindness."
J.
Kutipan Teks Misa:
“Harga darah Kristus lebih dari cukup untuk menebus seluruh dosa dunia.” (St. Ambrosius)
Antifon Pembuka (Yeh 43:7a)
Hai Anak manusia, inilah tempat takhta-Ku, dan inilah tempat tapak kaki-Ku. Di sinilah Aku diam di tengah-tengah umat untuk selamanya.
Doa Pembuka
Allah Bapa Mahamulia, semoga kemuliaan-Mu tinggal di antara kami dan semoga kami mengakui sabda pembebasan-Mu, melalui Yesus, Saudara kami se-Bapa, cahaya kemuliaan-Mu dan sabda cinta kasih-Mu. Sebab Dialah Tuhan, Pengantara kami, yang bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin. .
Bacaan dari Nubuat Yehezkiel (43:1-7a)
"Kemuliaan Tuhan masuk kembali ke dalam bait suci."
Sekali peristiwa aku dibawa malaikat Tuhan ke pintu gerbang Bait Suci yang menghadap ke timur. Sungguh, kemuliaan Allah Israel datang dari timur, dan terdengarlah suara seperti suara air terjun yang menderu, dan bumi bersinar karena kemuliaan-Nya. Apa yang nampak olehku itu mirip dengan apa yang dahulu kulihat, ketika Tuhan datang untuk memusnahkan Kota Yerusalem, dan mirip juga dengan apa yang kulihat di tepi Sungai Kebar. Maka aku bersujud menyembah. Sewaktu kemuliaan Tuhan masuk ke dalam Bait Suci melalui pintu gerbang timur, aku diangkat oleh Roh dan dibawa ke pelataran dalam. Sungguh, Bait Suci itu penuh kemuliaan Tuhan. Lalu, sedang orang yang mengukur bait suci berdiri di sampingku, aku mendengar Tuhan bersabda kepadaku dari dalam Bait Suci. Beginilah firman-Nya kepadaku, “Hai anak manusia, inilah tempat takhta-Ku dan inilah tempat tapak kaki-Ku. Di sinilah Aku akan tinggal di tengah-tengah orang Israel untuk selama-lamanya.”
Demikianlah sabda Tuhan.
U. Syukur kepada Allah.
Mazmur Tanggapan
Ref. Kemuliaan Tuhan tinggal di bumi kita.
Ayat. (Mzm 85:9ab-10.11-12.13-14)
1. Aku ingin mendengar apa yang hendak difirmankan Allah! Bukankah Ia hendak berbicara tentang damai? Sungguh, keselamatan dari Tuhan dekat pada orang-orang takwa, dan kemuliaan-Nya diam di negeri kita.
2. Kasih dan kesetiaan akan bertemu, keadilan dan damai sejahtera akan berpelukan. Kesetiaan akan tumbuh dari bumi, dan keadilan akan merunduk dari langit.
3. Tuhan sendiri akan memberikan kesejahteraan, dan negeri kita akan memberikan hasil. Keadilan akan berjalan di hadapan-Nya, dan damai akan menyusul di belakang-Nya.
Bait Pengantar Injil
Ref. Alelluya
Ayat. (Mat 23:9.10b)
Bapamu hanya satu, ialah yang ada di surga. Pemimpinmu hanya satu, yaitu Kristus.
Iniah Injil Yesus Kristus menurut Matius (23:1-12)
"Mereka mengajarkan, tetapi tidak melakukan."
Sekali peristiwa berkatalah Yesus kepada orang banyak dan murid-murid-Nya, “Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi telah menduduki kursi Musa. Sebab itu turutilah dan lakukanlah segala sesuatu yang mereka ajarkan kepadamu, tetapi janganlah kalian turuti perbuatan mereka, karena mereka mengajarkan, tetapi tidak melakukannya. Mereka mengikat beban-beban berat, lalu meletakkannya di atas bahu orang, tetapi mereka sendiri tidak mau menyentuhnya. Semua pekerjaan yang mereka lakukan hanya dimaksud supaya dilihat orang. Mereka memakai tali sembahyang yang lebar dan jumbai yang panjang. Mereka suka duduk di tempat terhormat dalam perjamuan dan di tempat terdepan di rumah ibadat; mereka suka menerima penghormatan di pasar dan suka dipanggil Rabi. Tetapi kalian, janganlah kalian suka disebut ‘Rabi’; karena hanya satulah Rabimu, dan kalian semua adalah saudara. Dan janganlah kalian menyebut siapa pun bapa di bumi ini, karena hanya satu Bapamu, yaitu Dia yang di surga. Janganlah pula kalian disebut pemimpin, karena hanya satu pemimpinmu, yaitu Kristus. Siapa pun yang terbesar di antaramu, hendaklah ia menjadi pelayanmu. Barangsiapa meninggikan diri, akan direndahkan, dan barangsiapa merendahkan diri, akan ditinggikan.”
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus
Renungan
Dalam bacaan injil hari ini, kita mendengar bagaimana nasehat Yesus kepada para rasul dalam menghadapi ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi yang telah menduduki kursi Musa. Yesus menasehati para murid-Nya untuk menuruti dan melakukan segala sesuatu yang mereka ajarkan, tetapi para rasul jangan turuti perbuatan-perbuatan mereka, karena mereka mengajarkannya tetapi tidak melakukannya. Yesus tahu bahwa ajaran Musa yang diajarkan ahli Taurat dan orang Farisi berasal dari Allah. Artinya apa yang diajarkan ahli Taurat dan orang Farisi itu baik, benar dan suci. Ajaran yang baik, benar dan suci itulah yang harus dipahami dan dihayati para murid Yesus termasuk kita umat Kristiani. Injil hari ini memuat peringatan Yesus kepada para pengikut-Nya supaya mereka kritis terhadap Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi. Ajaran mereka yang baik dan benar mesti dilakukan. Lagi pula mereka memiliki otoritas untuk mengajar. Akan tetapi, Yesus mengingatkan para pengikut-Nya untuk tidak mencontoh perbuatan Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi karena mereka tidak melakukan apa yang mereka ajarkan. Dengan itu, Yesus mau menandaskan betapa pentingnya keselarasan perbuatan dan perkataan agar para pengikut-Nya tidak jatuh dalam sikap munafik.
Antifon Komuni (Mat 23:9)
Janganlah kalian menyebut siapa pun bapa di bumi, karena hanya satulah Bapamu, yaitu Bapa di surga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar